backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Bikin Ganggu, Ini 6 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Bangkai Tikus

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 7 hari lalu

Bikin Ganggu, Ini 6 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Bangkai Tikus

Menghilangkan bau bangkai tikus bisa menjadi tantangan, tetapi membutuhkan tindakan yang cepat. Sebab, bau yang ditimbulkan dapat sangat mengganggu. Bila bangkai tikus ini ada di rumah, baunya bisa mengganggu kebersihan rumah Anda. Nah, berikut ini adalah cara menghilangkan bau bangkai tikus dengan mudah dan tepat. 

Berbagai cara menghilangkan bau bangkai tikus 

cara menjaga kebersihan rumah

Mengingat bangkai tikus dapat menimbulkan bau yang mengganggu, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu menghilangkan baunya. 

1. Cari sumber bangkai tikus 

Langkah atau cara pertama yang harus dilakukan untuk menghilangkan bau tikus mati adalah mengidentifikasi sumber bau. 

Anda dapat memeriksa area-area rumah Anda yang mungkin menjadi tempat tinggal atau jalur pergerakan tikus, seperti gudang, atap rumah (loteng), atau bahkan sudut gelap yang mungkin tidak terlihat. 

2. Buang bangkai tikus 

Setelah Anda menemukan bangkai tikus tersebut, penting untuk membuangnya dengan segera dan benar. Membuang bangkai tikus dengan benar dapat membantu menghilangkan baunya.

Untuk membuang bangkai tikus dengan benar, berikut langkah yang tepat. 

  • Kenakan sarung tangan dan alat pelindung diri, seperti masker dan kacamata, untuk mencegah kontaminasi dan tertular penyakit.
  • Semprotkan bangkai hewan dan area tersebut dengan disinfektan atau larutan pemutih dengan air. 
  • Masukkan bangkai tikus ke dalam kantong plastik dan tutup dengan benar. 
  • Buang kantong plastik ke tempat sampah. 
  • Cuci tangan dengan sabun dan air bersih

3. Buka ventilasi udara atau jendela 

Membuka ventilasi udara atau jendela juga merupakan cara menghilangkan bau bangkai tikus yang tepat. 

Dengan membuka ventilasi atau jendela, maka udara segar dari luar akan masuk ke dalam ruangan serta membantu mengeluarkan udara dalam ruangan yang telah terkontaminasi oleh bau bangkai tersebut. 

4. Gunakan soda kue 

Soda kue juga dapat digunakan sebagai penghilang bau bangkai tikus. Melansir American Chemical Society, baking soda atau natrium bikarbonat dapat menetralkan bau tidak sedap, termasuk bau bangkai tikus. 

Cara penggunaannya pun sangat sederhana. Anda hanya perlu menaburkan baking soda di area yang terkena bau bangkai tikus dan biarkan selama beberapa waktu, idealnya semalaman. 

5. Gunakan pemutih 

Pemutih juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tikus mati. Pemutih mengandung bahan kimia yang dapat membunuh bakteri, jamur, dan mikroorganisme lain yang bisa menyebabkan bau tidak sedap. 

Untuk menggunakannya, larutkan pemutih dengan air. Lalu, tuangkan larutan dan seka permukaan yang terkena bangkai tikus dengan kain atau spons.

Pastikan untuk membersihkan dengan menyeluruh dan mencakup seluruh area yang terkontaminasi.

6. Gunakan pewangi ruangan 

Menggunakan pewangi ruangan adalah cara lain yang dapat membantu menghilangkan bau bangkai tikus dan memberikan aroma yang menyegarkan di lingkungan Anda.

Beberapa pewangi ruangan yang tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk semprotan, lilin aromaterapi, hingga semprotan elektrik. 

Jika Anda menggunakan semprotan pewangi ruangan, semprotkan secara merata di seluruh ruangan yang terkena bau bangkai tikus. Pastikan untuk mengarahkan semprotan ke udara dan jauh dari permukaan yang sensitif.

Bila Anda menggunakan lilin aromaterapi sebagai penghilang bau bangkai tikus, nyalakan lilin dan biarkan aroma menyebar ke seluruh ruangan.

Sementara bila menggunakan pengharum udara elektrik, aktifkan perangkatnya dan biarkan pewangi menyebarkan aroma secara terus-menerus.

Itulah beberapa cara yang dapat membantu menghilangkan bau tikus yang mengganggu di area rumah.

Jika bau bangkai masih bertahan atau bila Anda mengalami kesulitan dalam menemukan sumber bau tersebut, segera hubungi profesional pembersihan atau layanan pengendalian hama untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. 

Biasanya, mereka memiliki pengetahuan dan peralatan yang tepat untuk mengatasi masalah ini dengan cepat dan efektif.

Berapa lama bau bangkai tikus akan hilang?

Sebenarnya, waktu yang diperlukan agar bau bangkai tikus hilang dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk ukuran tikus dan kondisi lingkungan di sekitarnya. Namun biasanya, bau bangkai tikus akan mulai mereda setelah beberapa hari hingga satu minggu setelah bangkai tersebut dihilangkan dan area sekitarnya dibersihkan dengan baik.

Kenapa bangkai tikus bau busuk? 

cara mengusir tikus

Bangkai tikus mengeluarkan bau yang tidak sedap karena adanya proses pembusukan yang terjadi setelah kematian tikus. 

Melansir Dead Animal, saat tikus mati, sel-sel tubuhnya akan mulai rusak, sehingga mengubah keseimbangan pH.

Penguraian inilah yang memunculkan bau busuk. Proses penguraian tersebut menghasilkan senyawa-senyawa kimia yang bersifat volatile atau mudah berubah.

Ini termasuk amonia, indol, skatol, dan senyawa belerang yang menghasilkan bau yang menyengat dan tidak sedap. 

Selain itu, penguraian bahan organik juga menghasilkan gas-gas yang berbau busuk, seperti gas belerang hidrogen sulfida. 

Kombinasi senyawa-senyawa ini menciptakan aroma yang khas dan tidak sedap yang sering kali diidentifikasi sebagai bau bangkai tikus.

Biasanya, bau busuk ini akan hilang ketika tubuh hewan tersebut mulai mengering, yaitu tepatnya di akhir proses penguraian. 

Itulah mengapa penting untuk mengetahui cara menghilangkan bau bangkai tikus yang muncul di rumah Anda.

Setelah bangkai dan baunya hilang, lakukan juga cara mengusir tikus untuk mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit akibat tikus dan menjaga rumah Anda tetap bersih.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 7 hari lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan