Risiko Meratakan Gigi dengan Behel Transparan Berkualitas RendahIni adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Sekarang ini, Anda mungkin dapat dengan mudah menemukan iklan-iklan yang menawarkan seperangkat pembuat behel transparan dengan harga di bawah 8 juta yang dapat dicetak sendiri di rumah. Harga murah yang tak jarang membuat Anda tergiur. Padahal asosiasi dokter gigi dan ortodontis seluruh dunia mengatakan bahwa terdapat banyak risiko yang muncul jika Anda sembarangan meratakan gigi di rumah tanpa memperhatikan kualitasnya. Apa saja? 

Risiko meratakan gigi di rumah dengan behel transparan berkualitas rendah

Salah satu risiko yang cukup membuat para dokter gigi khawatir ketika Anda berusaha meratakan gigi di rumah dengan behel transparan berkualitas rendah adalah kehilangan gigi

Apalagi tanpa adanya pengawasan dari dokter, tindakan tersebut bisa saja mengakibatkan mulut Anda terasa lebih sakit. Jangankan gigi yang rapi, tersenyum pun bahkan sulit karena harus menahan rasa sakit.

Tak hanya itu, beberapa risiko di bawah ini juga mengintai Anda ketika berusaha meratakan gigi sendiri di rumah dengan behel transparan murah berkualitas buruk tanpa pengawasan dokter. 

1. Menimbulkan rasa sakit ketika dipakai

obat gusi radang

Meratakan gigi di rumah dengan mencetak sendiri behel transparan berkualitas buruk memang terdengar lebih murah dan praktis. Ini tentu menggiurkan. Anda tak perlu bolak-balik mengeluarkan uang ke dokter gigi untuk berkonsultasi.

Sayangnya, memakai behel transparan buatan sendiri dapat menyebabkan rasa sakit dan perasaan tidak nyaman ketika dipakai lantaran tidak dibuat di bawah pengawasan dokter. Bukannya berhemat, Anda malah harus merogoh kocek lebih dalam karena efek samping yang mungkin muncul.

Behel atau kawat gigi dapat mengubah pola gigitan Anda sehingga struktur wajah Anda pun ikut berubah. Tak jarang, pengguna behel mengalami peradangan gusi akibat perubahan tulang di mulut. Itu sebabnya pengguna behel perlu merapikan gigi di dokter gigi, termasuk jika menggunakan behel transparan.

Jika tidak ditangani dengan benar dan tanpa pengawasan dari dokter gigi berpengalaman, masalah tersebut bisa saja membuat Anda kehilangan gigi.

Bukannya gigi rapi yang didapat, Anda justru berisiko mengalami rasa sakit saat memakainya. Senyum pun hilang dari wajah Anda. 

2. Hasilnya tidak memuaskan

gigi rusak

Bagi Anda yang tertarik meratakan gigi di rumah dengan behel yang belum teruji kualitas karena lebih terjangkau, sebaiknya coba pikirkan kembali. 

Setiap orang punya struktur gigi yang berbeda-beda. Itu sebabnya Anda membutuhkan konsultasi dengan dokter gigi untuk merapikan gigi Anda dengan behel transparan.

Behel transparan berharga murah biasanya menggunakan material plastik dan rencana perawatan yang tidak sesuai standar kesehatan. Memakainya tanpa memperhatikan struktur dan bentuk gigi Anda tentu tidak akan membawa hasil yang memuaskan.

Selain itu, behel transparan yang dicetak sendiri tanpa pengawasan dokter gigi bisa saja tidak pas, terlalu ketat atau longgar saat dipakai karena kualitasnya yang tak sesuai. Cita-cita Anda memiliki senyum indah dengan deretan gigi rapi pun mungkin tak bisa terwujud.

Selama masa perawatan, behel transparan seharusnya mengubah bentuk gigi Anda menjadi lebih baik. Proses ini tentu membutuhkan pemeriksaan dari dokter gigi berpengalaman secara hati-hati. 

Itu sebabnya, Anda wajib mempertimbangkan behel transparan berkualitas dan memasangnya dengan pengawasan dokter gigi.

3. Merusak penampilan

behel gigi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, meratakan gigi di rumah dengan produk behel transparan yang dibuat dengan bahan-bahan berkualitas rendah dapat berpotensi memperburuk rongga gigi Anda. 

Sebagian besar produsen yang menjual behel transparan dengan harga miring menggunakan bahan berkualitas rendah. Bahan behel transparan yang tidak teruji klinis dapat membahayakan kesehatan gigi dan mulut Anda dan memicu masalah, seperti:

Menggunakan behel transparan memang dapat meratakan gigi Anda. Namun, memilih produk secara sembarangan, bahkan mencetaknya sendiri tanpa pengawasan dokter justru bisa memunculkan berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut Anda. 

Pastikan Anda berkonsultasi ke dokter gigi sebelum memasang behel transparan. Pilihlah produsen behel transparan yang sudah teruji klinis dan diakui secara internasional serta berkualitas baik agar gigi tetap sehat dan impian Anda memiliki gigi rapi terwujud.

Produsen tepercaya akan dapat menunjukkan simulasi senyum Anda nantinya dengan teknologi tiga dimensi sebelum Anda menyetujui seluruh rangkaian perawatan. Memang tidak semurah iklan produk yang beredar di sosial media, tapi Anda akan terbebas dari berbagai risiko kesehatan gigi dan mulut yang mungkin mengintai karena kualitas yang digunakan sudah terjamin.

Dengan begitu, senyum indah pun bisa Anda miliki.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca