Menyikat Gigi Saja Tak Cukup. Ini Pentingnya Pakai Benang Gigi (Dental Floss)

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24/05/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Siapa yang tidak mau giginya berwarna putih, bersih, dan napas wangi sepanjang hari? Untuk mendapatkan semua hal tersebut, ternyata tidak cukup hanya dengan kebiasaan menyikat gigi dua kali saja dalam sehari. Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan gigi dengan benang gigi alias dental floss.

Ada yang mengatakan bahwa membersihkan gigi dengan benang hanya membuang waktu saja dan sia-sia. Tapi apakah benar hal tersebut? sebenarnya, seberapa penting menggunakan benang gigi untuk membuat gigi bersih?

Untuk apa pakai benang gigi?

Jika Anda benar-benar ingin menghindarkan bakteri dan plak dari gigi Anda, maka Anda harus menggunakan benang gigi sebagai alat pembersih kedua setelah sikat gigi. Menurut survei, membersihkan gigi dengan benang dapat menghilangkan plak dan bakteri lebih efektif 40% ketimbang hanya menggunakan sikat gigi saja.

Plak yang terbentuk di dalam mulut, mampu menghasilkan asam yang membuat gigi mudah terkikis, berlubang, dan membuat gusi meradang. Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang tidak terbiasa menggunakan benang gigi, cenderung sering mengalami peradangan mulut dari pada orang yang rutin membersihkan giginya dengan benang.

Dilansir dari WebMD, seorang profesor kedokteran gigi yang berasal dari New York University School of Dentistry, Allan Wheeler, menyatakan bahwa sebenarnya gigi mempunyai 5 permukaan. Ketika Anda menyikat gigi, tidak semua permukaan dapat dibersihkan. Terdapat dua permukaan gigi yang akan tetap kotor jika Anda tidak membersihkannya dengan benang.

American Dentist Association juga mengungkapkan bahwa benang gigi memang dirancang untuk dapat membersihkan ruang antar gigi yang susah dijangkau dengan sikat gigi. Padahal, sebagian besar plak justru lebih sering ditemukan di bagian sela-sela gigi atau gigi dengan gusi.

Bagaimana cara menggunakan benang gigi dengan baik dan benar?

Hal yang harus Anda perhatikan saat membersihkan gigi dengan benang adalah kekuatan menggesek benang. Jika Anda menggeseknya terlalu keras, justru akan merusak gusi dan hal tersebut harus dihindari.

Kemudian bagaimana cara menggunakan benang gigi yang benar?

  • Pilih jenis benang gigi yang sesuai. Sebenarnya ada dua jenis benang gigi yang bisa Anda gunakan, yaitu yang berbahan nilon (multifilamen) dan PTFE (monofilame). Benang yang berbahan monofilamen memang cenderung lebih mahal karena lebih licin sehingga mudah digerakan di antara sela gigi.
  • Kemudian ambil benang gigi sekitar 45 cm dan lilitkan salah satu ujung benang di jari telunju Anda, sementara ujung lainnya dipegang agar Anda dapat mengendalikan gerakan benang.
  • Selanjutnya gesekan benang di sela-sela gigi Anda, pastikan untuk menggeseknya secara perlahan dan jangan mengenai gusi karena hanya akan membuat gusi Anda luka.
  • Saat Anda menyentuh bagian bawah gigi atau dekat dengan gusi, gerakkan benang membentuk huruf C dan lakukan gerakan naik-turun.

Sebaiknya membersihkan gigi menggunakan benang dengan mempertahankan pola yang sama. Maksudnya, jika Anda biasanya terlebih dulu membersihkan gigi bagian kanan lalu bergeser ke kiri, maka lakukan kebiasaan itu terus dan jangan mengganti polanya.

Pastikan juga Anda melakukan hal ini setelah menyikat gigi. Fungsi utama benang gigi adalah membersihkan sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Jika Anda melakukan hal sebaliknya, maka pasta gigi justru akan menumpuk di sela gigi dan terlewatkan untuk dibersihkan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Momen anak disunat menjadi salah satu hal penting, khususnya di Indonesia. Tapi, dari sisi medis, kapan waktu yang tepat untuk melakukan sunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Mimpi buruk bisa datang kapan saja di setiap malam Anda. Ini bisa sangat mengganggu Anda jika sering terjadi. Temukan cara mengatasi mimpi buruk di sini.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 02/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi

Berikut beberapa alasan mengapa penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut mengingat pandemi COVID-19 masih berlangsung, serta tips untuk melakukannya.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 30/06/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kode wadah plastik pada makanan atau minuman

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
botol plastik hangat

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit