Cara Menyikat Gigi yang Benar Jika Punya Gigi Sensitif

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 9 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Gigi sensitif membutuhkan perhatian dan perawatan khusus, termasuk menyikat gigi. Cara menyikat maupun kebiasaan tertentu bisa memperburuk gigi sensitif dan membuatnya terasa ngilu. 

Bisa saja hari-hari Anda terganggu karena si gigi sensitif. Makan atau minum pun rasanya jadi serba salah karena ngilu yang menyergap.

Yuk, pastikan apakah selama ini Anda sudah menyikat gigi secara benar atau belum.

Tips menyikat gigi jika Anda memiliki gigi sensitif

Sering tidak disadari, ada beberapa hal tertentu yang membuat gigi jadi lebih sensitif. Salah satunya terlalu sering membersihkan karang gigi (scaling) dan memutihkan gigi (bleaching).

Perlu diperhatikan, jika sering melakukan treatment atau perawatan tersebut dapat meningkatkan sensitivitas gigi, sehingga gigi menjadi ngilu.

Ada juga penyebab lainnya yang berkaitan dengan perawatan gigi sehingga membuat gigi jadi sensitif. Misalnya, menyikat gigi terlalu keras dan penggunaan sikat gigi dengan bulu yang tidak lembut atau keras. Pasti ngilu yang dirasakan membuat Anda jadi tidak nyaman.

Gigi sensitif membutuhkan perhatian dan perawatan tertentu, lho. Maka itu, ketahui cara tepat menyikat gigi untuk Anda yang bergigi sensitif.

1. Tidak terlalu keras menyikat gigi

sering sikat gigi

Bagaimana cara Anda menyikat gigi bisa berpengaruh terhadap kondisi gigi. Saat membersihkan gigi yang sensitif, janganlah terlalu menyikatnya terlalu keras. Mungkin sebagian orang berpikir menyikat gigi dengan keras membuat gigi jadi lebih bersih. 

Padahal, cara ini bisa mengikis enamel lebih cepat. Enamel merupakan lapisan terluar yang berguna untuk melindungi gigi. Selain itu, jaringan gusi yang menurun dapat meningkatkan sensitivitas gigi.

Cukup menyikat gigi sensitif tidak terlalu keras dan tidak perlu tergesa-gesa. American Dentist Association merekomendasikan untuk menyikat gigi selama dua menit penuh dengan durasi 30 detik pada setiap sisi gigi.

2. Pilih sikat gigi yang sesuai

menyimpan sikat gigi

Tidak hanya menyikat dengan lembut, pemilihan sikat gigi juga penting untuk pemilik gigi sensitif. Pilihlah sikat gigi dengan tekstur bulu sikat yang lembut untuk meminimalkan rasa ngilu pada gigi sensitif.

Bulu sikat yang kasar juga bisa berdampak pada pengikisan enamel dan penurunan gusi yang berpengaruh pada gigi sensitif. Pastikan Anda menggunakan sikat yang lembut untuk menyikat gigi sensitif.

Sebagai perawatan gigi umum, jangan lupa untuk tetap mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali atau ketika bulu sikat gigi mulai megar.

3. Gerakan menyikat 45 derajat

mencegah gigi berlubang

Saat menyikat gigi, jangan lupa membersihkannya dengan kemiringan sekitar 45 derajat ke arah gusi. Cara ini salah satu pedoman menyikat gigi yang benar. Ini dilakukan agar bulu sikat dapat membersihkan enamel dan perbatasan gusi.

Cara menyikat ini dapat menjaga kebersihan gigi sensitif Anda. Namun ingat, jangan terlalu keras menyikatnya agar enamel tidak terkikis. 

Setelahnya bersihkan seluruh permukaan gigi dengan gosokan yang lebar untuk menjangkau seluruh permukanan gigi. Termasuk bagian luar, dalam, dan bagian yang sering digunakan mengunyah.

4. Pilih pasta gigi untuk gigi sensitif

menyikat gigi sensitif

Pemilihan pasta gigi khusus pun menjadi langkah penting menyikat gigi sensitif. Pilih pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Pasta gigi tersebut diformulasikan untuk memberikan perlindungan gigi sensitif.

Selain itu, Anda juga bisa memilih pasta gigi dengan kandungan herbal, seperti eucalyptus dan fennel (biji adas). Eucalyptus bertugas untuk menjaga aroma mulut Anda tetap segar.

Sementara itu, fennel berperan sebagai agen pembersih gigi. Sifat antimikroba dan antioksidan dalam fennel membantu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi.

Nah, sekarang Anda bisa menerapkan langkah-langkah di atas sebagai cara merawat gigi sensitif yang benar. Semoga gigi Anda selalu terawat kesehatan dan kebersihannya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Memilih Sikat Gigi untuk Gigi Sensitif

Tidak semua sikat gigi cocok mengatasi beragam kondisi gigi. Dalam perawatan gigi sensitif, ada cara yang tepat untuk memilih sikat gigi dan pasta gigi.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
foto seseorang sedang mengecek bulu sikat giginya karena jarang ganti sikat gigi dapat picu gigi sensitif
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 13 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit

Cara Atasi Gigi Ngilu Saat Berbuka Puasa

Gigi ngilu saat buka puasa, ada beberapa cara untuk mengatasi kondisi ini. Salah satunya, pemilihan pasta gigi untuk gigi sensitif.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
mengatasi gigi ngilu saat buka puasa
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 5 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

3 Tips Agar Gigi Sensitif Tidak Kambuh Lagi

Ketahui empat cara merawat gigi sensitif ini untuk mengurangi dan membantu mencegah nyeri agar tidak kambuh di kemudian hari.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
cara merawat gigi sensitif
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 21 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit

Rekomendasi Obat Alami dan Medis untuk Meredakan Ngilu di Gigi

Jangan biarkan gigi ngilu menghambat aktivitas sehari-hari Anda. Atasi gigi ngilu dengan berbagai obat medis dan ala rumahan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 25 September 2019 . Waktu baca 10 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengatasi masalah gigi sensitif

Apakah Mungkin Kondisi Ngilu karena Gigi Sensitif Bisa Hilang?

Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 1 Juli 2020 . Waktu baca 7 menit
Konten Bersponsor
sikat gigi baru dan bekas

Jarang Mengganti Sikat Gigi Bisa Picu Gigi Sensitif

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 17 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
mengatasi gigi ngilu sensitif

Solusi untuk Mengatasi Ngilu Akibat Gigi Sensitif bagi Pecinta Kopi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 9 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
mencegah gigi ngilu

3 Langkah Mencegah Ngilu Akibat Gigi Sensitif Saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 20 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit