5 Cara Mencegah Munculnya Plak Pada Gigi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19/03/2019 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Plak gigi adalah bakteri atau kotoran yang menempel dan hidup di dalam rongga mulut akibat sisa makanan pada gigi. Jika dibiarkan, plak pada gigi yang semula berwarna kuning akan semakin mengeras dan menghitam, sehingga akan terlihat seperti batu karang yang menempel pada gigi.

Apa penyebab munculnya plak pada gigi?

Beberapa kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan bisa jadi penyebab munculnya plak pada gigi Anda. kebiasaan tersebut di antaranya adalah jarang menggosok gigi, terlalu sering konsumsi makanan manis, jarang konsumsi sayuran dan buah, dan jarang kontrol ke dokter gigi untuk memeriksa kesehatan gigi secara rutin.

Sayangnya, masih banyak orang yang menganggap remeh plak pada gigi. Padahal jika dibiarkan, sisa makanan yang menumpuk dapat mengakibatkan pembusukan pada gigi, sehingga bakteri berkembang pada area tersebut dan dapat menimbulan bau mulut dan radang gusi.

Bagaimana cara mencegah plak pada gigi?

Oleh karena itu, untuk mencegah timbulnya plak gigi, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, di antaranya:

1. Sikat gigi minimal dua kali sehari

Cara terbaik untuk mencegah plak adalah dengan rutin sikat gigi setidaknya dua kali sehari. Saat Anda menggosok gigi, Anda membantu menghilangkan sisa makanan dan plak yang terbentuk pada gigi, dan mencegah perkembangan plak yang lebih buruk.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menggosok gigi adalah:

  • Sikat gigi setelah mengkonsumsi makanan/minuman manis
  • Anda tidak dianjurkan untuk sikat gigi 30 menit setelah mengkonsumsi makanan/minuman asam. Asam yang terkandung pada makanan/minuman tersebut dapat melemahkan enamel gigi, dan menggosok gigi terlalu keras dapat menghilangkan enamel gigi. Oleh karena itu, sebaiknya justru sikatlah gigi sebelum makan makanan atau minuman asam.
  • Menggosok atau membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi atau dental floss, karena sela-sela gigi adalah salah satu tempat berkembangnya plak.
  • Menggosok lidah untuk menghilangkan bakteri dan membuat napas Anda tetap segar.

Hal lain yang perlu Anda ketahui adalah bahwa Anda dianjurkan untuk mengganti sikat gigi setiap tiga atau empat bulan sekali, segera bilas sikat gigi dengan air keran setelah digunakan, simpan sikat gigi di tempat terbuka, dan gunakan sikat gigi dengan bulu lembut karena sikat gigi dengan bulu keras dapat merusak enamel gigi.

2. Gunakan obat kumur (mouthwash)

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah plak gigi adalah dengan menggunakan obat kumur. Pastikan Anda membeli obat kumur yang memiliki label  “antibakteri”. Penggunaan obat kumur memudahkan pembersihan plak. Tentu saja Anda tetap perlu untuk menyikat gigi dan membersihkan sela-sela gigi dengan flossing.

3. Hindari konsumsi makanan manis, asam, dan bersoda

Semakin manis/asam makanan Anda, semakin banyak bakteri yang harus diatasi. Makanan manis dan asam dapat menyebabkan pembusukan yang memicu terbentuknya plak pada gigi. Namun jika Anda memang pecinta makanan/minuman manis, hal-hal yang perlu Anda ketahui adalah:

  • Jika Anda memakan makanan manis, segera bersihkan mulut Anda dengan meminum banyak air putih.
  • Saat minum minuman ringan bersoda, gunakan sedotan yang diposisikan ke bagian belakang mulut untuk mengurangi dampak konsumsi minuman tersebut. Minuman yang mengandung banyak asam yang dapat menghilangkan enamel gigi.

4. Perbanyak minum air

Minum air yang cukup dapat menjaga mulut Anda terhidrasi, sehingga membuat mulut Anda memproduksi banyak saliva yang dapat membantu membersihkan mulut Anda.  

5. Jangan merokok

Meskipun rokok tidak memberikan dampak langsung terhadap terbentuknya plak gigi, namun merokok dapat memicu perkembangan plak yang lebih buruk. Sebuah studi menunjukkan bahwa merokok dapat menyebabkan gigi menguning, meningkatkan risiko kehilangan gigi, dan penyakit periodontal.

Anda juga sangat dianjurkan untuk pergi ke dokter gigi atau ahli kesehatan mulut setidaknya enam bulan sekali untuk melakukan pemeriksaan dan membersihkan gigi, sehingga dapat mencegah munculnya plak pada gigi yang tidak diinginkan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . 5 menit baca

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 4 menit baca

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 menit baca
mengatasi mimpi buruk

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . 5 menit baca
cara menjaga kesehatan gigi

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30/06/2020 . 4 menit baca
mitos fakta cacingan

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 5 menit baca