Kenapa Kita Tak Ingat Mimpi Semalam Setelah Bangun Tidur?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17 April 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Hampir semua orang setelah bangun tidur, tidak ingat dengan mimpi semalam. Entah itu mimpi indah ataupun mimpi buruk. Walaupun kadang bisa diingat, hanya sekelebat potongan-potongan dari mimpi atau pada bagian tertentu saja yang mungkin Anda sadari di pagi hari. Mengapa susah sekali untuk mengingat mimpi kita semalam? Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan berikut.

Kenapa manusia bermimpi?

Mimpi adalah cerita atau gambar yang dibuat oleh pikiran saat kita tertidur. Mimpi bisa menghibur dan menyenangkan sehingga ingin diingat saat terbangun. Bisa juga mimpi Anda mengganggu, aneh, dan menyeramkan sehingga ingin dilupakan.

Seseorang bisa bermimpi karena mimpi tersebut merupakan wujud sinyal acak dari otak dan tubuh atau sebagai reaksi otak ketika memproses informasi yang Anda dapatkan di siang harinya.

hal aneh lagi tidur

Kenapa sulit sekali mengingat mimpi semalam?

Ada beberapa kemungkinan mengapa seseorang tidak bisa mengingat mimpi. Pertama, ada kemungkinan bahwa tidur REM tidak terjadi secara normal seperti biasanya. Tidur REM adalah fase tidur bermimpi yang biasanya terjadi 90 menit setelah seseorang mulai tertidur. Pada fase ini, otak lebih aktif, detak jantung dan napas Anda menjadi lebih cepat. Tidur ini menandakan bahwa Anda tidak tidur dengan nyenyak karena mata Anda mengalami gerakan cepat. Siklus tidur ini hanya sebentar dan paling lama dapat bertahan hingga satu jam. Peralihan dari fase tidur REM ke fase tidur lain, misalnya tidur nyenyak, juga membuat mimpi mudah terlupakan.

Dilansir dari Scientific American, Ernest Hartmann, profesor psikiatri di Tuffs University School of Medicine sekaligus pendiri Sleep Disorder Center di Newton Wellesle Hospital menjelaskan bahwa hampir semua orang yang bangun tidur lupa dengan mimpi yang mereka alami. Ini dikaitkan dengan neurokimia (proses kimia pada saraf) di otak saat tidur REM terjadi.

bangun tidur pusing

Selain itu, penjelasan yang paling diyakini dan yang paling sederhana mengapa Anda susah mengingat mimpi semalam yaitu otak Anda terkadang tidak menyimpan hal-hal yang sifatnya tidak penting; apalagi seperti mimpi yang kadang tidak jelas, tidak beralur, dan tumpang tindih.

Coba saja Anda ingat-ingat, tadi pagi saat mandi Anda bengong memikirkan apa saja? Susah sekali untuk mengingatnya, bukan? Sedangkan Anda mungkin masih ingat seperti apa suasana wisuda Anda bertahun-tahun yang lalu. Ini merupakan bukti bahwa otak manusia memang bisa membedakan informasi mana yang penting disimpan dalam memori, dan mana yang tidak penting dan bisa dibuang.

Walaupun sebagian besar mimpi tersebut hilang, Anda tetap bisa merasakan bahwa Anda baru saja bermimpi. Misalnya, mimpi yang mengesankan atau menakutkan.

Mimpi tersebut akan menarik perhatian karena adanya keterkaitan emosi dan mengaktifkan korteks prefontal dorsolateral dan amigdala, yaitu area otak yang memfasilitasi memori dan area otak yang berkaitan dengan emosi. Ini membuat Anda bisa mengingat mimpi, tapi hanya sebatas pada bagian-bagian tertentu yang menarik perhatian Anda.

Apa lagi yang membuat kita tak ingat mimpi semalam?

Penggunaan obat-obatan antidepresan memiliki pengaruh yang kuat untuk menunda atau mengurangi jumlah tidur REM. Demikian juga dengan konsumsi alkohol berlebihan. Ini akan menekan fase tidur REM walaupun tidak secara keseluruhan. Menggunakan alarm juga bisa mengganggu tidur REM menjelang pagi.

Gangguan tidur seperti sleep apnea juga bisa menganggu kemampuan Anda untuk mengingat mimpi. Penyakit sleep apnea yang tidak diobati bisa memengaruhi tidur REM Anda karena adanya gangguan pada pernapasan dan relaksasi otot saluran pernapasan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Penyebab Bibir Bengkak Saat Bangun di Pagi Hari (Plus Cara Tepat Mengatasinya)

Pernah dibuat kaget karena bibir yang bengkak saat baru bangun tidur? Aneh memang, padahal mungkin sebelumnya masih baik-baik saja. Memangnya kenapa, ya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 15 Juni 2019 . Waktu baca 5 menit

Kenapa Bisa Memimpikan Seseorang yang Tidak Pernah Dipikirkan?

Semalam tiba-tiba memimpikan seseorang yang dulu pernah melukai hati kita? Atau justru bermimpi bertemu presiden? Apa arti mimpi ini?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Psikologi 12 Juni 2019 . Waktu baca 4 menit

3 Tips Memilih Jam Beker yang Tepat untuk Alarm Bangun Tidur

Jika suara alarm bangun tidur dari ponsel belum cukup dashyat membangunkan Anda, mungkin saatnya membeli jam beker khusus. Yang seperti apa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Tips Sehat 5 Februari 2019 . Waktu baca 4 menit

Lebih Baik Bangun Pagi Pakai Bunyi Alarm yang Bikin Kaget Atau yang Tenang?

Trik bangun tepat waktu adalah menyetel alarm. Namun, pilihan bunyi alarm bangun tidur ada yang kerasa dan juga lembut. Nah, mana yang sebaiknya dipilih?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik 19 Januari 2019 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

4 Penyebab Anda Mengalami Mimpi Buruk

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 10 September 2020 . Waktu baca 7 menit
mengatasi mimpi buruk

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 2 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit
mimpi buruk saat demam

Mimpi Buruk Saat Demam Tinggi? Inilah Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
anxiety dreams

Anxiety Dreams, Mimpi yang Dipicu Stres dan Rasa Cemas

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 9 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit