Memutihkan Gigi Sampai Menghaluskan Tumit: Simak 6 Manfaat Unik Baking Soda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . 3 mins read
Bagikan sekarang

Manfaat baking soda dalam membuat kue adalah untuk mengembangkan adonan. Tanpa baking soda, maka kue Anda maka kurang sempurna dari segi rasa dan penampilan. Tidak hanya sebagai pengembang saja, baking soda ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan dan membuat penampilan diri lebih baik lagi. Lalu apa saja manfaat baking soda untuk kecantikan?

Berbagai manfaat baking soda bagi kecantikan

1. Baking soda mampu mengangkat kulit mati

Setelah melakukan aktivitas fisik di luar ruangan, maka permukaan kulit Anda pasti dipenuhi dengan kotoran. Ditambah lagi dengan sel-sel kulit mati yang menumpuk, membuat kulit semakin kusam. Tapi Anda tidak perlu membeli lulur untuk menghilangkannya, sebab baking soda ternyata dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat permukaan kulit Anda kusam selama ini.

Tidak percaya? Cobalah untuk membuat adonan dari baking soda, yaitu dengan mencampurkan 3 sendok baking soda dengan satu sendok air. Ya, scrub buatan ini bisa diandalkan untuk membuat kulit menjadi lebih cerah dan bersih.

2. Mencegah rambut cepat lepek

Tak perlu sedih jika Anda memiliki rambut mudah lepek, sebab salah satu manfaat baking soda lainnya adalah untuk mencegah rambut cepat lepek. Baking soda yang bersifat basa ini, mampu untuk mengendalikan produksi minyak pada akar rambut. Bila ingin mencoba, Anda bisa campurkan dua sendok teh baking soda dengan sampo Anda dan kemudian buktikan sendiri bagaimana efeknya bagi rambut Anda.

3. Menghaluskan bagian tumit dan telapak kaki

Bila tumit atau telapak kaki Anda terasa selalu kasar, Anda tidak perlu membeli salep atau obat khusus untuk membuatnya halus. Anda hanya perlu menggunakan campuran baking soda dengan air saja. menghaluskan permukaan kulit memang menjadi salah satu manfaat dar baking soda selain sebagai pengembang kue.  

4. Bisa dijadikan untuk bahan membuat deodoran sendiri

Manfaat baking soda lainnya adalah dapat dijadikan bahan untuk deodoran. Baking soda bersifat asam yang dianggap dapat menghilangkan bau badan. Tak hanya sampai di situ, menggunakan deodoran dari baking soda juga tidak akan menimbulkan bercak pada pakaian dan cocok digunakan untuk orang yang memiliki kulit yang sensitif.

5. Membuat kuku lebih mengkilap

Kuku adalah salah satu bagian yang juga sangat diperhatikan oleh wanita. Banyak wanita yang sengaja datang ke salon kecantikan hanya untuk manicure dan pedicure agar kuku terlihat indah. Tapi, sekarang tak perlu lagi mengeluarkan biaya banyak hanya untuk mendapatkan kuku yang cantik dan mengkilap. Sebab, Anda bisa mendapatkannya dengan menggunakan baking soda. Jadi, Anda bisa mengoleskan campuran baking soda tersebut pada kuku Anda kemudian membilasnya dengan air hangat setelah beberapa saat kemudian.

6. Memutihkan gigi

Mungkin, manfaat baking soda yang satu ini sudah sering Anda dengar. Ya, baking soda bisa membuat Anda lebih percaya diri lagi untuk tersenyum lebar, karena kemampuannya yang dapat memutihkan gigi. Bila Anda ingin mencoba memutihkan gigi dengan baking soda, maka Anda hanya perlu menaburkan sedikit butiran baking soda pada pasta gigi yang akan Anda gunakan. Kemudian sikat gigi seperti biasa dan berkumur-kumur dengan air bersih.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Mimpi buruk bisa datang kapan saja di setiap malam Anda. Ini bisa sangat mengganggu Anda jika sering terjadi. Temukan cara mengatasi mimpi buruk di sini.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 02/07/2020 . 5 mins read

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Banyak mitos membuat infeksi cacing menjadi hal sepele. Cek fakta seputar cacingan yang berbahaya jika dibiarkan, seperti menghambat pertumbuhan anak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/06/2020 . 5 mins read

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . 5 mins read

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 4 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . 3 mins read
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . 3 mins read
anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . 4 mins read
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 mins read