Memutihkan Gigi Sampai Menghaluskan Tumit: Simak 6 Manfaat Unik Baking Soda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Manfaat baking soda dalam membuat kue adalah untuk mengembangkan adonan. Tanpa baking soda, maka kue Anda maka kurang sempurna dari segi rasa dan penampilan. Tidak hanya sebagai pengembang saja, baking soda ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan dan membuat penampilan diri lebih baik lagi. Lalu apa saja manfaat baking soda untuk kecantikan?

Berbagai manfaat baking soda bagi kecantikan

1. Baking soda mampu mengangkat kulit mati

Setelah melakukan aktivitas fisik di luar ruangan, maka permukaan kulit Anda pasti dipenuhi dengan kotoran. Ditambah lagi dengan sel-sel kulit mati yang menumpuk, membuat kulit semakin kusam. Tapi Anda tidak perlu membeli lulur untuk menghilangkannya, sebab baking soda ternyata dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat permukaan kulit Anda kusam selama ini.

Tidak percaya? Cobalah untuk membuat adonan dari baking soda, yaitu dengan mencampurkan 3 sendok baking soda dengan satu sendok air. Ya, scrub buatan ini bisa diandalkan untuk membuat kulit menjadi lebih cerah dan bersih.

2. Mencegah rambut cepat lepek

Tak perlu sedih jika Anda memiliki rambut mudah lepek, sebab salah satu manfaat baking soda lainnya adalah untuk mencegah rambut cepat lepek. Baking soda yang bersifat basa ini, mampu untuk mengendalikan produksi minyak pada akar rambut. Bila ingin mencoba, Anda bisa campurkan dua sendok teh baking soda dengan sampo Anda dan kemudian buktikan sendiri bagaimana efeknya bagi rambut Anda.

3. Menghaluskan bagian tumit dan telapak kaki

Bila tumit atau telapak kaki Anda terasa selalu kasar, Anda tidak perlu membeli salep atau obat khusus untuk membuatnya halus. Anda hanya perlu menggunakan campuran baking soda dengan air saja. menghaluskan permukaan kulit memang menjadi salah satu manfaat dar baking soda selain sebagai pengembang kue.  

4. Bisa dijadikan untuk bahan membuat deodoran sendiri

Manfaat baking soda lainnya adalah dapat dijadikan bahan untuk deodoran. Baking soda bersifat asam yang dianggap dapat menghilangkan bau badan. Tak hanya sampai di situ, menggunakan deodoran dari baking soda juga tidak akan menimbulkan bercak pada pakaian dan cocok digunakan untuk orang yang memiliki kulit yang sensitif.

5. Membuat kuku lebih mengkilap

Kuku adalah salah satu bagian yang juga sangat diperhatikan oleh wanita. Banyak wanita yang sengaja datang ke salon kecantikan hanya untuk manicure dan pedicure agar kuku terlihat indah. Tapi, sekarang tak perlu lagi mengeluarkan biaya banyak hanya untuk mendapatkan kuku yang cantik dan mengkilap. Sebab, Anda bisa mendapatkannya dengan menggunakan baking soda. Jadi, Anda bisa mengoleskan campuran baking soda tersebut pada kuku Anda kemudian membilasnya dengan air hangat setelah beberapa saat kemudian.

6. Memutihkan gigi

Mungkin, manfaat baking soda yang satu ini sudah sering Anda dengar. Ya, baking soda bisa membuat Anda lebih percaya diri lagi untuk tersenyum lebar, karena kemampuannya yang dapat memutihkan gigi. Bila Anda ingin mencoba memutihkan gigi dengan baking soda, maka Anda hanya perlu menaburkan sedikit butiran baking soda pada pasta gigi yang akan Anda gunakan. Kemudian sikat gigi seperti biasa dan berkumur-kumur dengan air bersih.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Penyebab Serangan Jantung Pada Anak Muda

Tahukan Anda bahwa banyak kasus serangan jantung terjadi pada anak muda di bawah 40 tahun, dan 25% dari mereka meninggal dalam waktu kurang dari 15 tahun?

Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Hidup Sehat, Tips Sehat 26 November 2020 . Waktu baca 5 menit

4 Jenis Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Sering Bermain Smartphone

Tak hanya membuat kita lupa waktu, bermain smartphone terlalu lama juga bisa memicu berbagai jenis gangguan kesehatan. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Psikologi 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Fakta Seputar Gigi Gingsul yang Harus Anda Tahu

Banyak orang menilai gigi gingsul membuat senyuman pemiliknya bertambah manis. Berikut serba-serbi kesehatan gigi gingsul yang perlu Anda tahu.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Novita Joseph
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 25 November 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mood swing saat menstruasi

Tips Mengendalikan Mood Swing Saat PMS

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Dipublikasikan tanggal: 30 November 2020 . Waktu baca 4 menit
obat alami oral thrush

Ciri-ciri Infeksi Jamur di Mulut Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 30 November 2020 . Waktu baca 9 menit
manfaat garam untuk kesehatan

6 Manfaat Garam untuk Kesehatan yang Belum Anda Tahu

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 3 menit
krim muka dari dokter bikin ketagihan

Sederet Fungsi Vitamin B untuk Kecantikan

Ditulis oleh: Tiara Putri
Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit