Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Setelah Makan Magic Mushroom

Oleh

Ada beribu-ribu jenis jamur di dunia ini. Sebagian di antaranya aman dan baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Akan tetapi, ada juga jenis jamur yang beracun dan berbahaya jika dikonsumsi. Salah satunya adalah magic mushroom yang juga dikenal sebagai jamur kotoran sapi.

Jamur ini bukan untuk dimakan sehari-hari, melainkan sebagai pemicu halusinasi. Beberapa orang sengaja mengonsumsinya secara ilegal untuk mencari kesenangan sesaat. Namun, apakah Anda sudah tahu sebenarnya apa itu magic mushroom dan efeknya bagi tubuh? Simak saja informasi lengkap berikut ini untuk mencari tahu.

Apa itu magic mushroom?

Magic mushroom adalah sebutan bagi kira-kira 75 spesies jamur liar yang mengandung zat kimia alami bernama psilosibin. Jamur-jamur tersebut biasanya tumbuh di kotoran hewan ternak seperti sapi dan kerbau. Kandungan zat psilosibin inilah yang dicari karena bisa menyebabkan sensasi tertentu yang intens, tergantung pada kondisi psikologis orang yang mengonsumsinya.

Pasalnya, psilosibin akan langsung menyerang sel-sel dan sistem otak Anda. Akibatnya, oksigen pun jadi terhambat untuk masuk ke otak. Hal ini membuat kerja otak jadi lebih lambat. Maka itu, Anda akan merasakan efek-efek yang tidak wajar setelah mengonsumsinya.

Jamur ini biasanya dikeringkan atau dimakan mentah. Pengguna juga bisa mencampurkannya dalam telur, masakan, teh, atau minuman lainnya. Ada juga pengedar yang mengolah jamur “ajaib” ini jadi bubuk agar bisa diisap melalui hidung.

Magic mushroom tergolong sebagai narkotika

Di Indonesia, peredaran dan penggunaan jamur kotoran sapi ini termasuk tindak kriminal. Karena zat dan efek yang ditimbulkan, pemerintah mengkategorikan magic mushroom sebagai narkoba golongan satu. Larangan ini tercantum dalam Undang-undang Narkotika No. 35 Tahun 2009.

Efek makan magic mushroom

Setelah makan jamur ini, Anda mungkin merasakan efeknya dalam waktu kira-kira 20 sampai 30 menit. Ini tergantung pada kandungan psilosibin yang berbeda-beda dalam setiap jamur yang dipanen. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin terjadi setelah efeknya terasa.

Efek magic mushroom pada pikiran dan kesadaran

Efek magic mushroom pada tubuh

  • Mati rasa, terutama pada wajah
  • Tekanan darah dan detak jantung meningkat
  • Mulut kering, bahkan sampai mual dan muntah
  • Otot lemas, kedutan, atau kejang
  • Panas tinggi sampai menggigil dan penuh keringat
  • Tidak bisa mengendalikan kapan harus buang air kecil

Bahaya makan magic mushroom

Belum begitu banyak hasil penelitian yang mempelajari bahaya magic mushroom dalam jangka panjang. Maka, belum dapat dipastikan apakah jamur kotoran sapi ini bisa menyebakan kecanduan. Akan tetapi, magic mushroom memang bisa membuat Anda jadi lebih kebal terhadap psilosibin dan harus menambah porsinya lagi untuk mendapatkan sensasi yang sama.

Berikut adalah hal-hal yang mungkin terjadi kalau Anda sering makan magic mushroom dalam jangka panjang:

  • Perubahan pola pikir (jadi lebih kacau dan tidak teratur)
  • Fungsi kognitif otak menurun
  • Delusi dan halusinasi
  • Perilaku yang impulsif (berisiko dan tidak pikir panjang)
  • Perubahan suasana hati yang drastis dan tidak terduga
  • Kematian karena tindakan sembrono dan berbahaya, misalnya bunuh diri

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca