Berapa Lama Sperma Mampu Hidup di Luar Tubuh Setelah Ejakulasi?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Sperma memang dirancang untuk bergerak cepat menghampiri sel telur agar terjadi pembuahan. Saat ejakulasi, kaum pria akan mengeluarkan air mani yang isinya terdapat sperma. Air mani ini yang kemudian membuat sperma dapat bertahan hidup lebih lama hingga bisa mencapai sel telur. Lantas, berapa lama sperma hidup jika di luar tubuh? Apakah sperma mampu bertahan?

Lama sperma hidup di luar tubuh

Lama sperma hidup di luar tubuh sekitar 20-60 menit. Ini menandakan bahwa sperma mampu hidup dan bertahan di mana saja selama durasi waktu tersebut. Setelah sperma keluar dari tubuh, kemungkinan terpengaruh terhadap lingkungan sekitar sangat besar. Hal tersebut membuat sperma menjadi tidak berguna lagi ketika air mani sudah mengering setelah ejakulasi.

Biasanya sperma tidak akan bertahan lama ketika air mani mulai mengering, apalagi pada permukaan yang cepat menyerap seperti pakaian atau selimu. Lama sperma hidup juga tergantung pada cahaya, udara, faktor lingkungan, dan seberapa cepat sperma mengering.

Namun tak perlu khawatir bagi Anda yang menjalani inseminasi buatan atau bayi tabung. Meski dikeluarkan dari tubuh, sperma akan disimpan di tempat yang sesuai sehingga tidak akan membuatnya mati. Sperma beku dapat berlangsung hidup tanpa batas, asalkan dibiarkan dalam lingkungan yang terkontrol dengan baik.

Lantas, berapa lama sperma hidup dalam tubuh wanita?

Di lingkungan yang sempurna dalam tubuh wanita, sperma dapat bertahan hidup selama lima hari. Inilah sebabnya masih ada kemungkinan untuk hamil jika Anda melakukan hubungan seksual tanpa kondom saat menstruasi. Jika Anda segera ovulasi setelah Anda selesai menstruasi, sperma mungkin masih hidup dan dapat membuahi sel telur.

Namun, umumnya sperma akan mati pada hari-hari pertama setelah masuk dalam vagina karena tidak bisa bertahan hidup.

Sperma akan mulai berenang setelah disimpan ke dalam vagina wanita, kemudian bergerak melalui leher rahim untuk mencapai rahim. Terlebih lagi, tubuh wanita menghasilkan lendir agar memudahkan mereka berenang menemukan sel telur. Sperma dapat berenang di dalam tubuh wanita selama 4-5 jam.

Bisakah hamil jika ada air mani di dekat vagina?

Meskipun kemungkinan hamil sangatlah kecil, jika air mani menempel dekat vagina dan belum kering. Sperma bisa bergerak sampai kering. Misalnya, Anda mungkin berpikir Anda tidak berisiko untuk hamil jika Anda melakukan seks anal tanpa kondom.

Sperma segar bisa bocor dan berada di dekat lubang vagina. Jika tetap lembab, kemampuan sperma bertahan hidup pun meningkat. Hal ini bisa membuat jalan untuk masuk ke vagina dan melalui leher rahim ke rahim untuk membuahi sel telur.

Bisakah hamil jika seorang pria berejakulasi di bak mandi kolam renang?

Sangat tidak mungkin bahwa kehamilan akan terjadi jika sperma harus melakukan perjalanan melalui air ke tubuh wanita. Dalam bak mandi air panas, suhu air atau bahan kimia akan membunuh sperma dalam hitungan detik.

Dalam bak mandi berisi air hangat biasa, sperma bisa hidup hingga beberapa menit. Namun, kemungkinan sperma dalam bak air akan menemukan jalan mereka di dalam tubuh wanita dan menyebabkan dia hamil sangat rendah.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Membandingkan Kecepatan Sperma saat Dikeluarkan di Dalam Tubuh dan Air

Siapa sangka kecepatan sperma ketika berhubungan seks dengan saat ejakulasi di luar tubuh ternyata berbeda. Simak faktanya di sini!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Fakta Unik 27 Februari 2020 . Waktu baca 6 menit

4 Macam Warna Sperma dan Artinya Bagi Kesehatan Pria

Warna sperma bisa berubah-ubah sesuai kondisi kesehatan Anda. Lalu, apa saja warna tersebut dan artinya bagi kesehatan pria?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Pria, Hidup Sehat 7 November 2019 . Waktu baca 4 menit

Sperma Berwarna Kuning, Apakah Masih Normal dan Subur?

Sperma berwarna kuning bisa saja normal, tapi mungkin juga menandakan penyakit pada beberapa kasus. Begini penjelasan lengkapnya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kesuburan, Kehamilan 26 Oktober 2019 . Waktu baca 4 menit

Sudah Mencapai Klimaks, Tapi Kok Penis Tidak ‘Basah’?

Saat berhubungan seksual, orgasme kering pada pria mungkin terjadi. Apa itu orgasme kering? Cari tahu infonya di artikel Hello Sehat berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Hidup Sehat, Seks & Asmara 29 Mei 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Alergi Sperma

Memiliki Alergi Terhadap Sperma, Mitos atau Fakta?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 21 September 2020 . Waktu baca 8 menit
makan toge

Makan Taoge Bikin Pria Lebih Subur, Fakta atau Mitos?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 3 September 2020 . Waktu baca 3 menit
sperma perokok

Masih Ingin Merokok? Ini Akibatnya pada Sperma dan Kesuburan Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 19 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit
puasa pengaruhi kesuburan

Apakah Puasa Memengaruhi Kesuburan untuk Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 29 April 2020 . Waktu baca 3 menit