Ketika bagian dada terasa sakit, hal tersebut merupakan keluhan umum yang harus segera ditangani, salah satunya dengan memberikan obat sakit dada yang tepat. Tapi, adakah obat nyeri dada yang bisa dibuat sendiri di rumah?

Apa itu sakit dada?

Sakit atau nyeri pada dada, biasanya disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke jantung. Hal ini juga dikenal dengan nama angina pectoris atau angina. Biasanya, gejala ini dirasakan sebagai perasaan sesak, dada seperti ditekan dan napas terasa berat. Sakit dada ini bisa dialami oleh siapa saja, baik wanita maupun pria, dan juga tidak memandang usia.

Nah, sakit atau nyeri dada ini, biasanya terjadi dalam kurun waktu 5-10 menit, berbeda dengan sakit jantung umumnya. Meski begitu, sakit dada ini juga menjadi peringatan, bahwa Anda bisa saja terkena serangan jantung.

Faktor penyebab nyeri atau sakit pada dada antara lain, seperti merokok, memiliki riwayat diabetes, kadar kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, gaya hidup yang tidak sehat dan turunan penyakit jantung di keluarga. Selain penyakit jantung, sakit dada juga bisa diakibatkan oleh masalah pencernaan seperti asam lambung yang meningkat dan masalah otot.

Obat sakit dada alami 

Obat sakit dada di bawah ini, hanya disarankan untuk menangani sakit atau nyeri pada dada yang disebabkan masalah pencernaan dan masalah otot. Bila sakit dada yang Anda alami lebih mirip dengan gejala serangan jantung, segera cari pertolongan gawat darurat ke rumah sakit atau ke klinik terdekat.

1. Cuka apel

Cuka apel bisa menjadi salah satu obat sakit dada alami yang bisa Anda konsumsi di rumah. Meskipun bisa menimbulkan rasa mulas ketika meminumnya (ingat, harus dicampur air), tapi cuka apel baik untuk menangani masalah sakit dada akibat asam lambung yang naik

Beberapa orang yang mengalami sakit dada, disebabkan karena perut yang tidak menghasilkan cukup asam, dan akhirnya asam lambung pun naik. Dalam kasus ini, cuka sari apel dapat membantu dengan meningkatkan jumlah asam dalam perut. Senyawa cuka apel yang bernama asam asetat, bisa mendorong naiknya asam di perut. Manfaat lainnya, kandungan asam asetat bisa membantu mengahaluskan dan melancarkan pencernaan.

2. Kompresan es

Nyeri di dada terkadang disebabkan oleh ketegangan otot-otot di bagian dada. Beberapa hal yang bisa menyebabkan otot dada menegang antara lain olahraga angkat besi atau bahkan membawa atau menggendong barang-barang yang cukup berat. Sedangkan penyebab lainnya adalah costochondritis, yaitu masalah radang dinding dada.

Kondisi ini sering kali menjadi sumber nyeri dada yang parah. Sebagai penanganan sederhana obat sakit dada dengan kondisi ini, Anda bisa mengompres dada dengan kompresan es selama beberapa waktu. Mengompres es, nyatanya bisa mengurangi ketegangan otot dan peradangan di dada, sehingga rasa sakit akan berkurang.

3.  Makan kacang almond

Seperti yang telah dijelaskan pada penyebab sakit dada di atas, nyeri dada kadang disebabkan oleh asam lambung.  Kacang almond digadang bisa meredakan sakit dada akibat masalah lambung yang membuat bagian dada terasa nyeri. Meskipun belum ada penjelasan pasti, tetapi kandungan kacang almond dapat meringankan gejala asam lambung yang naik.

Salah satu kandungan pada kacang almond adalah zat akali yang dapat meringankan dan menetralkan asam lambung. Tetapi, di lain sisi kandungan kacang almond juga mengandung lemak yang tinggi. Beruntungnya, makanan berlemak baik untuk membuat asam lambung cepat menurun ke dalam lambung

4. Minum minuman hangat

Gas berlebih yang ada di dalam tubuh, bisa menjadi salah satu penyebab nyeri dada yang umum. Minum minuman hangat bisa meredakan dan mengurangi gas dan kembung, sehingga rasa nyeri di dada juga bisa berkurang. Dianjurkan untuk meminum teh atau susu hangat untuk meredakan dada yang terasa nyeri.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca