Nama Generik: Cengkeh Reviews:

Manfaat

Untuk apa cengkeh?

Cengkeh digunakan untuk sakit perut dan sebagai espektoran. Espektoran membantu untuk mempermudah batuk berdahak. Minyak cengkeh digunakan untuk diare, hernia, dan bau mulut. Cengkeh dan minyak cengkeh digunakan untuk perut kembung, mual, dan muntah‐muntah. Cengkeh diterapkan langsung pada gusi (digunakan secara topikal) untuk sakit gigi, mengendalikan rasa nyeri selama perawatan gigi, dan komplikasi pencabutan gigi yang disebut “dry socket”. Herbal ini juga digunakan pada kulit sebagai counterirritant untuk rasa sakit dan mulut serta radang tenggorokan. Pada kombinasi dengan obat lain, cengkeh juga diaplikasikan pada kulit sebagai bagian dari berbagai bahan produk yang digunakan untuk menjaga pria dari mencapai orgasme dini (ejakulasi dini). Cengkeh digunakan pada pasta gigi, sabun, kosmetik, parfum, dan rokok.

Bagaimana cara kerjanya?

Tidak ada penelitian yang cukup mengenai bagaimana cara kerja suplemen herbal ini. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa cengkeh menghambat sintesis prostaglandin, cydooxygenase, dan lipoxygenase. Eugenol, salah satu komponen bahan kimia pada cengkeh, bertanggung jawab terhadap: tindakan anestesi topikal, tindakan antimicrobial.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk cengkeh untuk orang dewasa?

Berikut adalah dosis yang telah diteliti pada penelitian ilmiah:
Penggunaan topikal untuk ejakulasi dini: hanya digunakan pada pria. Biasanya diterapkan pada penis 1 jam sebelum berhubungan dan langsung dibersihkan setelah berhubungan. Dosis dari suplemen herbal dapat berbeda pada tiap pasien. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Suplemen herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang cocok untuk Anda.

Dalam bentuk apa saja cengkeh tersedia?

Suplemen herbal ini dapat tersedia dalam bentuk dan dosis sebagai berikut: komponen pada rokok dan obat kumur; minyak esensial; larutan.

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh cengkeh?

Cengkeh dapat menyebabkan beberapa efek samping termasuk:

● depresi, kejang‐kejang

● iritasi pada jaringan, cedera saluran pernapasan

● penyebaran koagulasi intravaskular

● iritasi kulit

● bronkospasme, edema paru

Tak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin saja ada efek samping lain yang tidak dicantumkan di sini. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, harap berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi cengkeh?

Simpan cengkeh pada tempat sejuk dan kering, serta jauhkan dari panas dan lembap. Anda harus mencairkan minyak esensial dalam minyak perantara. Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak seketat peraturan obat‐obatan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanannya. Sebelum menggunakan, pastikan manfaat penggunaan suplemen herbal lebih besar dibandingkan risikonya. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah cengkeh?

Jangan gunakan suplemen cengkeh secara medis pada anak‐anak atau wanita hamil serta menyusui hingga penelitian lebih lanjut tersedia.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi cengkeh?

Suplemen herbal ini dapat berinteraksi dengan pengobatan lain atau dengan kondisi kesehatan yang Anda miliki. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum penggunaan.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: January 20, 2017 | Terakhir Diedit: January 20, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan