Sperma adalah bagian penting dari kehidupan seorang pria, dan substansi ini bertanggung jawab dalam pembentukan seorang bayi. Sementara itu, sangatlah menakjubkan untuk berpikir bahwa kita masing-masing dihasilkan oleh entitas mikroskopis, itu adalah salah satu dari banyak misteri yang mengejutkan dari sperma. Sudah berapa banyak yang Anda ketahui mengenai sperma? Teruslah mencari tahu tentang “perenang” hebat berikut ini!

1. Sperma dapat hidup dalam waktu yang lama

Bicara tentang umur panjang, sperma dapat hidup dalam tubuh wanita hingga lima hari setelah hubungan seksual. Tapi jangan khawatir, sperma tidak dapat hidup di permukaan atau di dalam kolam air panas, kolam renang, atau sejenisnya karena sebagian besar kolam renang dan kolam air panas telah dicampur dengan bahan kimia yang akan membunuh sperma segera. Bahkan di dalam air biasa yang tidak terkontaminasi, sperma hanya bisa hidup dalam beberapa hari saja. Jadi, Anda tidak akan hamil jika Anda berendam di pemandian air panas komunal.

2. Sperma memiliki bentuk yang berbeda

Air mani biasanya putih atau abu-abu, tapi terkadang mereka dapat muncul kekuningan. Warna merah muda atau merah menunjukkan bahwa ada darah di dalam sperma. Meskipun hal ini jarang terjadi karena masalah kesehatan yang serius, pria dengan sperma yang bernoda darah harus mencari saran dari dokter keluarga mereka. Sebuah sperma yang normal memiliki bentuk kepala oval dan ekor panjang, serta berenang maju ke depan. Namun ada juga sperma yang tidak normal, seperti berkepala besar, kecil atau meruncing, berekor bengkok, keriting, menggulung atau bercabang dua. Kelainan sperma itulah yang dapat mengurangi kesuburan pria.

3. Sperma memiliki jenis kelamin

Apakah Anda tahu bahwa ada sperma laki-laki dan sperma perempuan? Sperma perempuan biasanya lebih kuat daripada sperma laki-laki, yang berarti bahwa Anda cenderung dihamili oleh “perenang” perempuan daripada laki-laki. Sperma perempuan biasa disebut sebagai kromosom X, yang membuat bayi perempuan. Sedangkan, sperma laki-laki disebut sebagai kromosom Y, yang membuat bayi laki-laki.

4. Jutaan sperma dilepaskan saat ejakulasi

Ejakulasi manusia rata-rata mengandung sekitar 180 juta sperma (66 juta/ml), tetapi beberapa ejakulasi dapat berisi sebanyak 400 juta sperma. Kuantitas dan kualitas sperma merupakan penentu yang penting dari kesuburan.

5. Kualitas sperma bisa ditingkatkan

Standar resep gaya hidup sehat, seperti makan buah-buahan dan sayuran, mengelola stres, mendapatkan banyak latihan, dan mengambil multivitamin harian dapat meningkatkan produksi dan fungsi sperma yang optimal.

6. Sperma dapat digunakan untuk kecantikan kulit wajah

Spermine, merupakan antioksidan kuat yang ditemukan pada sperma manusia. Ia dikatakan dapat mengurangi keriput dan menghaluskan kulit.

7. Seperti apa rasa sperma?

Rasa pada sperma sebenarnya didasari oleh komposisi yang terdapat pada air mani. Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda mengetahuinya terlebih dahulu. Air mani terdiri dari 96% air mani dan 2% sperma. Sisanya terdiri dari fruktosa, yang memelihara sperm; natrium bikarbonat, yang melindungi sperma dari lingkungan asam dari vagina; vitamin C, yang membuat sperma lebih sehat; dan beberapa mineral, seperti fosfor, magnesium, seng, dan kalium.

Karena protein tersebut, enzim dan mineral, maka rasa dasar sperma sedikit hangat dan asin. Beberapa mengatakan bahwa ia sedikit manis, namun yang lainnya mengatakan bahwa ia hambar. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi rasa sperma adalah apa yang kita makan sehari-hari. 

8. Makanan apa yang bisa membuat rasa sperma lebih baik?

Beberapa makanan memang dapat meningkatkan rasa sperma. Nanas dan sari kayu manis dapat meningkatkan rasa air mani. Makanan dengan kadar gula tinggi cenderung dapat membuat rasa sperma lebih manis. Makanan lain yang bisa membuat sperma terasa lebih enak adalah peterseli, rumput gandum, mint, dan lemon.

9. Makanan apa yang bisa membuat rasa sperma lebih pahit?

Jika Anda mengonsumsi alkohol atau menggunakan obat-obatan ilegal, maka air mani akan terasa pahit. Daging babi dan sapi juga dapat membuat sperma terasa asin. Kafein adalah faktor lain yang dapat membuat sperma terasa asin dan pahit. Pria yang mengonsumsi kandungan sulfur yang tinggi, seperti kubis dan brokoli, lebih mungkin untuk memiliki air mani yang terasa pahit. Produk susu, bawang, dan bawang putih juga akan mempengaruhi rasa air mani, sehingga ia bisa menjadi asin dan pahit.

BACA JUGA:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca