backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

2

Tanya Dokter
Simpan

5 Bahan Pelengkap untuk Meningkatkan Rasa Makanan pada Diabetesi

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Fatin Nur Jauhara · Tanggal diperbarui 17 jam lalu

5 Bahan Pelengkap untuk Meningkatkan Rasa Makanan pada Diabetesi

Bagi yang memiliki penyakit diabetes, perlu memilih pelengkap rasa makanan yang tepat. Kecap manis salah satu pelengkap makanan yang umum ditemukan.

Namun, kecap manis memiliki jumlah garam dan gula yang tinggi, sehingga penggunaan jangka panjang berisiko menambah masalah kesehatan baru. Lantas, adakah pelengkap rasa makanan yang bisa digunakan diabetesi? Berikut penjelasannya.

Macam-Macam Pelengkap Rasa Makanan untuk Diabetesi

Penggunaan bahan pelengkap bertujuan untuk meningkatkan rasa dan tekstur makanan tertentu. Contoh bahan pelengkap yang sering digunakan, seperti mayones, saus tomat, dan kecap manis.

Beberapa bahan pelengkap tersebut digunakan sebagai saus celup atau cocolan, sementara pelengkap lainnya dicampur di masakan, misalnya kecap manis sebagai bumbu marinasi.  

Sama seperti kebanyakan makanan instan, sebagian besar bahan pelengkap mengandung gula dan garam yang tinggi. 

Hal ini bisa membuat penderita diabetes mengalami lonjakan gula darah yang tinggi bila dikonsumsi secara terus menerus.

Oleh sebab itu, memilih pelengkap rasa makanan yang lebih sehat penting untuk penderita diabetes.

Berikut adalah beberapa pelengkap rasa makanan yang bisa dipertimbangkan sebagai pengganti kecap manis atau saus lainnya. 

1. Saus salsa 

Saus salsa dapat menjadi pilihan cocolan makanan pengganti saus instan. Saus salsa terbuat dari bahan segar sehingga lebih bernutrisi dan rendah garam dan gula. 

Anda bisa menikmati saus ini dengan berbagai makanan, salah satunya ayam panggang. Untuk membuatnya, Anda perlu memerlukan beberapa bahan berikut ini.

  • Seperempat cabai hijau besar, 
  • Satu buah tomat segar, 
  • Satu buah mangga yang belum matang, 
  • Seperempat bawang bombay, 
  • Beberapa lembar daun ketumbar, 
  • Satu sendok minyak zaitun, dan 
  • Satu sendok air perasan lemon. 

Potong kecil cabai hijau, tomat, mangga, bawang, dan daun ketumbar. Setelah itu. campurkan bahan-bahan tersebut ke dalam satu buah mangkuk dan aduk rata. Saus salsa siap dihidangkan.

2. Salad dressing alpukat lemon

Pembuatan salad dressing umumnya menggunakan mayones untuk campurannya. Namun, mayones mungkin bukan pilihan yang sehat untuk penderita diabetes.

Oleh sebab itu, Anda bisa membuat salad dressing yang lebih sehat dengan cara berikut ini.

Pertama-tama Anda perlu menyiapkan beberapa bahan, seperti:

  • satu buah alpukat kupas, 
  • seperempat gelas non-fat greek yogurt tanpa rasa, 
  • setengah gelas air, 
  • beberapa lembar daun ketumbar, 
  • tiga sendok makan air perasan lemon, 
  • satu sendok makan bawang putih cacah, dan 
  • seperempat sendok teh garam.

Setelah menyiapkan bahan-bahan, Anda bisa menghaluskan bahan-bahan tersebut menggunakan blender. Bila dressing terlalu kental, Anda bisa menambahkan sedikit air. 

Setelah selesai, simpan salad dressing di dalam toples dan tutup dengan rapat. Salad dressing ini bisa Anda gunakan hingga tujuh hari bila disimpan di dalam kulkas.

3. Kayu manis 

Kayu manis merupakan pelengkap rasa makanan yang sering digunakan. Rempah yang satu ini dapat dijadikan penyedap rasa makanan atau kue alami karena rasa manis dan wangi yang bisa diberikannya. 

Kayu manis juga baik untuk diabetes karena rempah ini dapat membantu memperbaiki kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan di Portugal tahun 2022, kayu manis dapat mencegah perkembangan diabetes tipe dua. Namun, studi lebih lanjut dibutuhkan untuk memperkuat penelitian tersebut. 

4. Rempah-rempah 

Rempah-rempah adalah bahan pelengkap makanan yang telah digunakan sejak dahulu kala sebagai penyedap, pengawet, ataupun pewarna alami. Rempah-rempah juga telah diakui memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Ada beberapa rempah-rempah yang bisa Anda coba untuk melengkapi dan meningkatkan rasa makanan selain garam, gula, dan kecap manis.

  • Gunakan jahe, lemon, dan ketumbar untuk menambah rasa tajam pada tumisan.
  • Gunakan sedikit paprika yang dibakar untuk dicampur dengan kentang goreng.
  • Gunakan aromatik kapulaga untuk menambah rasa pada masakan semur dan kari.

5. Kecap manis rendah gula

Kecap manis umumnya memiliki kandungan gula dan garam yang tinggi. Perlu diketahui bahwa sekitar satu sendok teh kecap manis, terdapat 20 gram gula dan 659 miligram garam.

Pada diabetesi, asupan gula harus dibatasi hingga sebanyak 25 gram per hari. Bila Anda mengonsumsi kecap manis artinya Anda sudah menggunakan hampir seluruh batasan gula harian.

Meski demikian ada cara lain untuk mengganti kecap manis sebagai pelengkap rasa makanan, yaitu memilih kecap manis rendah gula, seperti Bango Less Sugar. 

Tahukah Anda?

Bango Less Sugar memiliki kandungan gula 45 persen lebih rendah dari kecap manis biasanya. Kecap Bango Less Sugar ini mengandung daun stevia sebagai pemanis alami sehingga tetap melezatkan makanan dengan kadar gula yang rendah.

Selain melihat kadar gulanya, pengganti kecap manis untuk diabetesi ini memiliki kandungan garam 50 persen lebih rendah dan kalori yang rendah. Dengan begitu, penderita diabetes tidak perlu khawatir lagi saat mengonsumsi kecap manis dari Bango Less Sugar.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Fatin Nur Jauhara · Tanggal diperbarui 17 jam lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan