Kalkulator Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.
Cari tahu

Pilih cara perhitungan

Sebagian besar persalinan terjadi di sekitar usia kehamilan 40 minggu (atau 38 minggu dari tanggal pembuahan). Jadi, cara menghitung hari perkiraan lahir yang paling mudah adalah dengan menambahkan 40 minggu atau 280 hari dari hari pertama haid terakhir (HPHT). Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menambahkan 9 bulan dan 7 hari. Contohnya, HPHT Anda adalah 11 April. Maka 9 bulan kemudian adalah 11 Januari dan ditambahkan 7 hari setelahnya, yaitu 18 Januari. Jadi, HPL Anda adalah 18 Januari. Namun ingat, perhitungan ini hanya perkiraan, Anda mungkin saja melahirkan ketika 7-14 hari sebelum atau sesudah tanggal tersebut.

Hitungan tanggal lahir berdasarkan hari pertama haid terakhir (HPHT) cukup akurat bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi yang teratur. Namun hal ini kurang akurat jika siklus haid Anda tidak teratur. Maka itu, Anda bisa menggunakan tanggal pembuahan sebagai gantinya. Metode HPL ini dilakukan dengan cara menambah 266 hari dari tanggal pembuahan.

Jika Anda saat ini sedang melakukan program bayi tabung, perkiraan lahir dapat dihitung dari tanggal transfer embrio.

Apakah saya bisa merencanakan hari lahir?

Mungkin Anda bisa merencanakan kehamilan sekaligus memperkirakan hari lahir dengan memprediksi masa subur. Namun, perhitungan hari lahir ini hanyalah perkiraan dan mungkin saja dapat berubah tergantung dengan kondisi masing-masing.