Masa kecil adalah masa pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat. Pada masa ini, tidak hanya berat badan dan tinggi badan yang cepat bertambah, tapi kemampuan anak juga semakin bertambah banyak. Si Kecil mampu belajar banyak hal dan bisa menerima pembelajaran dengan sangat mudah. Sehingga, penting bagi Bunda untuk memerhatikan dan mendukung perkembangan si Kecil. Menurut WHO, dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak anak, terdapat tiga hal penting yang harus dipenuhi, yaitu nutrisi, stimulasi, dan cinta orangtua.

Beri stimulasi pada si kecil sesuai perkembangan di usianya

Setiap pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada si Kecil pasti akan berbeda-beda. Tergantung dari stimulasi dan kasih sayang yang diterima si Kecil. Kekurangan stimulasi yang diterima si Kecil dan kualitas hubungan antara orangtua dan si Kecil yang rendah dapat menghambat perkembangan emosional, sosial, fisik, dan kognitif.

Lingkungan di mana si Kecil bertumbuh sangat menentukan perkembangan otaknya, terutama di usia 1-3 tahun. Usia 1-3 merupakan masa penting yang tidak bisa diulang di kehidupan selanjutnya. Selama tiga tahun pertama kehidupan ini terjadi perkembangan otak yang sangat cepat dan si Kecil sangat mudah merespon segala sesuatu yang diterimanya dari lingkungan sekitar. Sebagian besar perkembangan otak dan saraf yang mendukung komunikasi, pemahaman, perkembangan sosial, dan emosional terjadi dengan cepat pada masa ini.

Perkembangan cepat otak si Kecil pun akan berlanjut sampai usia 5 tahun dan akan sempurna pada usia 6-8 tahun. Sehingga selama masa tersebut, Bunda perlu memberikan stimulasi dan kasih sayang optimal untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Bagaimana cara memberikan stimulasi? Ini bisa diberikan dengan cara bermain.

Bermain merupakan aktivitas penting, di mana ini merupakan kesempatan si Kecil mengeksplor kemampuannya. Saat si Kecil bereksplorasi, dibutuhkan perhatian dan konsentrasi, sehingga dapat mendukung perkembangan kemampuan belajar, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah. Dengan bermain, si Kecil juga dapat meningkatkan hubungannya dengan Bunda maupun dengan anak-anak lainnya.

Bunda dapat mendukung eksplorasi si kecil dengan mengatakan “IYA BOLEH” pada setiap kegiatan yang ingin dilakukannya. Dengan catatan, Bunda tetap menemani dan membimbing si Kecil saat dirinya bereksplorasi, sehingga si Kecil merasa aman dan nyaman. Jangan batasi si Kecil untuk mengeksplorasi kemampuannya karena ini sama saja dengan membatasi si Kecil belajar dan berkembang.

Nutrisi diperlukan untuk melindungi si kecil saat bereksplorasi

Selain stimulasi dan cinta orangtua, nutrisi juga penting diberikan pada si Kecil untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Pemenuhan nutrisi yang tepat dapat mendukung kesehatan si Kecil. Si Kecil yang sehat lebih mampu mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, dan sosial emosional. Si Kecil yang jarang sakit juga mempunyai lebih banyak waktu untuk mengeksplor dirinya dan mengembangkan kemampuannya dengan baik.

Saat si Kecil bereksplorasi, ia lebih rentan terpapar dengan berbagai kuman, bakteri, dan virus yang dapat menyebabkan penyakit. Oleh karena itu, perlindungan perlu diberikan dengan cara mencukupi kebutuhan nutrisinya. Nutrisi tertentu dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil sehingga dapat melindungi si Kecil dari penyakit. Salah satu nutrisi yang diperlukan adalah probiotik. Probiotik merupakan bakteri baik yang berguna untuk meningkatkan kesehatan usus dan kekebalan tubuh.

Bunda harus pintar-pintar menyediakan makanan dengan nutrisi lengkap, yang terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Susu juga dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil yang tinggi. Banyak susu pertumbuhan yang sudah dilengkapi mineral penting dan asam lemak untuk mendukung pertumbuhan si Kecil sesuai usia, salah satunya adalah DANCOW.

Inovasi Baru DANCOW Advanced Excelnutri+ dengan ADVANCED PROTECTION dilengkapi lebih dari 3x Lactobacillus rhamnossus dibandingkan formula sebelumnya. Lactobacillus rhamnossus merupakan salah satu bakteri baik (probiotik) yang dapat ditemukan di usus. Lactobacillus rhamnossus terbukti secara klinis dapat membantu melindungi saluran pernapasan, daya tahan tubuh, dan saluran cerna si Kecil. Apabila si Kecil terlindungi dengan baik, proses belajar dan pertumbuhan fisiknya pun akan lebih optimal.

dancow excelnutri

Katakan “IYA BOLEH” untuk mendukung eksplorasi si kecil

Dengan membiarkan si Kecil bermain di luar untuk bereksplorasi, artinya Bunda sedang menstimulasi tumbuh kembang si Kecil. Pada usia ini, otak anak sedang berkembang dengan cepat, sehingga stimulasi diperlukan agar si Kecil tumbuh cerdas.

Penelitian yang dipresentasikan dalam pertemuan Society for Neuroscience tahun 2012 pun telah menunjukkan bahwa stimulasi usia anak sangat penting untuk kecerdasan anak kedepannya. Penelitian ini membuktikan bahwa stimulasi pada usia sekitar 4 tahun dapat membantu mengembangkan bagian otak (terutama terkait bahasa dan kognisi) bahkan sampai 15 tahun ke depan.

Jadi, mulai sekarang katakan “IYA BOLEH” jika si Kecil ingin bermain di luar. Melarang si Kecil hanya akan membatasi ruang eksplorasi si Kecil dan juga membatasi perkembangan si Kecil. Katakan “IYA BOLEH” untuk si Kecil bisa bereksplorasi. Bunda hanya perlu mengawasinya saat si Kecil bermain di luar. Dengan bermain di luar, banyak hal-hal baru yang bisa si Kecil pelajari. Si Kecil bisa belajar untuk mengatasi masalahnya sendiri, juga dapat berinteraksi dan membangun kemampuan bersosialisasi dengan temannya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca