home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Tips Mengatasi Rasa Malu Saat Berhubungan Seks

5 Tips Mengatasi Rasa Malu Saat Berhubungan Seks

Mengatasi rasa malu berhubungan seks, memang susah-susah gampang dilakukan. Ada beberapa contoh faktor yang jadi penyebabnya, antara lain rasa percaya diri yang rendah, minimnya pengalaman hubungan seks, atau mungkin pengalaman masa lalu yang tidak mengenakkan. Ada beberapa cara mudah yang Anda praktikkan untuk mengalahkan rasa malu. Simak pembahasan di bawah ini.

Tips mengatasi rasa malu berhubungan seks

1. Pikirkan seks sepanjang hari

Anda bisa mengatasi rasa malu berhubungan seks dengan terus menjaga pikiran untuk berada di ranjang setiap saat. Dengan begitu, diharapkan gairah seksual Anda akan terbangkitkan. Anda juga bisa mencoba dengan mengirimkan pesan, gambar, ataupun suara-suara pada pasangan, guna menggoda dan menjadikan aktivitas seksual nanti menjadi lebih ditunggu-tunggu. Anda pun tidak perlu merasa malu lagi.

2. Pastikan Anda merasa nyaman terlebih dahulu

Untuk mengatasi rasa malu berhubungan seks, Anda harus meyakini diri sendiri terlebih dahulu, Apakah Anda nyaman dan merasa aman untuk melakukan hubungan seks dengan pasangan? Pasalnya, sulit kalau kedua faktor tersebut tidak ada dalam diri Anda. Tenang, kalau Anda belum merasakan nyaman dan aman ketika memulai hubungan seks, ada hal yang bisa Anda lakukan.

Cobalah untuk lebih banyak menghabiskan waktu dengan pasangan. Hal tersebut bertujuan untuk meraih kenyamanan saat melakukan seks. Jadikan kamar, toilet, sofa menjadi tempat favorit Anda dengan pasangan. Jika, Anda telah menemukan rasa nyaman pada pasangan, niscaya rasa malu akan hilang ketika berhubungan seks, tergantikan dengan gairah dan rasa saling ingin membahagiakan satu sama lain.

3. Lepaskan rasa malu mengenai bentuk tubuh Anda

Lemak berlebih, minder dengan ukuran kelamin, selulit, bekas luka, ataupun tanda lahir, kadang menjadi salah satu penyebab Anda merasa tidak percaya diri di ranjang. Sebetulnya, tidak ada bentuk tubuh manusia yang sempurna dari kepala sampai ujung kaki. Harusnya, Anda tidak perlu pusing untuk mengatasi rasa malu berhubungan seks.

Kuncinya adalah satu, ingatkan diri Anda kalau fisik bukan jaminan Anda dan pasangan dapat merasakan kebahagiaan di ranjang atau pun dalam hubungan asmara berdua. Lagipula saat Anda dan pasangan berusaha mencapai orgasme, yang dipikirkan bukanlah bentuk tubuh yang tidak sempurna, melainkan bagaimana membuat hubungan seks Anda saling terpuaskan serta menambah keintiman juga kasih sayang sama lain.

4. Fokus pada rasa nikmat berhubungan seksual

Cara yang satu ini, butuh pengalihan pikiran untuk mengatasi rasa malu berhubungan seks. Anda bisa mencoba menutup mata, melakukan sandiwara (atau memainkan peran), dan yang terakhir cara yang paling mudah adalah dengan mematikan lampu. Ketiga hal di atas, akan mengalihkan pikiran dan rasa malu Anda.

Lebih baik, Anda merasakan tiap sentuhan ke kulit Anda yang dilakukan oleh pasangan. Anda juga bisa merasakan hangatnya napas pasangan pada bagian tubuh yang dihembuskannya. Cobalah untuk fokus pada rasa yang Anda dapat, bukan rasa malu yang menutupi kebahagiaan Anda di ranjang.

5. Puaskan fantasi Anda

Pada dasarnya, mengatasi rasa malu berhubungan seks bisa Anda alihkan dengan fantasi Anda. Bangun fantasi Anda, dan biarkan berkembang bebas tanpa harus ada yang menghalangi. Fantasi yang Anda miliki, bisa membantu Anda untuk mengatasi adanya perasaan gugup, malu dan bahkan ketakutan-ketakutan dalam diri Anda yang terpendam saat berhubungan seks.

Dan ketika Anda mulai bisa memulai hubungan seksual tanpa rasa malu, inilah saatnya Anda mengeksplor fantasi dan angan yang bisa Anda praktikkan ke pasangan. Anda pun bisa mengatasi rasa malu berhubungan seks dengan mudah dan menyenangkan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Women Guide Coming Out Your Sexual Shell https://www.psychologytoday.com/blog/save-your-sex-life/201206/women-only-guide-coming-out-your-sexual-shell Diakses pada 25 April 2017

How to be more confident in bed http://www.womenshealthmag.com/sex-and-love/how-to-be-more-confident-in-bed Diakses pada 25 April 2017

10 Little Sexual Self Esteem Booster http://www.womansday.com/relationships/sex-tips/advice/a1023/10-little-sexual-self-esteem-boosters-99164/ Diakses pada 25 April 2017

 


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal diperbarui 04/05/2017
x