5 Tips Mengatasi Rasa Malu Saat Berhubungan Seks

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Mengatasi rasa malu berhubungan seks, memang susah-susah gampang dilakukan. Ada beberapa contoh faktor yang jadi penyebabnya, antara lain rasa percaya diri yang rendah, minimnya pengalaman hubungan seks, atau mungkin pengalaman masa lalu yang tidak mengenakkan. Ada beberapa cara mudah yang Anda praktikkan untuk mengalahkan rasa malu. Simak pembahasan di bawah ini.

Tips mengatasi rasa malu berhubungan seks

1. Pikirkan seks sepanjang hari

Anda bisa mengatasi rasa malu berhubungan seks dengan terus menjaga pikiran untuk berada di ranjang setiap saat. Dengan begitu, diharapkan gairah seksual Anda akan terbangkitkan. Anda juga bisa mencoba dengan mengirimkan pesan, gambar, ataupun suara-suara pada pasangan, guna menggoda dan menjadikan aktivitas seksual nanti menjadi lebih ditunggu-tunggu. Anda pun tidak perlu merasa malu lagi.

2. Pastikan Anda merasa nyaman terlebih dahulu

Untuk mengatasi rasa malu berhubungan seks, Anda harus meyakini diri sendiri terlebih dahulu, Apakah Anda nyaman dan merasa aman untuk melakukan hubungan seks dengan pasangan? Pasalnya, sulit kalau kedua faktor tersebut tidak ada dalam diri Anda. Tenang, kalau Anda belum merasakan nyaman dan aman ketika memulai hubungan seks, ada hal yang bisa Anda lakukan.

Cobalah untuk lebih banyak menghabiskan waktu dengan pasangan. Hal tersebut bertujuan untuk meraih kenyamanan saat melakukan seks. Jadikan kamar, toilet, sofa menjadi tempat favorit Anda dengan pasangan. Jika, Anda telah menemukan rasa nyaman pada pasangan, niscaya rasa malu akan hilang ketika berhubungan seks, tergantikan dengan gairah dan rasa saling ingin membahagiakan satu sama lain.

3. Lepaskan rasa malu mengenai bentuk tubuh Anda

Lemak berlebih, minder dengan ukuran kelamin, selulit, bekas luka, ataupun tanda lahir, kadang menjadi salah satu penyebab Anda merasa tidak percaya diri di ranjang. Sebetulnya, tidak ada bentuk tubuh manusia yang sempurna dari kepala sampai ujung kaki. Harusnya, Anda tidak perlu pusing untuk mengatasi rasa malu berhubungan seks.

Kuncinya adalah satu, ingatkan diri Anda kalau fisik bukan jaminan Anda dan pasangan dapat merasakan kebahagiaan di ranjang atau pun dalam hubungan asmara berdua. Lagipula saat Anda dan pasangan berusaha mencapai orgasme, yang dipikirkan bukanlah bentuk tubuh yang tidak sempurna, melainkan bagaimana membuat hubungan seks Anda saling terpuaskan serta menambah keintiman juga kasih sayang sama lain.

4. Fokus pada rasa nikmat berhubungan seksual

Cara yang satu ini, butuh pengalihan pikiran untuk mengatasi rasa malu berhubungan seks. Anda bisa mencoba menutup mata, melakukan sandiwara (atau memainkan peran), dan yang terakhir cara yang paling mudah adalah dengan mematikan lampu. Ketiga hal di atas, akan mengalihkan pikiran dan rasa malu Anda.  

Lebih baik, Anda merasakan tiap sentuhan ke kulit Anda yang dilakukan oleh pasangan. Anda juga bisa merasakan hangatnya napas pasangan pada bagian tubuh yang dihembuskannya. Cobalah untuk fokus pada rasa yang Anda dapat, bukan rasa malu yang menutupi kebahagiaan Anda di ranjang.

5. Puaskan fantasi Anda

Pada dasarnya, mengatasi rasa malu berhubungan seks bisa Anda alihkan dengan fantasi Anda. Bangun fantasi Anda, dan biarkan berkembang bebas tanpa harus ada yang menghalangi. Fantasi yang Anda miliki, bisa membantu Anda untuk mengatasi adanya perasaan gugup, malu dan bahkan ketakutan-ketakutan dalam diri Anda yang terpendam saat berhubungan seks.

Dan ketika Anda mulai bisa memulai hubungan seksual tanpa rasa malu, inilah saatnya Anda mengeksplor fantasi dan angan yang bisa Anda praktikkan ke pasangan. Anda pun bisa mengatasi rasa malu berhubungan seks dengan mudah dan menyenangkan.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Olahraga malam hari bisa membantu Anda tidur nyenyak dan menghindarkan diri dari sengatan sinar matahari. Berikut 4 olahraga untuk dilakukan di malam hari.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Olahraga Lainnya, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ngantuk atau lemas habis makan adalah hal yang biasa. Lalu, bagaimana kalau Anda justru sakit kepala setelah makan? Cari tahu penyebabnya di sini, yuk.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Sering kali diet Anda gagal karena Anda tak bisa menahan lapar dan akhirnya menyerah dan kembali makan dengan porsi besar. Begini cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Produk skincare antiaging fungsinya adalah mencegah penuaan dini. Namun, kalau baru pakai antiaging di usia 50 tahun ke atas, apa hasilnya akan sama?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Lansia, Gizi Lansia 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
penis bengkok

Bisakah Penis yang Bengkok Diluruskan Kembali?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
memotong kuku

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Mengurangi Bau Badan

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit