home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Trik Antigagal untuk Bangkitkan Kembali Gairah Seks Pria yang Menurun

4 Trik Antigagal untuk Bangkitkan Kembali Gairah Seks Pria yang Menurun

Gairah seks pria wajar untuk naik turun sepanjang hidupnya. Namun, bukan berarti urusan ranjang Anda berdua jadi harus ikut basi. Nah untuk mengobarkan kembali gairah yang sempat memadam, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai cara berikut!

Cara meningkatkan gairah seks pria

1. Jaga berat badan tetap ideal

Perut buncit adalah salah satu pembunuh gairah seks pria yang seringnya tak dipedulikan. Ini karena penumpukan sel lemak dalam tubuh memicu lebih banyak produksi enzim aromatase. Aromatase adalah enzim yang mengubah testosteron menjadi estrogen.

Testosteron bertanggung jawab untuk membangkitkan gairah seks dan merangsang produksi sperma. Ketika kadar testosteron pria menurun, maka hasrat untuk berhubungan seks pun juga akan menurun.

Terlebih, laki-laki yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas juga cenderung rentan mengalami disfungsi ereksi (impotensi) yang bisa memadamkan gairah sebelum mulai bercinta.

2. Usir stres

sifat pria

Jika stres berlangsung lama, kadar hormon testosteron pria akan mulai merosot drastis. Stres dapat menurunkan testosteron karena tergantikan dengan tingginya hormon stres kortisol secara konstan. Hal ini kemudian mengganggu produksi sperma, yang juga akan menyebabkan disfungsi ereksi atau impotensi.

Ada banyak cara untuk menghilangkan stres. Mulai dari teknik pernapasan dalam, meditasi, mendengarkan musik, hingga tidur siang sebentar. Meluangkan waktu di akhir pekan untuk kencan romantis bersama pasangan juga bisa bantu Anda meredakan stres sekaligus mengobarkan lagi api asmara.

3. Olahraga rutin

olahraga ringan

Jika Anda tak ingin kehilangan hasrat bercinta, maka rajinlah berolahraga. Olahraga adalah cara terbaik untuk mengurangi stres yang bisa menurunkan gairah seks.

Selain itu, olahraga juga bisa mengurangi risiko Anda untuk mengalami impotensi. Tanpa pasokan darah yang cukup ke penis, Anda tidak akan bisa ereksi dan mempertahankannya selama mungkin. Nah, olahraga rutin melatih jantung Anda untuk bekerja lebih efektif memompa darah. Semakin kuat jantung Anda, semakin baik pula performa seks Anda di ranjang.

Usahakan untuk olahraga di pagi hari karena sinar mataharinya sangat baik untuk kesehatan Anda. Bahkan menurut Robin Berzin, M.D., dikutip dari Mind Body Green, vitamin D dari sinar matahari pagi dapat meningkatkan kadar testosteron.

4. Makan makanan afrodisiak

meningkatkan gairah seksual pria

Beberapa jenis makanan dapat membantu meningkatkan libido. Misalnya, tiram dan makanan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti kacang, teri, ikan salmon, dan ikan lele. Sementara itu, cabe, seledri, dan cokelat hitam juga dapat meningkatkan gairah bercinta.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

7 Ways to Boost Testosteron & Sex Drive Naturally

https://www.mindbodygreen.com/0-15098/7-ways-to-boost-testosterone-sex-drive-naturally.html accessed on August 7th 2018

15 Everyday Habits to Boost Your Libido

https://www.health.com/health/gallery/0,,20778590,00.html#examine-your-relationship-0 accessed on August 7th 2018

How to Increase Male Libido Naturally

https://www.livestrong.com/article/78685-increase-male-libido-naturally/ accessed on August 7th 2018

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Widya Citra Andini
Tanggal diperbarui 26/08/2018
x