backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

8 Rumah Sakit di Balikpapan yang Punya Fasilitas Lengkap

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 25/09/2023

8 Rumah Sakit di Balikpapan yang Punya Fasilitas Lengkap

Saat memilih rumah sakit di Balikpapan, mungkin ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan Anda, misalnya pelayanan, fasilitas, hingga keberadaan dokter spesialis yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Saat ini, sudah banyak rumah sakit pemerintah daerah atau bahkan swasta yang tersebar di Balikpapan. Bila Anda bingung memilihnya, berikut ini adalah beberapa rekomendasinya.

Rekomendasi rumah sakit di Balikpapan dengan fasilitas terlengkap

Bagi Anda yang tinggal di Balikpapan, inilah delapan rekomendasi rumah sakit terbaik yang mempunyai prosedur medis lengkap.

1. Rumah Sakit Pertamina Balikpapan

ruangan rumah sakit

Mulai beroperasi sejak 1987, Rumah Sakit Pertamina Balikpapan dibangun untuk memberikan jasa layanan kesehatan bagi para pekerja dan keluarga Pertamina yang bekerja di Balikpapan. 

Namun sejak tahun 2002, di bawah pengelolaan Pertamedika, rumah sakit ini juga melayani masyarakat umum dan menjadi salah satu rumah sakit rujukan wilayah Kalimantan Timur dan Utara. 

Pelayanan kesehatan yang diberikan rumah sakit ini dilengkapi dengan lebih dari 200 tempat tidur, termasuk ICU, kamar operasi, dan UGD. 

Rumah sakit ini juga memiliki layanan home care yang dapat melayani pengambilan sampel laboratorium, perawatan luka di rumah, kunjungan dokter, baby care, hingga baby spa. 

2. Siloam Hospital Balikpapan 

Daftar rumah sakit swasta di Balikpapan lainnya, yaitu Siloam Hospital Balikpapan. Rumah sakit ini memiliki beberapa layanan spesialisnya.

Ini di antaranya kardiologi, otak dan saraf, paru-paru, penyakit dalam, ortopedi dan traumatologi, patologi, serta bedah plastik. 

Rumah sakit tipe B ini dilengkapi dengan 164 kamar tidur, 7 tempat tidur high care unit (HCU) dan intensive care unit (ICU),  dan dilengkapi juga dengan layanan UGD 24 jam. 

Siloam Hospital Balikpapan juga memiliki layanan medical check-up dengan harga yang cukup terjangkau, salah satunya adalah skrining mamografi dengan harga mulai dari Rp650.000.

Tahukah Anda?

Mengutip dari American College of Radiology, mamografi adalah pemeriksaan radiologi yang ditujukan untuk melihat ada atau tidaknya kelainan yang mengarah pada kanker payudara. Nantinya, prosedur ini akan menggunakan foto x-ray. 

3. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Kanujoso Djatiwibowo 

RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo merupakan salah satu rumah sakit pemerintah di Balikpapan. Rumah sakit tipe A ini memiliki 25 poliklinik yang ditunjang oleh para tenaga medis profesional. 

Dilengkapi dengan fasilitas dan peralatan canggih, rumah sakit ini siap memberikan pelayanan intensif bagi pasien yang membutuhkan perawatan. 

RSUD ini memiliki beberapa layanan unggulan, seperti pusat thalasemia, pelayanan kanker terpadu, hingga private aesthetic and laser center.

Tidak hanya itu, RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo juga memiliki pelayanan rawat jalan eksekutif yang bertajuk one for service, yang berarti pelayanan oleh dokter spesialis dan konsultan dalam satu fasilitas ruangan. 

Pasien juga dapat memilih jadwal dokter spesialis yang diinginkan atau langsung datang dan membuat janji dengan dokter tersebut. 

4. RS Hermina Balikpapan 

Mencari rumah sakit untuk ibu dan anak? RS Hermina Balikpapan mungkin bisa menjadi jawabannya.

Salah satu daftar rumah sakit milik swasta di Balikpapan tersebut memiliki layanan unggulan terhadap kesehatan ibu dan anak. 

Pelayanan ini ditunjang dengan ragam fasilitas, seperti IGD, USG 4 dimensi, ruang perawatan bayi, kamar bersalin, hingga klinik tumbuh kembang.

Dengan tipe C, RS Hermina Balikpapan menyediakan lebih dari 100 tempat tidur dan layanan medis lainnya. Beberapa layanan tersebut meliputi endoskopi, uroflowmetri, CT scan, dan USG Vaskular. 

5.  RSIA Sayang Ibu

persiapan persalinan

Rumah sakit milik pemerintah kota Balikpapan ini awalnya adalah sebuah puskemas yang mengalami peningkatan status menjadi Rumah Sakit Khusus Bersalin Sayang Ibu kelas “B”.

Pada tahun 2009 rumah sakit ini berhasil menjadi salah satu SKPD (satuan kerja perangkat daerah) dengan meraih sertifikat ISO 9001. 

RSIA Sayang Ibu termasuk rumah sakit tipe C dengan layanan kebidanan dan kandungan yang lengkap serta beberapa fasilitas lainnya. 

Ini termasuk klinik anak, kamar bersalin, serta fasilitas penunjang lainnya, seperti kamar operasi, IGD 24 jam, dan laboratorium. 

6. RS Bhayangkara Balikpapan 

Berlokasi cukup strategis di Klandasan Ilir, Balikpapan Selatan, RS Bhayangkara Balikpapan dapat mengatasi permasalahan medis Anda lewat layanan kesehatan yang telah disediakan. 

Beberapa layanan yang diberikan oleh rumah sakit tipe C ini meliputi poli anak, jantung, saraf, paru, jiwa, hingga bedah ortopedi. 

RS Bhayangkara Balikpapan ini juga memberikan layanan bagi pasien rawat inap lebih dari 50 tempat tidur.

Harga rawat inap yang ditawarkan pun cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp300.000 per malamnya. 

7. Rumah Sakit Balikpapan Baru 

Daftar rumah sakit di Balikpapan yang selanjutnya, yaitu Rumah Sakit Umum (RSU) Balikpapan Baru yang merupakan pusat pelayanan kesehatan milik swasta.

Rumah sakit ini memiliki layanan yang didukung dengan teknologi mutakhir, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasien. 

Dengan fasilitas IGD 24 jam yang disertai dengan poliklinik rawat jalan, rumah sakit dengan tipe C ini memiliki 30 dokter spesialis.

RSU Balikpapan baru juga memiliki beberapa layanan kesehatan lainnya, seperti general medical check-up, kamar bersalin, laboratorium, dan radiologi. 

8. RS Mata SMEC Balikpapan 

Bila Anda mencari rumah sakit khusus mata di Balikpapan, RS Mata SMEC Balikpapan mungkin bisa melayani kebutuhan Anda.

Rumah sakit mata ini menyediakan peralatan medis yang canggih serta dokter dan tenaga kesehatan yang kompeten dan profesional. 

Beberapa prosedur dan perawatan mata yang diberikan di rumah sakit ini, di antaranya bedah katarak, glaukoma, dan mata kering. 

RS Mata SMEC Balikpapan juga dilengkapi dengan fasilitas IGD 24 jam. Tak hanya itu, optik, kamar bedah, ruang menyusui, rawat inap, dan layanan refraksi juga tersedia di rumah sakit ini. 

Demikian daftar rekomendasi rumah sakit di Balikpapan yang memberikan layanan unggulan.

Daftar di atas merupakan rekomendasi berdasarkan fasilitas dan kelengkapan layanan yang disediakan rumah sakit. 

Anda tinggal memilih mana sekiranya yang cocok untuk kebutuhan kesehatan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menanyakan langsung ke pihak rumah sakit terlebih dahulu.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 25/09/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan