backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

7 Rekomendasi Klinik Tumbuh Kembang Anak Terbaik di Surabaya

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 28/12/2023

7 Rekomendasi Klinik Tumbuh Kembang Anak Terbaik di Surabaya

Klinik tumbuh kembang anak di berbagai daerah, termasuk Surabaya, memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan si Kecil secara optimal.

Klinik ini menyediakan layanan kesehatan yang khusus dirancang untuk memantau, mendiagnosis, dan mengatasi berbagai aspek tumbuh kembang anak, seperti perkembangan fisik, motorik, bahasa, dan kognitif. 

Namun, apa saja klinik tumbuh kembang anak yang tersedia di Surabaya? Cari tahu daftar rekomendasinya di bawah ini.

Rekomendasi klinik tumbuh kembang anak di Surabaya 

Sebagai orangtua, memastikan anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya adalah hal penting yang perlu dilakukan.

Nah, untuk mengetahui apakah perkembangan dan pertumbuhan anak sesuai dengan usianya, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter anak yang berada di klinik tumbuh kembang. 

Selain memastikan anak tumbuh dan berkembang dengan baik, klinik ini juga hadir untuk melayani anak yang mengalami gangguan perkembangan sejak usia dini, seperti Down syndrome atau speech delay

Untuk mempermudah Anda, berikut ini adalah beberapa rekomendasi klinik tumbuh kembang anak di Surabaya yang dapat Anda pilih. 

1. Klinik Tumbuh Kembang Anak RSUD Dr. Soetomo 

cara menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak

Klinik tumbuh kembang satu ini merupakan bagian dari pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo.

Beberapa layanan yang dapat dilakukan di klinik tumbuh kembang anak ini adalah terapi wicara, skrining pertumbuhan, dan terapi okupasi. 

Klinik tumbuh kembang anak RSUD Dr. Soetomo berlokasi di Jalan Mayjend. Prof. Dr. Moestopo, No.6—8, Kecamatan Gubeng, Surabaya. Layanan ini buka setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat. 

Tahukah Anda?

Melansir American Occupational Therapy Association, terapi okupasi biasanya dilakukan pada anak yang memiliki keterbatasan fisik, sensorik, atau kognitif. 

2. Klinik Tumbuh Kembang Anak RSIA Kendangsari MERR

Sebagai salah satu rumah sakit yang berfokus pada pelayanan kesehatan ibu dan anak, RSIA Kendangsari MERR juga menyediakan layanan klinik tumbuh kembang anak.

Klinik tumbuh kembang yang berlokasi di Jalan Dr. Ir. H. Soekarno No.2, Surabaya, ini dapat membantu mengatasi masalah perkembangan balita dan anak yang sering dialami.

Ini termasuk telat bicara, susah berkomunikasi, hingga sulit berkonsentrasi. Perawatan yang diberikan pun ditangani langsung oleh dokter spesialis anak yang sudah berpengalaman di bidangnya. 

3. ABCDe (Children’s Growth) Clinic by Siloam Hospital Surabaya

Rekomendasi klinik tumbuh kembang di Surabaya yang selanjutnya adalah ABCDe Clinic by Siloam Hospital Surabaya. 

Klinik milik salah satu rumah sakit terbaik di Surabaya ini juga memberikan ragam pelayanan seputar perkembangan anak, seperti:

  • skrining perkembangan anak,
  • perawatan untuk anak yang kesulitan belajar,
  • kesulitan berkonsentrasi, hingga
  • membantu anak berkebutuhan khusus seperti Down syndrome

Berlokasi di daerah Gubeng, Surabaya, ABCDe Clinic by Siloam Hospital Surabaya juga memiliki fasilitas lengkap termasuk ruang bermain anak, lingkungan yang nyaman dan bersih, serta dengan peralatan yang modern. 

4. Klinik Tumbuh Kembang Anak Rumah Sakit Royal Surabaya 

klinik tumbuh kembang anak

Rumah Sakit Royal Surabaya juga telah mendirikan klinik tumbuh kembang untuk mempermudah orangtua yang ingin memantau perkembangan motorik dan kesehatan si Kecil sejak usia dini. 

Uniknya, klinik tumbuh kembang satu ini tidak hanya dapat mengatasi permasalahan tumbuh kembang anak, tetapi juga memberikan bantuan kepada ibu yang memiliki permasalahan dalam menyusui si Kecil.

Bagi Anda yang tertarik untuk berkonsultasi di klinik tumbuh kembang ini, Anda dapat mengunjunginya di Jalan Rungkut Industri I No.1, Kendangsari, Kec. Tenggilis Mejoyo, Surabaya, pada Rabu dan Jumat pukul 18:00—20:00. 

5. Klinik Tumbuh Kembang Anak RSU Haji Surabaya 

Berlokasi di Jalan Manyar Kertoadi, Surabaya, rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur ini memiliki klinik tumbuh kembang anak yang dapat menjadi pilihan orangtua.

Memiliki dokter spesialis yang berpengalaman di bidangnya, klinik tumbuh kembang RSU Haji Surabaya dapat membantu mengatasi permasalahan perkembangan yang dialami oleh si Kecil. 

Beberapa permasalahan yang dapat diatasi di klinik tumbuh kembang satu ini adalah perkembangan anak, gangguan konsentrasi, gangguan makan, hingga cerebral palsy

6. Klinik Tumbuh Kembang Anak Superkidz

Klinik Tumbuh Kembang Anak Superkidz merupakan salah satu klinik tumbuh kembang yang sudah memiliki beberapa cabang di Indonesia. Salah satunya yaitu di Surabaya.

Berlokasi di Jalan Mayjend. Sungkono No.91H, Dukuh Pakis, klinik ini dapat memberikan pelayanan untuk anak usia 0–21 bulan dengan berbagai keterlambatan perkembangan dan disabilitas. 

Layanan yang disediakan klinik tumbuh kembang ini pun cukup beragam, mulai dari layanan psikologi anak hingga terapi anak berkebutuhan khusus. 

7. Klinik Anakku CMC Surabaya 

Klinik Anakku CMC Surabaya menjadi daftar rekomendasi klinik tumbuh kembang berikutnya  yang dapat orangtua pilih. 

Di klinik ini, dokter dapat membantu mendeteksi secara dini gangguan tumbuh kembang anak, melakukan konsultasi, stimulasi, hingga intervensi beragam jenis terapi yang sesuai dengan kebutuhan anak Anda. 

Beberapa layanan yang diberikan oleh klinik tumbuh kembang anak Surabaya ini, yaitu terapi okupasi, terapi bermain, terapi perilaku, konseling orangtua dan anak, hingga terapi sensori integrasi. 

Terapi sensori integrasi adalah kemampuan tubuh dan otak untuk mengenali, memproses, dan mengatur informasi melalui sentuhan, gerakan, penglihatan, suara, bau, dan rasa. 

Itulah beberapa rekomendasi klinik tumbuh kembang anak di Surabaya yang mungkin dapat memudahkan orangtua saat memilihnya.

Dengan begitu, orangtua dapat secara langsung memantau dan berkonsultasi langsung seputar kesehatan tumbuh kembang si Kecil. 

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 28/12/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan