backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

7 Alasan Kucing Pipis Sembarangan dan Cara Menghentikannya

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 19/01/2024

    7 Alasan Kucing Pipis Sembarangan dan Cara Menghentikannya

    Kucing pipis sembarangan merupakan perilaku yang cukup merepotkan bagi pemilik kucing. Anda harus membersihkan barang yang terkena pipis dan belum lagi bau tidak sedap bisa menyeruak di seluruh ruangan. 

    Jika kucing berperilaku seperti ini, penting untuk mencari tahu kemungkinan penyebab dan cara mengatasinya.

    Berbagai alasan kucing pipis sembarangan

    Berikut ini berbagai kemungkinan alasan kucing pipis di luar litter box.

    1. Litter box kurang bersih

    Salah satu alasan utama mengapa kucing mungkin buang air kecil sembarangan adalah litter box yang kotor. Kucing merupakan hewan yang cenderung bersih dan sangat peduli terhadap lingkungan tempat mereka buang air. 

    Jika kotak pasir mereka kotor, berbau tidak sedap, atau penuh dengan kotoran, kucing dapat menolak untuk menggunakannya. Kucing memiliki insting alami untuk mengubur kotoran mereka sebagai cara untuk menyembunyikan jejak dari pemangsa. 

    Jika kotak pasir tidak memenuhi standar kebersihan yang diinginkan oleh kucing, mereka mungkin mencari tempat lain yang dianggap lebih bersih untuk buang air.

    2. Litter box sulit dijangkau

    Kucing pipis sembarangan mungkin juga disebabkan oleh kesulitan akses atau ketidaknyamanan dalam menggunakan kotak pasir. 

    Saat buang air, kucing lebih memilih lokasi yang tenang dan mudah dijangkau. Jika litter box terletak di tempat yang sulit dijangkau atau terlalu tersembunyi, kucing mungkin merasa tidak aman atau nyaman saat ingin pipis.

    Selain itu, kotak pasir yang terlalu kecil membuat kucing tidak nyaman saat pipis dan akhirnya pipis sembarangan.

    Kucing juga menyukai adanya ruang yang cukup untuk menggali pasir, sehingga memilih kotak pasir yang sesuai dengan ukuran tubuh mereka sangatlah penting.

    3. Kucing menderita penyakit tertentu

    Kucing sakit calicivirus

    Beberapa kondisi medis mungkin dapat membuat kucing tidak nyaman pipis di litter box.

    Beberapa masalah umum yang membuat kondisi ini yaitu infeksi saluran kemih, kristaluria, batu kandung kemih, hipertiroidisme, penyakit ginjal, atau sistitis idiopatik kucing.

    Terkadang, kondisi tersebut juga bisa membuat kucing sakit saat buang air kecil atau lubang pipisnya lebih sensitif. Hal ini membuat kucing mencari tempat yang lebih nyaman untuk pipis di luar kotak pasir.

    4. Pasir kucing kurang banyak atau tidak cocok

    Jika kotak pasir kucing terlalu sedikit pasirnya, kucing mungkin merasa tidak nyaman dan tidak memiliki cukup material untuk mengubur kotoran mereka.

    Kondisi ini dapat membuat kucing mencari tempat lain yang dianggap lebih memadai.

    Kucing pipis sembarangan juga bisa karena anabul tidak suka jenis pasir tertentu. Jika Anda mengganti jenis atau merek pasir yang biasa digunakan oleh kucing, dan kucing tidak menyukai perubahan tersebut, mereka mungkin menolak menggunakan kotak pasir.

    Anda juga perlu memahami bahwa beberapa kucing memiliki preferensi terhadap tekstur pasir tertentu.

    Misalnya, ada kucing yang mungkin tidak suka pasir yang terlalu kasar atau terlalu halus. Mencari tahu preferensi kucing terhadap tekstur pasir dapat membantu mengatasi masalah ini.

    5. Kucing stres

    Kucing takut dan stres

    Perlu diketahui bahwa kucing tidak menyukai perubahan di lingkungan sekitarnya.

    Perubahan apa pun, baik besar atau kecil dapat berdampak besar pada mereka. Bahkan mungkin kucing dapat mengalami stres karena perubahan tersebut.

    Perubahan seperti penggantian jenis pasir, bentuk kotak pasir, pindah rumah, atau pindah posisi litter box mungkin bisa saja membuat kucing stres

    Anabul juga memiliki perilaku menyemprot pipis (spraying) sebagai respons saat ia merasa stres. Hal inilah yang menyebabkan kucing kucing kencing sembarangan.

    6. Perubahan lingkungan

    Perubahan lingkungan adalah faktor yang sering kali dapat memengaruhi perilaku kucing, termasuk kebiasaan buang air.  

    Kucing biasanya menyukai rutinitas dan kestabilan. Oleh karena itu, jika terjadi perubahan jadwal makan, waktu bermain, atau interaksi dengan pemilik dapat menyebabkan stres pada kucing dan mempengaruhi kebiasaan buang air mereka.

    Selain itu, adanya hewan peliharaan baru atau interaksi yang tidak menyenangkan dengan hewan atau kucing lain di lingkungan sekitar dapat membuat kucing tidak nyaman.

    Kondisi ini mungkin dapat mengubah perilaku buang air mereka sehingga pipis sembarangan.

    7. Perubahan pola makan

    Penyebab kucing kencing sembarangan juga bisa karena pola makan yang berubah. Perubahan pola makan tersebut dapat berupa hal-hal berikut ini.

    • Perubahan jenis makanan. Mengganti jenis makanan kucing atau memberikan makanan baru yang tidak disukai oleh kucing dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau stres. 
    • Masalah pencernaan. Pergantian jenis makanan atau makanan yang sulit dicerna bisa mengakibatkan masalah pencernaan pada kucing sehingga ia pipis sembarangan.
    • Gangguan keseimbangan nutrisi. Tidak mendapatkan nutrisi yang cukup bisa memengaruhi kesehatan kucing secara keseluruhan. Perilaku buang air sembarangan mungkin menjadi tanda ketidakseimbangan nutrisi atau kekurangan gizi.

    Cara mengatasi kucing pipis sembarangan

    pasir kucing

    Dikutip dari PetMD, di bawah ini beberapa cara agar kucing tidak pipis sembarangan yang bisa Anda lakukan .

    • Pakai kotak pasir yang lebih besar. Semakin luas area tempat buang air kucing, mungkin ia akan semakin nyaman saat pipis.
    • Sediakan lebih banyak pasir. Kucing akan merasa tidak nyaman jika pasir hanya sedikit dan kotorannya masih terlihat. Oleh karena itu, sediakan lebih banyak pasir agar ia bisa dengan mudah mengubur pipisnya.
    • Coba kotak pasir dengan sisi lebih tinggi atau penutup. Beberapa kucing mungkin membutuhkan ruang pribadi untuk buang air. Oleh karenanya, Anda dapat mencoba kotak pasir dengan penutup atau sisi yang lebih tinggi.
    • Bersihkan kotak pasir secara teratur. Bersihkan kotak pasir setidaknya sekali sehari.
    • Kurangi faktor pemicu stres. Jika terdapat perubahan pada lingkungan kucing, sebaiknya lakukan dengan perlahan agar ia tidak stres.
    • Periksa kondisi kesehatan kucing. Jika kucing pipis sembarangan terjadi dalam waktu lama atau disertai gejala lain, segera periksa kondisi kesehatan kucing dengan membawanya ke dokter hewan.

    Mengatasi kucing yang suka pipis sembarangan memang memerlukan kesabaran dan pemahaman yang baik. Jangan lupa berikan anabul kesayangan perhatian yang cukup agar ia tidak mudah stres.

    Kesimpulan

    Kucing tiba-tiba pipis sembarangan bisa jadi karena litter box kurang bersih atau sulit dijangkau, kucing sakit, pasir kucing kurang banyak, stres, perubahan lingkungan, atau perubahan pola makan.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    drh. Hevin Vinandra Louqen

    Kesehatan · None


    Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 19/01/2024

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan