backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

5 Fakta Unik Kucing Odd Eye yang Punya Mata Beda Warna

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

5 Fakta Unik Kucing Odd Eye yang Punya Mata Beda Warna

Pernahkah Anda melihat kucing yang memiliki mata dengan warna yang berbeda antara kanan dan kirinya? Kondisi ini biasanya disebut dengan istilah kucing odd eye

Kucing dengan mata beda warna ini biasanya memiliki mata yang memukau dan unik, sehingga menarik minat para pecinta hewan. Namun, mengapa kondisi ini bisa terjadi? Yuk simak fakta unik seputar kucing odd eye melalui ulasan di bawah ini.

Apa itu kucing odd eye

Kucing odd eye adalah kondisi di mana kucing memiliki mata dengan warna yang berbeda. Secara khusus, fenomena ini terjadi ketika salah satu mata kucing memiliki warna biru, sedangkan mata yang lainnya memiliki warna hijau atau kuning. 

Mengapa bisa begitu? Pada dasarnya, semua anak kucing akan dilahirkan dengan mata berwarna biru karena kekurangan pigmen pada irisnya. 

Namun, dalam beberapa minggu atau bulan pertama kehidupannya, pigmen yang disebut melanin tersebut mulai tersebar ke seluruh iris yang akhirnya mengakibatkan perubahan warna mata. 

Perubahan warna ini normalnya akan terjadi pada kedua mata. Namun, bila seorang kucing mengalami heterochromia, maka melanin tersebut hanya akan tersebar pada satu mata dan mengakibatkan mata yang lainnya berwarna biru. 

Belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan kondisi ini. Namun, melansir Cats Protection, kucing mata beda warna bisa disebabkan oleh sebuah mutasi genetik yang memengaruhi pigmen pada mata. 

Kondisi ini termasuk fenomena langka yang dapat terjadi pada semua jenis kucing.

Namun, beberapa ras kucing memiliki kecenderungan genetik tertentu yang membuat mereka lebih mungkin mengalami heterochromia, seperti kucing Siam, Turkish Angora, dan British Shorthair.  

Tahukah Anda?

Ada dua jenis heterochromia pada kucing, yaitu berikut ini.
  • Heterochromia lengkap (heterochromia irides). Ketika kucing memiliki dua warna mata yang berbeda, misalnya satu mata biru dan satu mata hijau. 
  • Heterochromia parsial (heterochromia iridum). Pada satu mata memiliki lebih dari satu warna, misalnya bercak oranye dan biru.

Berbagai fakta unik kucing odd eye

Kucing mata beda warna ini tampak menarik untuk dipelihara.

Namun sebelum Anda memutuskan untuk memelihara jenis kucing ini, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu fakta uniknya berikut ini.

1. Lebih sering terjadi pada kucing putih 

Melansir laman Cats, kucing odd eye atau heterochromia lebih sering terjadi pada kucing putih. Ini artinya kondisi ini sangat jarang terjadi pada kucing berwarna hitam atau cokelat. 

Hal ini karena kucing berwarna putih sering kali memiliki genetik yang berbeda-beda dibandingkan dengan kucing berwarna lainnya.

Kucing putih juga punya kecenderungan genetik yang membuat mereka lebih mungkin mengalami heterochromia. 

2. Kucing yang langka

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kucing beda warna mata, seperti mata biru kuning, adalah kondisi genetik yang langka. 

Ini disebabkan oleh mutasi genetik yang jarang terjadi yang memengaruhi persebaran pigmen pada iris mata kucing.

Sebagai hasilnya, kucing odd eye memiliki satu mata dengan warna yang berbeda dengan mata yang lainnya, sehingga menciptakan penampilan yang unik dan menarik. 

3. Sering dianggap mengalami gangguan penglihatan 

Kucing odd eye tidak selalu buta. Kemampuan penglihatan mereka tergantung pada kondisi individu dari mata mereka.

Jika mata kucing tersebut sehat dan tidak terpengaruh oleh masalah kesehatan atau penyakit, mereka dapat memiliki penglihatan normal atau hampir normal. 

Namun, dalam beberapa kasus, kucing odd eye mungkin mengalami masalah penglihatan, terutama jika ada kelainan pada mata yang terkait dengan kondisi genetik atau penyakit pada kucing

4. Sering dianggap mengalami gangguan pendengaran 

Ada mitos yang mengatakan bahwa kucing mata beda warna dilahirkan dengan gangguan pendengaran.

Faktanya, sekitar dua pertiga kucing mata biru kuning atau memiliki warna berbeda memiliki pendengaran yang normal. 

Hal ini karena pendengaran ini dipengaruhi oleh faktor genetik dan kesehatan yang berkaitan dengan struktur telinga dan sistem pendengaran mereka.

5. Harganya mahal 

Mengingat ini adalah salah satu jenis kucing yang langka, odd eye sering kali memiliki harga yang lebih tinggi daripada kucing dengan ciri-ciri biasa. 

Beberapa pecinta hewan mungkin bersedia membayar harga yang lebih tinggi untuk memiliki kucing dengan mata yang langka dan menarik seperti itu.

Namun, harga kucing ini pun masih bergantung pada beberapa faktor lain, seperti ras, kualitas genetik, dan penampilan fisik. 

Itulah beberapa fakta menarik seputar kucing odd eye. Apakah Anda tertarik untuk memelihara dan merawat kucing satu ini? 

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

drh. Hevin Vinandra Louqen

Kesehatan · None


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan