backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Efek Catnip pada Kucing, Buat Anabul Mabuk Kepayang

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 24/11/2023

Efek Catnip pada Kucing, Buat Anabul Mabuk Kepayang

Kucing sangat menyukai tanaman catnip. Ketika diberikan catnip, ia akan kegirangan, langsung menggigiti daun dan batangnya, berguling sambil menggosok-gosokan tubuhnya pada tanaman ini. Namun, masih sedikit orang yang mengetahui kegunaan dan efek tanaman ini pada kesehatan kucing. Oleh karena itu, ketahui informasi lebih lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Efek catnip pada kucing

Catnip merupakan tumbuhan Nepeta cataria yang termasuk dalam keluarga mint. Tanaman yang memiliki nama lain catmint atau catswort ini memiliki batang yang kuat serta daun berbentuk hati. 

Catnip mengandung zat kimia yang disebut nepetalactone yang akan terlepas ketika kucing mengunyah catnip atau menggosokkan tubuhnya pada tanaman ini.

Saat kucing menghirup nepetalactone, reseptor feromon pun aktif dalam otak kucing sehingga menimbulkan efek bahagia, melayang, bahkan birahi.

Kucing terlihat bertingkah konyol ketika diberikan catnip. Ia bersemangat menjilati dan menggigiti tanaman ini, bahkan sampai menggosok-gosokkan tubuhnya sambil mendengkur karena merasa nyaman. 

Peneliti juga menduga bahwa nepetalactone dapat meningkatkan insting predator kucing secara berlebihan sehingga ia menunjukkan reaksi tersebut.

Namun, tidak semua kucing bereaksi serupa terhadap catnip. Anak kucing dan kucing remaja mungkin tidak menunjukkan reaksi yang sama pada tanaman ini sampai mereka berusia dewasa. Ini diduga karena organ vomeronasal yang berperan sebagai pengenal aroma pada tubuh kucing belum berkembang secara sempurna.

Apakah catnip boleh diberikan pada kucing?

Tanaman ini boleh diberikan pada kucing. Tanaman ini aman bila dihirup, dijilati, atau digigiti oleh kucing. Bahkan, beberapa mainan anabul mengandung tanaman ini sehingga menarik perhatian kucing peliharaan. 

Sampai saat ini, belum ada kasus efek samping penggunaan catnip pada kucing.

Manfaat catnip untuk kucing

asma pada kucing

Perlu diingat bahwa tidak semua kucing menunjukkan reaksi pada catnip. Penelitian dalam jurnal Behavioural Processes juga mengatakan bahwa setiap kucing menunjukkan sikap yang berbeda saat menghirup tanaman ini. 

Bagi kucing yang memiliki reaksi pada tanaman ini, berikut beberapa manfaat yang bisa anabul rasakan.

1. Stimulasi mental

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, tanaman ini mengandung nepetalactone yang dapat memberikan stimulasi mental sehingga kucing bisa terlihat bahagia dan aktif.

Ada yang mengatakan bahwa kelincahan yang dialami kucing mirip dengan tanda-tanda birahi kucing.

2. Stress relief

Manfaat catnip selanjutnya yaitu dapat membantu mengurangi kecemasan dan menghilangkan rasa sakit.

Beberapa kucing merespons tanaman ini dengan perasaan nyaman dan relaks. Oleh karena itu, tanaman ini dapat dimanfaatkan untuk menangani kucing stres.

3. Meningkatkan aktivitas fisik

Fungsi catnip untuk kucing selanjutnya yaitu dapat meningkatkan aktivitas fisik. Kucing yang merespons positif terhadap tanaman ini cenderung lebih aktif secara fisik. Ini dapat membantu kucing menjaga kesehatan mereka.

4. Meningkatkan ikatan dengan pemilik kucing

Memberikan tanaman ini pada kucing dapat menjadi pengalaman positif, dan bisa digunakan sebagai cara untuk memperkuat ikatan antara kucing dan pemiliknya.

Bermain bersama kucing peliharaan dengan mainan yang diberi tanaman ini dapat menciptakan momen kebersamaan yang menyenangkan.

5. Mengatasi kebosanan

Tanaman ini dapat menjadi hiburan untuk kucing yang tinggal di dalam ruangan dan sering ditinggal sendirian.

Memberikan mainan yang berisi catnip atau menaburkan pada tempat tidur atau ruang bermain kucing dapat membantu anabul bermain sendiri tanpa harus ditemani pemiliknya. 

Berapa lama efek catnip pada kucing?

Efek catnip biasanya bersifat jangka pendek, berlangsung sekitar 10 – 15 menit. Perlu waktu 30 menit bagi kucing untuk terpengaruh lagi tanpa menciumnya sama sekali.

Cara menggunakan dan dosis pemakaian catnip

Perlu diketahui bahwa catnip kucing tersedia dalam berbagai bentuk, seperti:

  • catnip segar,
  • tanaman catnip kering,
  • semprotan, dan
  • mainan diisi dengan catnip kering.
  • Tanaman ini bisa diberikan langsung kepada anabul sampai ia bosan bermain. Anda juga bisa menaburkan catnip kering pada tempat tidur, tiang garukan, atau mainan kucing.

    Sementara itu, belum ada penelitian tentang dosis aman catnip yang diberikan pada kucing. Anda dapat memberikannya jika dirasa membutuhkannya. Jika Anda membeli produk tanaman ini dalam kemasan, Anda dapat membaca aturan pakainya dalam kemasan.

    Sejauh ini, tidak ada kasus kucing overdosis pada tanaman ini. Namun, beberapa kucing juga dapat bereaksi negatif terhadap tanaman ini. Beberapa efek sampingnya yaitu kucing muntah, diare, hingga agresif dan menyerang pemilik atau kucing lain di rumah.

    Oleh karena itu, ketahui terlebih dulu apakah kucing peliharaan Anda bereaksi positif atau negatif terhadap tanaman ini. Jika Anda masih ragu untuk memberikannya, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter hewan sebelum diberikan pada anabul.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    drh. Hevin Vinandra Louqen

    Kesehatan · None


    Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 24/11/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan