backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

3

Tanya Dokter
Simpan

Ragam Tips Jitu Membuat Tulisan Tangan Lebih Bagus dan Rapi

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Klinik Chika Medika


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 17/04/2023

    Ragam Tips Jitu Membuat Tulisan Tangan Lebih Bagus dan Rapi

    Kapan terakhir kali Anda menulis tangan? Terlalu lama tidak menulis tangan bisa membuat tulisan Anda tampak kurang rapi. Nah, untuk memperbaikinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tulisan Anda bagus kembali.

    Ragam cara agar tulisan lebih bagus dan rapi

    Pada era digital seperti saat ini, kemampuan untuk menulis tangan mulai terpinggirkan dengan mengetik pada perangkat elektronik, seperti ponsel pintar dan laptop.

    Namun, dalam beberapa kesempatan, kemampuan menulis tangan akan Anda butuhkan, misalnya saat hendak membuat kartu ucapan untuk orangtua, pasangan, atau teman dekat.

    Apabila Anda merasa tulisan tangan saat ini kurang sedap dipandang, berikut adalah beberapa cara membiasakan diri untuk menulis yang bagus dan rapi.

    1. Perbaiki postur tubuh saat menulis

    cara memegang pulpen agar tulisan bagus dan rapi

    Salah satu hal penting dalam menulis yang bagus yakni memperhatikan postur tubuh. Postur tubuh yang baik akan membantu Anda mengontrol gerakan tangan saat menulis.

    Hal ini tentu akan membuat tulisan tangan Anda menjadi lebih teratur dan tampak lebih rapi.

    Anda sebaiknya menulis di meja sambil duduk di atas kursi yang ergonomis. Menurut Cleveland Clinic, berikut ini langkah-langkah untuk memperbaiki posisi duduk yang baik.

    1. Duduk pada kursi dengan posisi punggung lurus dan bahu agak ke belakang. Pastikan bokong Anda telah menyentuh bagian belakang kursi.
    2. Dorong punggung bawah sedikit ke depan hingga tulang belakang terasa melengkung untuk memastikan bahwa Anda telah duduk tegak.
    3. Tekuk lutut Anda sambil menjaganya supaya sejajar atau sedikit lebih tinggi daripada pinggul. Sesuaikan ketinggian kursi bila perlu.
    4. Jangan menyilangkan kaki dan jaga telapak kaki tetap rata dengan permukaan lantai.
    5. Pastikan siku membentuk sudut 90 derajat dan rilekskan lengan Anda pada bagian samping tubuh.

    Untuk menjaga lekukan punggung, Anda bisa menambahkan handuk atau bantal kecil di antara punggung bawah dan kursi. Hal ini membantu mempertahankan posisi duduk yang baik.

    2. Pilih pena yang nyaman digenggam

    Pilih pena yang terasa nyaman saat digenggam atau digerakkan selama menulis. Hindari pena yang terlalu berat atau terlalu ringan karena bisa mengganggu teknik tulisan.

    Penting juga untuk mengetahui jenis-jenis pena. Ada ballpoint pen (bolpoin) untuk menulis catatan, gel pen untuk menulis kartu ucapan, hingga fountain pen untuk menulis sertifikat.

    Selain itu, pulpen untuk menulis juga tersedia dalam berbagai ketebalan, seperti extra fine, fine, medium, hingga bold, yang diukur dalam satuan milimeter (mm).

    Tiap jenis dan ukuran pulpen memiliki tujuan penggunaan yang berbeda. Penting untuk memilih pulpen yang tepat agar tulisan Anda terlihat bagus, rapi, dan mudah dibaca.

    Gunakan pensil terlebih dahulu

    Jika Anda khawatir melakukan banyak kesalahan, ada baiknya pertimbangkan memakai pensil terlebih dahulu. Tulisan dengan pensil bisa dihapus dengan mudah sehingga Anda tidak perlu terlalu banyak membuang kertas karena terlalu banyak coretan atau koreksi.

    3. Gunakan kertas dengan garis bantu

    Untuk berlatih menulis bagus, Anda membutuhkan kertas tulis atau HVS (Hout Vrij Schrift) yang tidak terlalu licin dan mudah menyerap tinta pena.

    Gunakan juga kertas bergaris untuk membantu Anda membuat tulisan yang lebih rapi. Pastikan garis yang digunakan tidak terlalu rapat sehingga tulisan Anda menjadi lebih mudah dibaca.

    Sementara bagi Anda yang ingin belajar cara menulis sambung yang bagus, pakailah buku tulis halus dengan garis khusus untuk membedakan huruf kapital dan huruf kecil.

    4. Jangan menekan pena terlalu keras

    menulis tangan

    Jangan menekan pena terlalu keras ketika menulis. Kebiasaan ini dapat membuat tangan Anda cepat lelah dan membuat tulisan menjadi tidak teratur.

    Coba untuk mulai menulis dengan lembut dan perlahan untuk memperbaiki teknik tulisan Anda.

    Beberapa orang menulis tangan dengan cepat untuk mengikuti kecepatan mengetik dengan ponsel atau laptop. Sebaiknya, hindari cara menulis seperti ini.

    Tulisan tangan cepat terkadang dibutuhkan saat ujian atau membuat notula rapat. Akan tetapi, selalu pastikan tulisan tersebut masih bisa dibaca dan dipahami oleh orang lain.

    5. Periksa kembali tulisan tangan Anda

    Cobalah ambil pena dan secarik kertas, kemudian tulislah alfabet dalam huruf kapital dan kecil.

    Fokuskan perhatian Anda pada alfabet yang bermasalah, seperti penulisan huruf “Q” yang bisa saja mirip seperti “O”. Begitu pula dengan kesalahan lain yang perlu diperbaiki.

    Periksa kembali tulisan tangan yang Anda buat sebelumnya. Selanjutnya, lihatlah apakah ada kesalahan penggunaan spasi atau tanda baca yang bisa membuat tulisan susah dipahami.

    Dengan makin sering Anda memeriksa tulisan tangan sendiri, tulisan berikutnya akan tampak jauh lebih rapi dan memuaskan.

    6. Praktikkan terus-menerus

    Mempraktikkan teknik yang benar secara terus-menerus alias konsisten tentu menjadi langkah yang tidak boleh terlewatkan agar tulisan tangan Anda bagus dan terlihat rapi.

    Luangkan waktu setidaknya 15–30 menit setiap hari untuk meningkatkan kemampuan menulis Anda. Ambillah waktu senggang di antara istirahat atau setelah selesai beraktivitas.

    Dengan waktu tersebut, Anda mungkin dapat menulis sebanyak satu atau dua halaman. Anda pun tidak perlu melakukannya secara terburu-buru.

    Lakukanlah perlahan sambil memperhatikan cara menulis yang baik agar tulisan Anda lebih bagus dan teratur.

    7. Biasakan dengan menulis jurnal

    Apabila Anda bingung mengenai topik tulisan yang akan ditulis pada hari itu, tidak ada salahnya untuk memulai kebiasaan journaling atau menulis buku harian.

    Tulislah mengenai hal apa saja yang telah Anda lakukan pada hari itu. Lampiaskan juga semua emosi yang sedang Anda rasakan dengan menulis jurnal.

    Menulis jurnal telah terbukti bermanfaat untuk kesehatan mental, mulai dari mengurangi stres, mengatasi depresi, hingga mengelola kecemasan yang Anda alami.

    Bahkan studi yang diterbitkan dalam Journal of Medical Internet Research (2018) menunjukkan menulis jurnal membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan pada pasien dengan kondisi medis tertentu.

    Kesimpulan

    • Kemampuan menulis tangan mulai terpinggirkan sejak kehadiran perangkat elektronik, seperti ponsel pintar dan laptop.
    • Namun, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki tulisan tangan agar tampak lebih bagus dan rapi.
    • Beragam cara menulis yang bagus di atas perlu Anda praktikkan secara konsisten, misalnya dengan menulis jurnal selama 15–30 menit setiap harinya.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

    General Practitioner · Klinik Chika Medika


    Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 17/04/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan