Menguak 7 Fakta Unik Bersin yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 31 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bersin sebenarnya bertujuan mengeluarkan benda asing yang bersarang di dalam saluran pernapasan. Meski begitu, gaya bersin masing-masing orang tidak selalu sama, ada yang bisa bersin dengan tenang, sementara yang lainnya bersin dengan mengeluarkan suara yang unik. Selain itu, ternyata masih banyak fakta bersin lainnya yang unik dan menarik untuk Anda ketahui. Apa saja, ya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Beragam fakta bersin unik dan menarik yang mungkin belum Anda sadari

1. Bersin itu refleks

mengatasi bersin

Hidung gatal, alergi, atau bau makanan yang menyengat adalah beberapa hal yang menyebabkan Anda bersin. Namun pada dasarnya, bersin dipicu oleh hal yang sama, yakni refleks tubuh. Ya, alasan utama Anda bisa bersin karena tubuh bereaksi terhadap berbagai hal penyebab bersin.

Ketika debu, serbuk sari, atau bulu binatang masuk ke dalam hidung, maka otak menerima sinyal untuk menyingkirikan “benda asing” ini. Kemudian tubuh akan bereaksi dengan menarik napas panjang dan menahannya sehingga menyebabkan otot-otot di dada mengencang .

Tekanan ini secara tidak sadar akan membuat lidah Anda menempel ke bagian atas mulut, lalu udara pun keluar dengan cepat dari hidung bersamaan dengan Anda melepaskan napas. Akhirnya, inilah yang mengakibatkan Anda bersin.

2. Jantung tidak berhenti berdetak saat sedang bersin

penyakit jantung boleh puasa

Mungkin Anda pernah mendengar segelintir orang yang bilang kalau saat bersin, maka jantung akan berhenti berdetak. Padahal sebenarnya, ritme serta denyut jantung hanya akan melambat secara alami akibat bersin.

Hal ini terjadi karena tarikan napas dalam yang dilakukan sebelum bersin, membuat tekanan saraf dan otot di dada berubah. Itu sebabnya, aliran darah akan ikut berubah yang kemudian memengaruhi ritme dan denyut jantung.

3. Bersin untuk “mengatur ulang” rongga hidung

hidung tumbuh

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti dari University of Pennsylvania, menyimpulkan bahwa bersin dilakukan saat rongga hidung disetel ulang

Pasalnya, bersin mampu mengatur ulang lingkungan yang ada di dalam saluran hidung sehingga partikel-partikel asing yang dihirup melalui hidung akan terperangkap dan kemudian keluar melalui bersin.

4. Mata secara otomatis tertutup saat bersin

batuk saat flu

Nampaknya hampir setiap orang pasti menutup matanya saat bersin. Bahkan ada yang mengatakan kalau mata terbuka saat bersin, maka mata bisa saja keluar. Hal ini tentu saja tidak benar.

Sudah secara alamiah mata akan menutup tanpa disengaja ketika bersin, dan sulit bila ingin dipaksakan terbuka. Mengapa? Karena ketika otak menerima sinyal untuk bersin, maka mata juga akan menangkap sinyal untuk segera menutup.

Itu sebabnya, sekeras apapun usaha Anda untuk tidak menutup mata, akhirnya mata tetap akan tertutup juga.

5. Bersin tidak akan terjadi saat tidur

tidur yang cukup cegah Alzheimer

Coba Anda ingat-ingat kembali, pernahkah Anda bersin ketika sedang tidur? Ya, bersin memang tidak pernah terjadi saat tidur. Pasalnya, ketika seseorang tertidur maka seluruh saraf dalam tubuh akan ikut beristirahat. Itu artinya, saraf yang memicu timbulnya bersin pun tidak akan bekerja selama Anda tertidur.

6. Partikel cipratan bersin bisa berpindah dalam jarak yang jauh

berapa lama gejala flu bisa menular

Jangan remehkan seseorang yang bersin, meskipun berada dalam jarak yang cukup jauh dengan Anda. Sebab partikel cipratan bersin yang dikeluarkan bisa “terbang” hingga lima langkah kaki bahkan lebih.

Menurut Dr. Marjorie L. Slankard, MD, seorang dokter sekaligus direktur alergi klinik di Columbia New York Presbyterian Medical Center, ini disebabkan oleh reaksi bersin yang cukup kuat serta ukuran partikel cipratan yang cukup kecil, sehingga bisa menempuh jarak yang cukup jauh.

Maka itu, penting untuk menutup hidung dan mulut Anda ketika hendak bersin agar mencegah penyebaran virus.

7. Sering bersin beberapa kali berturut-turut? Ini alasannya

Salah satu fakta bersin yang mungkin sering Anda temui yakni bersin bisa terjadi lebih dari sekali dalam satu waktu, bahkan hingga tiga atau empat kali. Bagaimana bisa? Hal ini sebenarnya berkaitan dengan apa yang menjadi pemicu munculnya bersin.

Bersin adalah respon tubuh yang bertujuan mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam hidung, maka mungkin diperlukan beberapa kali supaya rongga hidung bisa bersih dari benda asing yang menempel.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab Kumis dan Jenggot Tidak Tumbuh pada Sebagian Pria

Tak semua pria itu sama. Ada yang brewokan dan kumisan, tapi ada juga yang tidak tumbuh jenggot dan kumis di wajahnya. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Obat Kumur Bisa Mengobati Sariawan?

Banyak orang menggunakan obat kumur sebagai pengganti obat sariawan. Apa saja kandungan dalam obat kumur? Benarkah bisa mengobati sariawan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Mengenal Jenis-Jenis Yoga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang diminati banyak orang. Tapi, apakah Anda tahu apa saja manfaat yoga untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fitriana Deswika
Latihan Kelenturan, Kebugaran 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Bahaya Mie Instan Jika Terlalu Sering Dikonsumsi

Mie instan mungkin makanan favorit masyarakat Indonesia, terutama anak kos di akhir bulan. Namun, tahukah Anda bahaya makan mie instan?

Ditinjau oleh: Hello Sehat Medical Review Team
Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Fakta Gizi, Nutrisi 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bahaya pakai earphone saat tidur

Waspada Bahaya Infeksi Telinga Akibat Pakai Earphone Saat Tidur

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Thendy Foraldy
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
Apa Fungsi Obat Methylprednisolone

Obat Penambah Tinggi Badan, Apakah Benar Bisa Membuat Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
luka gatal mau sembuh

Kenapa Biasanya Luka Terasa Gatal Kalau Mau Sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
wanita berbulu lebat nafsu tinggi seks

Benarkah Wanita Berbulu Lebat Nafsu Seksnya Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit