backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

Saat Sakit Kepala Apakah Boleh Keramas? Begini Jawabannya

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 09/01/2024

Saat Sakit Kepala Apakah Boleh Keramas? Begini Jawabannya

Banyak orang yang percaya bahwa saat seseorang sedang sakit kepala atau pusing ia tidak boleh keramas. Katanya, keramas justru dapat membuat sakit kepala yang dialami semakin memburuk.

Namun, apakah hal ini benar atau justru hanya mitos belaka? Mari cari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah ini. 

Apakah boleh keramas saat sakit kepala? 

kesalahan saat keramas

Jawaban singkatnya sebenarnya boleh saja. Keramas dan mandi bukan termasuk hal yang perlu dihindari saat sakit kepala. Pasalnya, keramas pun tidak menjadi pemicu sakit kepala atau bahkan membuat sakit kepala semakin memburuk. 

Ini artinya, keramas saat sakit kepala menjadi hal yang tidak dilarang atau boleh saja dilakukan. Jadi, bagi Anda yang sedang pusing dan merasa ingin keramas karena sudah timbul rasa tidak nyaman, maka sah-sah saja untuk dilakukan. 

Namun, bila Anda ingin keramas saat sakit kepala, ada baiknya untuk menggunakan air hangat. Sebab, mandi dan keramas menggunakan air hangat sebenarnya dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan memberikan rasa nyaman. 

Hal ini pun didukung dengan pernyataan dari Mayo Clinic. Menurutnya, mandi menggunakan air hangat dapat meredakan otot yang tegang. Cara ini memiliki efek yang serupa dengan memberikan kompres hangat pada kepala, sehingga mengurangi rasa sakit. 

Akan tetapi, untuk mendapatkan manfaat tersebut, sebaiknya gunakan air hangat, jangan terlalu panas atau terlalu dingin agar tidak memperburuk kondisi. 

Bila sakit kepala yang Anda alami cukup parah, sebaiknya beristirahat terlebih dahulu sampai keadaan jauh lebih baik. 

Selain air hangat, Anda pun sebaiknya menggunakan sampo yang memiliki wangi tidak menyengat. Apalagi bila Anda memiliki indra penciuman yang sangat peka. 

Ini karena wangi yang terlalu kuat dari sampo dapat mengganggu saraf yang mengatur rasa sakit di otak, sehingga akhirnya muncul rasa nyeri yang lebih parah di kepala Anda.

Adakah manfaat keramas dengan air hangat? 

mitos keramas dan sampo

Anda mungkin bertanya, jika keramas saat pusing atau nyeri kepala boleh dilakukan, lalu apakah ini artinya keramas bisa menghilangkan sakit kepala?

Jawabannya bisa selama Anda keramas menggunakan air hangat. Justru bila menggunakan air dingin, keramas malah bikin sakit kepala semakin parah.

Lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa manfaat penggunaan air hangat saat keramas yang dapat Anda peroleh. 

1. Mengurangi ketegangan otot 

Sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa mandi dan keramas menggunakan air hangat dapat mengurangi ketegangan otot di area kepala, leher, dan bahu.

Ini tentunya bisa bermanfaat bila sakit kepala disebabkan oleh ketegangan otot. 

2. Meningkatkan peredaran darah 

Keramas menggunakan air hangat juga dapat membantu melancarkan peredaran darah di kulit kepala.

Hal ini bisa membantu menyuplai nutrisi ke akar rambut dan menjaga kesehatan rambut. 

3. Membuka pori-pori kulit kepala  

Air hangat dapat membuka pori-pori kulit kepala, sehingga dapat membantu membersihkan kotoran dan minyak yang menumpuk.

Dengan begitu, kesehatan rambut pun dapat terjaga secara menyeluruh dan tetap lembut. 

4. Relaksasi dan penghilang stres 

Keramas saat sakit kepala menggunakan air hangat juga dipercaya memberikan efek relaksasi dan membantu meredakan stres.

Hal ini tentunya bisa membantu mengurangi sakit kepala yang dipicu akibat stres. 

5. Tidur menjadi lebih nyenyak 

Manfaat mandi dan keramas dengan air hangat juga dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak. 

Hal ini didukung dengan penelitian yang diterbitkan oleh Sleep Medicine Reviews pada tahun 2019. Dari hasil penelitian tersebut, mandi air hangat sebelum tidur dapat membantu Anda tertidur lebih nyenyak

Meskipun ada manfaat dari keramas dengan air hangat, penting untuk diingat bahwa suhu air yang terlalu panas dapat menghilangkan minyak alami dari kulit kepala dan rambut. Hal ini tentu dapat menyebabkan kulit kepala kering. 

Oleh karena itu, jika Anda memilih keramas saat sedang pusing, sebaiknya gunakan air hangat yang suhunya nyaman untuk kulit Anda. 

Tidak hanya itu, pilih juga produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambut dan kebutuhan Anda. Dengan begitu, kesehatan rambut pun akan tetap terjaga. 

Kesimpulan

Jadi, dapat disimpulkan bahwa keramas saat sakit kepala aman dilakukan selama rasa sakitnya masih tergolong ringan. Selain itu, sebaiknya gunakan juga air hangat agar dapat membantu memberikan sensasi rileks pada otot kepala yang tegang. 

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 09/01/2024

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan