Hati-hati! Stres dan Cemas Berlebihan Bisa Bikin Tekanan Darah Tinggi

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Anda mungkin pernah mendengar nasihat orangtua yang bilang bahwa stres adalah penyebab hipertensi. Sementara banyak yang juga mengklaim bahwa emosi negatif, seperti marah dan tertekan, adalah tanda orang tersebut memiliki darah tinggi. Lalu, apa kata dunia medis soal wejangan turun-temurun ini?

Benarkah stres dan cemas adalah penyebab hipertensi?

Stres membuat otak melepaskan hormon stres seperti adrenalin, kortisol, dan norepinefrin yang menyebabkan peningkatan denyut jantung dan pelebaran diameter pembuluh darah. Akibatnya, tekanan darah meningkat hingga 30-40% — walaupun cuma sementara. 

Peningkatan tensi ini tidak akan berlangsung lama, karena detak jantung, diameter pembuluh darah, dan tekanan darah akan kembali normal setelah hormon stres tersebut menghilang. Orang yang gangguan kecemasan parah pun belum tentu juga mengalami hipertensi kronis akibat kecemasan yang dimilikinya.

Cemas tidak selalu berdampak pada risiko hipertensi

Cemas bukanlah penyebab hipertensi jangka panjang. Meski begitu, melonjaknya tekanan darah tinggi secara tiba-tiba walau hanya berlangsung sebentar tetap sama membahayakannya dengan tekanan darah tinggi kronis. Kerusakan yang terjadi pada pembuluh darah, jantung, dan ginjal juga bisa terjadi pada situasi yang berbeda ini.

Jika Anda sering merasa cemas atau stres, misalnya setiap hari, hal ini lama-lama dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah, jantung, dan ginjal, yang dapat memicu tekanan darah tinggi kronis di kemudian hari.

Selain itu, ketika Anda memiliki kecemasan, kemungkinan Anda akan melakukan kebiasaan tidak sehat lainnya yang dapat meningkatkan tekanan darah Anda, seperti merokok, minum miras, dan makan dengan porsi berlebihan yang kesemuanya dapat berkontribusi dalam peningkatan tekanan darah.

Beberapa obat untuk mengobati kecemasan dan kondisi kesehatan mental lain, seperti obat antidepresan SNRI juga dapat meningkatkan tekanan darah Anda.

Ubah gaya hidup dan lakukan perawatan untuk cegah hipertensi

Untuk mencegah hipertensi sementara menjadi kronis, Anda harus sebisa mungkin mengendalikam stres dan kecemasan Anda. Lakukanlah hal-hal sederhana yang bisa membuat Anda rileks, seperti bermeditasi, mendengarkan musik, atau berolahraga untuk melepas penat harian. 

Tidak lupa juga, bahwa hipertensi bisa di atasi gejala dan risikonya dengan memulai hidup sehat. Hindari merokok, minum minuman beralkohol dan makan makanan yang sehat.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca