Kiat Mengatasi Mata Kering, Baik di Musim Kemarau dan Musim Hujan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Pasti sangat tidak nyaman memiliki mata yang kering. Anda akan mengalami mata kering saat produksi air mata terlalu sedikit atau kualitasnya buruk. Jika tidak ditangani, kondisi ini bisa menyebabkan infeksi dan kerusakan pada mata. Untuk itu, Anda perlu mencari tahu berbagai cara mengatasi mata kering pada setiap musim.

Perbedaan mata kering dengan alergi

Alergi musiman dapat menyebabkan berbagai gejala yang mirip dengan gejala mata kering kronis. Untuk itu, Anda perlu tahu cara membedakan kapan mata Anda benar-benar dalam kondisi kering dan kapan Anda sebenarnya mengalami gejala alergi. Dengan begitu, Anda bisa menentukan cara mengatasi mata kering yang sesuai dengan kondisi Anda sendiri.

Mata kering

vitamin untuk mata kering

Seperti telah disebutkan di awal, mata kering terjadi saat mata tidak menghasilkan cukup air mata atau menghasilkan air mata yang berkualitas buruk. Kondisi ini bisa terjadi dalam situasi tertentu seperti di pesawat terbang, ruangan ber-AC, saat mengendarai sepeda, dan setelah menatap layar komputer selama beberapa jam.

Inilah berbagai gejala yang muncul saat Anda mengalami mata kering.

  • Sensasi menyengat, perih, terbakar, atau gatal di mata.
  • Jadi gampang silau.
  • Mata merah.
  • Terasa seperti ada yang mengganjal di mata sehingga membuat tidak nyaman.
  • Mengalami kesulitan memakai lensa kontak.
  • Mata berair, sebagai respon tubuh terhadap iritasi mata kering.
  • Penglihatan kabur dan mata terasa lelah.

Alergi

alergi konjungtivitis mata merah

Alergi bisa terjadi pada mata dan gejalanya mirip dengan mata kering. Namun, yang membedakan ialah adanya rasa gatal disertai dengan sensasi terbakar di mata. Selain itu, saat alergi mata juga akan berair dan merah. Umumnya, alergi disebabkan oleh berbagai hal seperti:

  • Efek samping obat-obatan
  • Terapi hormon untuk wanita
  • Operasi LASIK
  • Menggunakan lensa kontak dalam jangka panjang
  • Efek samping penyakit yang menyaring sistem kekebalan seperti lupus dan rematik
  • Infeksi kelopak mata (blefaritis)
  • Tidak sepenuhnya berkedip setelah operasi kelopak mata

Cara mengatasi mata kering sesuai musim

mengobati mata kering, mengatasi mata kering pengobatan mata kering

Baik musim kemarau maupun musim hujan, sama-sama bisa mengakibatkan mata kering. Berikut berbagai cara mengatasi mata kering sesuai dengan musim terjadinya.

Musim kemarau

Dikutip dari Healthline, musim kemarau atau musim panas menjadi masa-masa terbaik untuk mata Anda. Pasalnya, peneliti melihat fakta bahwa di musim panas angka kejadian dan risiko mata kering berkurang. Kemungkinan besar hal ini terjadi karena udara yang lebih hangat sehingga membantu menjaga mata tetap lembap. Untuk mengatasi mata kering di musim kemarau, Anda hanya memerlukan perawatan rumahan seperti:

1. Meneteskan air mata buatan

Anda bisa membeli air mata buatan yang dijual bebas di apotek. Gunakan setiap mata terasa kering atau 3-4 jam sekali. Namun, pastikan untuk memilih produk yang bebas pengawet agar aman digunakan dalam jangka waktu yang cukup sering.

2. Makan asam lemak omega-3

Anda bisa mengatasi gejala mata kering ringan dengan mengonsumsi makanan dengan asam lemak omega-3. Contohnya yaitu salmon, sarden, teri, dan lele. Konsumsilah secara teratur setiap hari untuk mendapatkan manfaat maksimalnya.

3. Mengompres mata

Anda bisa melembapkan mata kering dengan menaruh kompres hangat di mata. Hal ini dilakukan untuk melepaskan minyak di kelenjar kelopak mata Anda dan membantu meningkatkan kualitas air mata Anda. Selain itu, bersihkan kelopak mata Anda dengan waslap bersih dan air hangat.

Musim hujan

Dibandingkan dengan musim kemarau, musim hujan lebih memungkinkan Anda mengalami berbagai masalah mata, termasuk mata kering. Air hujan dan cipratan airlah yang biasanya menjadi awal penyebabnya. Berikut berbagai cara mengatasi mata kering di musim hujan.

1. Bersihkan mata secara rutin

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah menjaga kebersihan mata secara rutin. Usahakan untuk mencucinya dengan air dingin 3 sampai 4 kali dalam sehari. Mencucinya dengan air dingin membantu menghilangkan kuman yang bersarang di mata akibat cipratan air hujan.

2. Hindari cipratan air

Meskipun air hujan yang turun dari langit cukup bersih, Anda perlu hati-hati jika air hujan yang jatuh ke mata berasal dari pohon atau genting karena sudah pasti terkontaminasi oleh polutan.

Jika Anda tidak sengaja terkena cipratan air kotor misalnya saat mengendarai motor, segera cuci dengan air biasa yang bersih dan sabun yang lembut kemudian keringkan mata Anda. Selain itu, air hujan yang masuk ke mata juga dapat membuka kelenjar air mata yang membuat mata Anda menjadi kering.

3. Jangan mengucek mata

Mengucek mata dengan tangan kotor sehabis terkena hujan bisa membuat kuman dan kotoran masuk ke dalam mata. Akibatnya selain membuatnya kering, hal ini juga bisa meningkatkan risiko infeksi.

Untuk itu, pastikan Anda telah membersihkan tangan sebelum digunakan untuk mengucek. Atau Anda juga bisa mengedip-ngedipkan mata hingga terasa lebih nyaman. Jika mata terlalu kering, Anda juga bisa meneteskan obat tetes mata yang menenangkan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca