Bisakah Pakai Baby Oil untuk Menghilangkan Kutu Rambut?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 13 Juni 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Rambut kutuan itu menjengkelkan. Selain bikin gatal, kutu juga cenderung sulit dibasmi meski sudah mencuci rambut dengan sampo antikutu. Nah usut punya usut, mengoleskan rambut pakai baby oil ampuh menghilangkan kutu yang membandel. Benarkah?

Bisa pakai baby oil untuk menghilangkan kutu rambut?

Beberapa orang mungkin merasa malu ketika harus beli sampo antikutu di apotek, atau ragu-ragu dengan kandungan kimianya. Maka itu mereka memilih beralih ke rekomendasi bisik tetanggga yang bilang bahwa baby oil bisa dipakai untuk menghilangkan kutu rambut. Terutama untuk membasmi kutu rambut yang dialami anak-anak.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang melaporkan bahwa rutin pakai baby oil efektif untuk membasmi kutu rambut. Ellie Brownstein, seorang dokter spesialis anak di Greenwood Health Center, University of Utah Amerika Serikat juga menyatakan hal serupa. Ia menampik bahwa penggunaan bahan alami ala rumahan efekitf untuk menghilangkan kutu di rambut.

Brownstein menjelaskan satu-satunya cara yang aman dan efektif untuk mengobati kutu di rambut adalah dengan menggunakan sampo antikutu atau obat dari resep dokter.

Meski kutu mati, belum tentu telurnya juga mati

Pengobatan rumahan untuk menghilangkan kutu rambut seperti yang sudah disebutkan di atas sebetulnya hanya membuat kutu lemas atau “pingsan” untuk sementara waktu. Dengan begitu akan lebih mudah bagi Anda untuk membersihkannya dari kulit kepala.

Namun, penting untuk dipahami meski kutunya sudah terlepas dari rambut, telur kutu (nits) belum tentu mati dan sangat mungkin masih menempel di rambut Anda.

Di samping itu, tidak semua orang cocok dengan bahan-bahan tersebut. Bagi orang yang memiliki kulit sensitif, penggunaan bahan-bahan seperti minyak zaitun, mayones, baby oil, dan lain sebagainya mungkin malah menimbulkan reaksi alergi.

Maka dari itu, ketimbang harus coba-coba cara menghilangkan kutu rambut dengan pengobatan ala rumahan, sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Dokter dapat menentukan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Cara menghilangkan kutu rambut yang terbukti ampuh

American Academy of Pediatrics (AAP) melaporkan bahwa cara menghilangkan kutu rambut yang paling efektif adalah dengan pakai obat antikutu. Obat antikutu ini tersedia dalam berbagai macam varian mulai dari krim bilas, sampo, gel, mousse, atau produk rambut lainnya. Anda bisa mendapatkan obat kutu ini dengan atau tanpa resep dokter.

Namun, ingat. Obat kutu hanya boleh digunakan jika rambut Anda terbukti kutuan. Gunakan obat antikutu sesuai petunjuk pemakaian obat yang ada di kemasan atau sesuai dengan yang diresepkan oleh dokter. Penting juga diperhatikan bahwa obat antikutu tidak boleh diberikan pada bayi dan anak-anak di bawah usia dua tahun, kecuali dokter menganjurkan hal tersebut.

Berhubung kutu adalah hewan yang sangat kecil, Anda dapat menggunakan kaca pembesar untuk membantu melihat kutu dengan jelas. Anda juga dapat menggunakan sisir kusut (serit) untuk membuang kutu rambut dari kulit kepala.

Selain itu, kutu dapat menyebar melalui penggunan barang-barang secara bergantian. Pakaian, seprai, sisir, sikat rambut, ikat rambut, topi, bantal, dan selimut adalah media penyebaran kutu yang paling umum. Itu sebabnya, selama menjalani pengobatan, pastikan Anda tidak menggunakan barang-barang tersebut secara bergantian dengan orang lain untuk sementara waktu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Obat Kutu Rambut yang Juga Dapat Menghilangkan Gatal di Kulit Kepala

Jika kutu rambut susah hilang padahal sudah Anda atasi dengan shampo anti-kutu, sebaiknya waspada. Simak daftar obat kutu rambut yang ampuh!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 23 November 2020 . Waktu baca 8 menit

Kutu Rambut

Kutu rambut adalah serangga yang mengisap darah di kulit kepala manusia. Cari tahu gejala, penyebab, serta pengobatan kutu rambut di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 23 November 2020 . Waktu baca 10 menit

Perawatan Rambut Botak, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Merawat rambut botak perlu dilakukan bagi mereka yang botak. Caranya cukup mudah dan Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk perawatannya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 23 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Cara Tepat dan Mudah Merawat Rambut untuk Wanita Berhijab

Berhijab bukan alasan untuk terlepas dari tugas merawat rambut bagi wanita. Bagaimana cara merawat rambut berhijab yang tepat?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 23 November 2020 . Waktu baca 5 menit



Direkomendasikan untuk Anda

penis terjepit

Pertolongan Pertama Saat Penis Terjepit Ritsleting

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
minyak kelapa untuk rambut

Yuk, Pakai Minyak Kelapa untuk Rambut Indah dan Berkilau!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 5 menit
creambath rambut

Serba-serbi Creambath Rambut dan Perbedaannya dengan Hair Spa

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 4 menit
sambung rambut atau hair extension

Serba-serbi Sambung Rambut (Hair Extension) yang Kerap Dilakukan di Salon

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 6 menit