Kira-Kira, Manakah Jenis Facial Wajah yang Cocok untuk Anda?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Anda pasti sering mendengar atau melihat berbagai jenis facial wajah yang ditawarkan oleh klinik-klinik kecantikan. Bagi Anda yang belum pernah dan baru mau mencobanya hal ini tentu cukup membingungkan. Dalam benak, Anda mungkin bertanya-tanya kira-kira manakah jenis facial wajah yang cocok dan sesuai? Namun tak perlu bingung, saya akan mengulas hal tersebut untuk menjawab keraguan Anda.

Mana jenis facial wajah yang cocok untuk Anda?

Cara menghilangkan kumis wanita

Facial banyak dipilih sebagai perawatan rutin karena memiliki berbagai manfaat. Selain membuat kulit lebih bersih dan cerah, facial juga membantu melancarkan peredaran darah di wajah. Selain itu, prosedur kecantikan yang satu ini juga banyak disukai karena cukup membuat rileks terutama saat proses pemijatan wajah.     

Dari sekian banyak jenis facial yang ditawarkan sebenarnya semua memiliki langkah prosedur yang sama. Pada dasarnya secara medis facial adalah rangkaian tindakan untuk membantu proses regenerasi kulit wajah. Tindakan ini meliputi eksfoliasi kulit wajah, pembersihan komedo, dan penggunaan berbagai jenis bahan yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit.

Nah, ketika Anda melihat ada berbagai jenis facial wajah dari mulai gold, whitening, acne, dan lainnya,  perbedaan ini hanya terletak pada serum dan masker yang dioles setelah proses pembersihan komedo dan eksfoliasi. Selebihnya, proses yang dilakukan sama pada tiap orang. Oleh karena itu, Anda hanya tinggal menyesuaikan saja kira-kira solusi perawatan wajah seperti apa yang sedang dibutuhkan saat ini, apakah ingin mencerahkan atau mengenyalkan misalnya.

Semua tipe kulit dari mulai kering, berminyak, kombinasi, sensitif, hingga berjerawat boleh-boleh saja melakukan facial. Namun yang perlu digarisbawahi yaitu harus dilakukan oleh tenaga profesional terlatih. Kalau Anda sembarangan memilih tempat facial jangan heran jika ada banyak efek samping merugikan yang akan dirasakan.

Terlebih pada wajah yang sedang memiliki jerawat aktif, facial bisa wajib dilakukan dengan hati-hati dan higienis. Jika dilakukan sembarangan jerawat justru bisa bertambah parah, menyebabkan bopeng, hingga memperparah peradangan. Tak hanya itu, masalah pun akan muncul pada kulit yang kering dan sensitif jika proses eksfoliasi dilakukan secara berlebihan. Bukannya membuat bersih, wajah Anda justru bisa terluka.

Aturan facial wajah

facial peeling wajah aman tidak untuk kulit

Kulit akan tumbuh secara alami dalam waktu 3 sampai 5 minggu. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan facial 3 sampai 4 minggu sekali. Hal ini bertujuan agar proses pergantian kulit menjadi lebih sempurna dan komedo yang terbentuk pun bisa segera diangkat.

Seperti yang telah disebutkan di awal, yang membedakan tiap jenis facial wajah hanyalah serum dan maskernya saja. Jadi, Anda boleh-boleh saja mencoba berbagai jenis facial wajah yang ditawarkan dan berganti-ganti tiap bulannya. Namun, pastikan untuk berkonsultasi  terlebih dahulu ke dokter sebelum melakukannya ya.

Umumnya, seseorang sudah boleh melakukan facial di usia 17 tahun. Di usia ini kulit cenderung sudah lebih kuat dan siap menerima berbagai prosedur perawatan kecantikan termasuk facial. Selain itu, di usia tersebut Anda memang mulai membutuhkan perawatan wajah yang lebih menyeluruh, tak hanya sekadar mencuci muka saja.

Anda juga tetap boleh melakukan tindakan facial saat sedang hamil. Ini karena penggunaan krim, serum, atau masker hanya dilakukan sebentar saja sehingga hampir tidak ada yang diserap ke aliran darah. Oleh karena itu, melakukan facial saat hamil tidak akan membahayakan janin.

Intinya, apapun jenis facial wajah yang Anda pilih, pastikan untuk melakukannya di klinik kecantikan terpercaya dan dilakukan oleh tenaga profesional terlatih.       

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Was this article helpful for you ?

Artikel dari ahli dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK

Kapan Sebaiknya Kita Berjemur di Pagi Hari?

Berjemur di pagi hari punya banyak manfaat untuk tubuh Anda, tetapi aktivitas ini bisa berakibat buruk jika dilakukan tidak sesuai anjuran.

Ditulis oleh: dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK
berjemur di pagi hari
Kesehatan Kulit 3 April 2020

Bolehkah Melakukan Filler Berulang-ulang?

Ketika Anda ingin tampil awet muda, Anda kerap ingin melakukan filler berulang. Namun sebelumnya, Anda perlu memperhatikan hal-hal ini.

Ditulis oleh: dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK
filler berulang

Suntik Vitamin C untuk Mencerahkan Kulit, Benarkah Aman dan Efektif?

Banyak orang ikut-ikutan melakukan suntik vitamin C untuk mencerahkan kulit tanpa tahu faktanya. Agar tak salah langkah, yuk simak informasi dari ahlinya.

Ditulis oleh: dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK
glass skin
Kesehatan 31 Oktober 2019

Yang juga perlu Anda baca

Leher Hitam? Atasi dengan Cara Mudah Ini

Jika memiliki kulit leher hitam, ketahui dulu apa penyebabnya. Setelah itu, cari tahu cara menghilangkan hitam di leher. SImak di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Kulit 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Tanpa Disadari, Hal-Hal Ini Bisa Menyebabkan Bulu Mata Rontok

Bulu mata membantu membangun karakter wajah seseorang. Tidak heran jika bulu mata rontok bisa bikin Anda minder. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Pori-pori wajah yang besar dan tidak rata bisa mengganggu penampilan. Masker alami bisa mengecilkan pori-pori, Anda bisa memilih sesuai dengan tipe kulit.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit



Direkomendasikan untuk Anda

pakai masker wajah setiap hari

Apakah Pakai Masker Wajah Setiap Hari Pasti Bikin Kulit Lebih Mulus?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
skincare anti-aging usia 50 tahun

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
tips waxing di rumah

Tips Melakukan Waxing di Rumah Dengan Bahan-bahan Alami

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
penyebab jamur kuku

Berbagai Penyebab Jamur pada Kuku yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit