6 Cara Menyenangkan Agar Anak Mau Sikat Gigi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/08/2017 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Memang susah bagi anak-anak untuk membangun kebiasaan menyikat gigi. Anda para orangtua harus pintar-pintar mengajak dan mengajarkan buah hati agar mau sikat gigi tiap hari, karena pada dasarnya, kesehatan gigi dan mulut seseorang harus dijaga dan dibina sedari kecil.

Daripada pusing-pusing memaksa anak, ada baiknya Anda lakukan beberapa trik mengajarkan anak sikat gigi dengan cara yang menyenangkan. Apa saja caranya? Yuk, intip penjelasannya di bawah ini.

Cara unik mengajarkan anak sikat gigi tiap hari

1. Sikat gigi sambil bernyanyi dan mendengarkan lagu

Anak-anak pada dasarnya suka dan senang melakukan kegiatan sambil bernyanyi. Nah, mengapa tidak Anda jadikan momen membersihkan gigi ini dilakukan sambil mendengarkan lagu? Selain durasi lagu dan sikat gigi yang pas, yaitu sekitar 1-2 menit per lagunya, Anda juga bisa mencegah anak merasa bad mood saat menyikat gigi.

Biarkan juga anak Anda memilih salah satu lagu favorit mereka. Misalnya lagu dari kartun favoritnya, atau lagu yang biasa ia dengar di sekolah.

2. Berikan hadiah pada anak

Pada saat mengajarkan anak sikat gigi, Anda uga bisa memberikan anak hadiah atas keberhasilan mereka karena mau membersihkan giginya. Agar tampak lebih menarik dan menyenangkan, cobalah menaruh stiker lucu di kalender si kecil sebagai simbol penghargaannya tiap hari karena mereka telah berhasil menyikat gigi sehari-hari.

Supaya lebih berkesan, Anda bisa mengajak anak makan es krim atau membeli barang yang ia suka pada beberapa waktu tertentu, sebagai hadiah karena si kecil berhasil rajin sikat gigi tiap hari.

3. Sambil bercerita atau bermain peran

Salah satu trik kreatif untuk mengajarkan anak sikat gigi dengan benar adalah dengan memainkan sebuah cerita. Contohnya Anda bisa memainkan peran dokter gigi dan pasien. Arahkan anak sebagai pemeran utama, yaitu pasien, sambil melakukan adegan dan cara menyikat gigi yang benar.

Anda juga bisa menambahkan beberapa cerita yang alur dan ceritanya seputar masalah kesehatan gigi. Hindari bercerita dan bermain peran sambil menyelipkan tokoh atau figur yang tidak anak suka, yang mana hal itu akan membuat anak tidak bersemangat serta malas menggosok gigi.

4. Ajari lewat kartun dan video

Mengajarkan anak sikat gigi tidak harus dilakukan secara praktik dan langsung. Anda bisa mencoba mengajari lewat film kartun dan video. Cobalah membeli dan memilih video kartun yang bertema tentang kesehatan gigi, termasuk cara menggosok gigi di dalamnya. Umumnya, anak akan sedikit susah menerima dan menerapkan ajaran sikat gigi langsung secara rutin. Namun, jika mereka menerima contoh dari idola atau tokoh kartun yang mereka sukai, ada kemungkinan mereka akan mau mengikutinya.

5. Biarkan anak pilih sikat dan pasta gigi sendiri

Ajak, beli, dan biarkan anak memilih sikat dan pasta gigi yang ia ingin. Warna, motif dan karakter pada sikat gigi anak akan memberikan gambaran yang menarik untuk mengambil perhatian anak Anda. Berikan kebebasan pada anak untuk memilih pasta dan sikat gigi mereka sendiri. Kemudian, buatlah janji antara anak dan Anda dengan mengatakan kepadanya bahwa mereka berjanji untuk menyikat giginya setiap hari.

6. Menyikat gigi bersama

Wajar kalau anak kecil selalu mengikuti semua hal yang orangtua lakukan. Mengapa Anda tidak menggunakan momen ini untuk mengajarkan anak sikat gigi dengan benar? Ya, coba luangkan waktu tiap pagi atau sebelum tidur, dengan mengajak anak bersama-sama menyikat gigi. Lambat laun, anak akan mengembangkan dan terbiasa dengan kegiatan menyikat gigi. Bonusnya, Anda bisa memiliki waktu quality time yang berharga tiap harinya bersama anak.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ini Akibatnya Jika Bayi Memakai Popok Terlalu Lama

Kadang, ibu tidak memperhatikan kapan harus mengganti popok dan cenderung membiarkan bayinya memakai popok terlalu lama. Ini akibatnya pada bayi Anda.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 25/06/2020 . 5 menit baca

Si Kecil Mengalami Ruam? Berikut 8 Cara Mengobatinya

Bayi yang keseringan pakai popok, memang rentan terkena ruam popok. Jangan khawatir, ikuti cara berikut ini untuk mengobati dan mengatasi ruam popok.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 25/06/2020 . 7 menit baca

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . 5 menit baca

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 menit baca
mengatasi mimpi buruk

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . 5 menit baca
cara menjaga kesehatan gigi

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30/06/2020 . 4 menit baca
mitos fakta cacingan

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 5 menit baca