Berapa Banyak Porsi Pasta yang Aman Dikonsumsi Anak Dalam Sehari?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Siapa, sih, yang tidak pusing ketika si kecil melakukan gerakan tutup mulut (GTM) alias mogok makan? Mau tidak mau, Anda harus memutar otak dan memberikan beragam variasi makanan sampai anak mau makan. Kalau si kecil mulai malas makan nasi, coba berikan sumber karbohidrat lainnya seperti pasta. Namun, sebelum memberikan pasta untuk anak, sebaiknya cari tahu dulu porsi pasta yang tepat dan aman untuk kesehatan anak.

Bolehkah memberikan pasta untuk anak?

resep membuat pasta

Pasta adalah salah satu makanan kesukaan anak-anak. Rasanya yang lezat dan gurih sangat cocok di lidah anak-anak, sehingga sering kali dijadikan pilihan saat anak susah makan.

Namun, sebagian orangtua masih merasa khawatir saat anaknya suka makan pasta, apalagi dalam jumlah yang berlebihan. Ini karena pasta mengandung karbohidrat rafinasi yang disebut-sebut dapat memicu kegemukan dan diabetes tipe 2 pada anak.

Karbohidrat rafinasi adalah jenis karbohidrat yang telah melalui banyak proses sampai menjadi makanan yang Anda makan. Proses yang cukup panjang ini yang membuat kadar serat, vitamin, dan mineral jadi hilang. Akibatnya, produk tersebut memiliki kandungan gizi yang sangat sedikit, bahkan mungkin tidak ada.

Meski demikian, Anda tetap boleh memberikan pasta untuk anak, kok. Jenis makanan olahan ini justru memberikan banyak manfaat untuk kesehatan anak.

Dilansir dari Parents, kandungan karbohidrat pada pasta sedikit banyak dapat memenuhi kebutuhan energi anak. Selain itu, perkembangan otak anak pun akan semakin cepat jika kebutuhan karbohidratnya selalu tercukupi.

Fakta menarik lainnya, satu porsi pasta ternyata dapat memenuhi sepertiga kebutuhan protein harian anak. Meskipun memang beberapa pasta cenderung miskin gizi, pilihlah jenis pasta yang diperkaya supaya kandungan vitamin dan mineral anak tetap terpenuhi.

Berapa banyak pasta yang aman dikonsumsi anak?

resep pasta untuk anak

Berdasarkan Angka Kebutuhan Gizi dari Kementerian Kesehatan RI, anak usia 1-3 tahun membutuhkan 1600 kalori, 26 gram protein, dan 44 gram lemak. Angka ini harus dipenuhi dengan kombinasi menu makanan yang mengandung gizi seimbang, baik dari makanan pokok, makanan berprotein, sayur, buah, sampai produk susu.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda bisa memberikan pasta untuk anak sebanyak 28-71 gram atau setara dengan 2-5 sendok makan pasta setiap hari. Berikan sedikit demi sedikit sampai anak berhasil menghabiskannya dalam sekali makan.

Porsi pasta ini mungkin bisa berbeda-beda pada setiap anak, tergantung dari kondisi kesehatannya. Supaya lebih jelas, tanyakan pada ahli gizi maupun dokter spesialis gizi untuk mengetahui porsi pasta yang tepat untuk buah hati Anda.

Tips memberikan pasta untuk anak

Sumber: Mom Junction

Meskipun pasta itu baik untuk kesehatan anak, tapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Ingatlah bahwa tidak semua pasta itu sehat, karena beberapa di antaranya cenderung minim vitamin dan mineral.

Nah, sekarang tugas Anda untuk mengolah pasta menjadi makanan yang sehat dan bergizi untuk si kecil. Yuk, intip tips memberikan pasta untuk anak berikut ini.

1. Pilih pasta yang terbuat dari gandum utuh

Dari sekian banyak jenis pasta yang ada di pasaran, pilihlah pasta yang terbuat dari gandum utuh. Pasta gandum mengandung lebih banyak serat, protein, vitamin, dan mineral dibandingkan pasta yang murni dari tepung.

2. Tambahkan sayuran

Supaya lebih sehat lagi, tambahkan berbagai jenis sayuran warna-warni ke dalam sepiring pasta untuk anak. Contohnya brokoli, tomat, paprika, atau wortel. Semakin berwarna pasta yang Anda sajikan, maka si kecil akan semakin tertarik untuk makan pasta sehat ini.

Sayuran juga mengandung tinggi serat yang baik untuk pencernaan anak. Bukan cuma itu, kandungan seratnya yang tinggi juga dapat mencegah risiko diabetes, obesitas, hingga kanker pada anak, lho!

3. Tambahkan makanan sumber protein

Kalau Anda sudah menambahkan asupan karbohidrat dari pasta dan vitamin dari sayuran, jangan lupa tambahkan juga makanan sumber protein. Contohnya potongan daging ayam, ikan, atau daging untuk anak.

Nah, sekarang Anda tak perlu khawatir lagi saat ingin memberikan pasta untuk anak. Bukan cuma rasanya yang lezat dan disukai anak, kebutuhan gizi si kecil pun sudah pasti terjamin.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca