backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

Serba-serbi Manfaat Infused Water Lemon, Pakai Air Kemasan Aman atau Tidak?

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Adelia Dwitasari · Tanggal diperbarui 18/12/2023

Serba-serbi Manfaat Infused Water Lemon, Pakai Air Kemasan Aman atau Tidak?

Di tengah cuaca panas terik, minuman segar merupakan pelepas dahaga yang melegakan. Supaya tetap aman untuk kesehatan, salah satu minuman yang bisa dibuat dan bagus untuk tubuh ialah infused dengan lemon. Di balik kesegarannya, ternyata ada banyak manfaat air rendaman lemon. Berikut penjelasannya!

Manfaat air lemon bagi tubuh

Lemon merupakan buah kaya vitamin C yang tinggi antioksidan, sehingga banyak khasiat tersimpan di dalamnya. Berikut ini beberapa manfaat lemon untuk tubuh.

1. Membantu memecah makanan

Asam lambung akan menurun seiring bertambahnya usia dan asam dari lemon dapat menambah kadar asam lambung untuk membantu memecah makanan.

2. Mencegah kerusakan sel

Lemon juga mengandung fitonutrien untuk melindungi tubuh dari penyakit berkat sifat antioksidannya yang mampu mencegah kerusakan sel akibat oksidasi.

3. Mempercepat pemulihan cedera

Asupan vitamin C dari lemon dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas, hingga mempercepat pemulihan cedera

4. Menyebarkan nutrisi ke dalam tubuh

Potasium dalam lemon bermanfaat untuk mengatur penyebaran nutrisi hingga limbah dalam tubuh, serta melancarkan fungsi saraf dan otot

Jika dibuat menjadi infused water lemon, minuman buah bercita rasa segar ini akan memberi manfaat lain yang tidak kalah baiknya. 

Sebuah penelitian di Jepang terbitan Jurnal Nutrisi dan Metabolisme tahun 2014 membuktikan, infused water lemon atau air lemon dapat menurunkan tekanan darah. 

Dalam penelitian tersebut ditemukan tentang lemon yang merupakan salah satu buah jeruk mengandung komponen bioaktif seperti asam sitrat, polifenol, dan asam askorbat.

Perlu Anda Ketahui

Simpulan dari penelitian tersebut adalah aktivitas jalan kaki dan konsumsi lemon memiliki efek menurunkan tekanan darah sistolik (tekanan darah pada saat jantung memompa darah atau saat berkontraksi).

Kaitan kondisi kesehatan tertentu dengan air lemon

Penelitian dalam jurnal Clinical Medicine dilakukan untuk mengetahui dampak air lemon terhadap kondisi batu ginjal. 

Batu ginjal terbentuk dari kristal yang kemudian tumbuh, berkumpul dan berinteraksi dengan matriks organik non-kristal. Banyak faktor yang mempengaruhi kondisi ini terjadi, seperti:

  • penurunan dan peningkatan pH urine yang mendukung pengendapan asam urat (garam kalsium fosfat)
  • pola makan yang berperan penting dalam perkembangan batu ginjal atau nefrolitiasis.

Kalium sitrat efektif dalam mencegah kekambuhan pada pasien dengan kondisi batu ginjal, tapi efek samping berupa gangguan pencernaan seperti bersendawa, kembung atau gas, dan diare, menyebabkan ketidaknyamanan.

Di sisi lain, buah lemon merupakan sumber alami yang kaya akan sitrat dan air lemon bisa jadi alternatif pilihan yang tepat untuk asupan sitrat bagi penderita batu ginjal.

Lemon mengandung konsentrasi asam sitrat tertinggi di antara jenis buah sitrus lainnya, sekitar 49.2 g/kg yang melebihi lima kali lipat konsentrasi dalam jus jeruk.

Dengan demikian, air lemon disarankan sebagai alternatif pengganti kalium sitrat untuk pengobatan pasien dengan batu ginjal.

Tips membuat infused water pakai air kemasan

Infused water lemon dapat dibuat dengan berbagai cara dan variasi. Anda bisa menggunakan air kemasan yang berasal dari sumber murni kaya mineral untuk menambah kandungan nutrisi di dalamnya. 

Untuk bisa menikmati manfaat air rendaman lemon, Anda harus menyiapkan air mineral kemasan dan lemon segar. 

Gunakan pemeras lemon atau mesin jus untuk mengeluarkan saru lemon, lalu tuang ke dalam botol yang sudah dituang dengan air kemasan.

Anda juga bisa langsung mengiris lemon dengan ketebalan sesuai keinginan dan dimasukkan ke dalam teko atau botol berisi air mineral kemasan. Aduk rata dan diamkan hingga rasa lemon serta air mineral tercampur secara menyeluruh.

Sebagai penambah rasa, Anda juga bisa menambahkan jahe untuk mengurangi mual, madu guna menambah rasa manis secara alami, atau daun mint yang menyegarkan serta mampu meningkatkan rasa kenyang bertahan lebih lama.

Pastikan untuk mengonsumsi infused water lemon dengan air mineral pilihan, seperti AQUA yang 100% murni bersumber dari 19 pegunungan terlindungi di Indonesia.

aqua

Air AQUA juga disaring secara alami oleh lapisan bebatuan kaya mineral, sehingga mineral yang terkandung di dalamnya adalah mineral alami. Terlebih lagi, AQUA dikemas dengan higienis, tanpa sentuhan tangan manusia.

Salah satu bukti bahwa AQUA mengandung mineral alami adalah terasa dingin secara alami walau tidak didinginkan. 

AQUA merupakan produk asli Indonesia yang telah hadir di tengah masyarakat Indonesia selama lebih dari 50 tahun. AQUA juga sudah bersertifikasi halal sehingga dijamin aman untuk dikonsumsi.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Adelia Dwitasari · Tanggal diperbarui 18/12/2023

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan