Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Ternyata, Menonton Film Horor Beri Manfaat Psikologis, Lho!

Ternyata, Menonton Film Horor Beri Manfaat Psikologis, Lho!

Banyak orang mengisi waktu luangnya dengan menonton film, salah satunya yang bergenre horor. Selain untuk mengisi waktu luang, ternyata menonton film horor memberikan manfaat bagi kesehatan.

Ya, film horor memang memiliki efek yang cukup unik pada setiap orang. Ada yang benci dan ada yang sangat menyukainya. Bahkan, ada juga yang sebal dengan film bergenre ini, tapi tidak kapok untuk menontonnya lagi di lain waktu.

Apa saja manfaat menonton film horor? Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan berikut ini!

Manfaat menonton film horor bagi kesehatan

efek nonton korea

Sebagian besar orang mengartikan rasa takut sebagai hal buruk, mengingat ketakutan memang kerap kali menimbulkan kecemasan.

Padahal, baik ketakutan dan kecemasan merupakan bagian dari emosi dasar manusia yang membuat seseorang jadi lebih waspada terhadap bahaya dan mampu memutuskan cara untuk menghadapinya. Setidaknya, rasa takut membuat Anda jadi lebih berhati-hati.

Rasa takut bisa muncul kapan saja pada situasi tertentu, salah satunya saat menonton film horor. Film horor mungkin menimbulkan rasa mencekam atas kemunculan hantu, adegan bunuh diri, atau kengerian atas kematian yang kurang wajar.

Banyak yang tidak menyukai jenis film ini karena membuat seseorang menjadi ketakutan atau cemas setelah menontonnya. Bahkan, pada beberapa kasus, menontont film horor bisa menyebabkan mimpi buruk.

Namun, terlepas dari efek buruknya, ternyata menonton film bergenre ini bisa memberikan manfaat yang mungkin tidak Anda sadari.

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai beberapa manfaat menonton film horor, seperti dikutip dari sebuah studi dalam jurnal Frontiers pada 2019.

1. Memberikan perasaan senang dan kepuasaan

manfaat menonton horror

Ada alasan kenapa ada orang yang suka menonton film horor. Biasanya, pencinta film horor menyukai genre ini karena merasakan kepuasan tertentu setelah menontonnya.

Seseorang yang mencari sensasi atau menyukai sesuatu yang menegangkan akan mengalami lebih banyak emosi positif ketika mendapatkan rangsangan berupa tontonan yang seram.

Nah, perasaan menyenangkan inilah yang akhirnya menimbulkan rasa puas pada orang-orang yang menonton film horor.

Sebenarnya, ada banyak hal lain yang menjadi faktor kepuasaan seseorang terhadap film yang ditontonnya. Selain sensasi menegangkan, faktor lain seperti akhir cerita, alur cerita, visualisasi yang disajikan, bahkan audionya pun turut mendukung.

Jika kesemua faktor tersebut sesuai dengan ekspektasi penontonnya, tingkat kepuasan pun menjadi semakin tinggi. Uniknya, studi ini menunjukkan bahwa kebanyakan yang merasakan manfaat film horor ialah pria.

2. Memberi pelajaran dan membuat Anda lebih waspada

Sudah disebutkan bahwa rasa takut tidak selalu berdampak buruk asalkan tidak berlebihan dan mengganggu aktivitas. Nah, menonton film horor ternyata menawarkan sisi baik dari rasa takut itu sendiri.

Penonton akan disajikan dengan pengalaman buruk atau menakutkan dari para tokoh yang terlibat. Hal ini memberikan pelajaran bagi penonton untuk lebih berhati-hati dalam bertindak.

Ambil saja contoh film horor Indonesia yang bertemakan balas dendam dengan akhir yang tidak bahagia. Selain itu, ada pula tema tindakan buruk seperti pembunuhan yang membuat pelakunya dihantui rasa takut yang bisa mengganggu kesehatan mental.

Secara tidak langsung, film-film ini menayangkan pengalaman tokohnya dalam melakukan tindakan buruk yang sebaiknya dihindari.

Meski punya manfaat, perhatikan ini jika ingin menonton film horor

rasa ketakutan

Perlu Anda pahami bahwa manfaat yang dirasakan setiap orang bisa berbeda-beda. Ini tergantung pada minat, kondisi psikis, dan faktor-faktor lainnya. Jadi, adanya manfaat tidak membuat setiap orang yang menontonnya akan mendapatkan hal positif.

Sebaliknya, ada pula yang lebih banyak mengalami efek buruk setelah menonton film horor, contohnya pada penonton yang mengalami depresi, gangguan kecemasan, serangan panik, dan gangguan stres pascatrauma (PTSD).

Meskipun efeknya cenderung singkat, gejala bisa saja muncul ketika penonton melihat adegan-adegan yang mengingatkan mereka pada trauma psikologis atau kenangan buruk. Terlebih lagi pada orang-orang dengan PTSD.

Oleh karena itu, Anda harus bijak dalam memilih jenis tontonan, terutama film horor. Kalau bisa, cari tahu lebih dahulu sinopsisnya dan ulasan orang lain yang sudah menonton.

Jika ada adegan tertentu yang membuat Anda tidak nyaman atau memicu gangguan kecemasan, tidak usah memaksakan diri. Lebih baik carilah tontonan lain yang Anda sukai.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Martin, G. N. (1AD, January 1). (why) do you like scary movies? A review of the empirical research on psychological responses to Horror films. Frontiers. Retrieved February 15, 2022, from https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02298

The psychology behind Why we love (or hate) horror. Harvard Business Review. (2021, October 26). Retrieved February 15, 2022, from https://hbr.org/2021/10/the-psychology-behind-why-we-love-or-hate-horror)

Experts, K. H. B. H. (Ed.). (n.d.). Fears and phobias (for teens) – nemours kidshealth. KidsHealth. Retrieved February 15, 2022, from https://kidshealth.org/en/teens/phobias.html

Sussex Publishers. (n.d.). Why do we like watching scary films? Psychology Today. Retrieved February 15, 2022, from https://www.psychologytoday.com/us/blog/in-excess/201510/why-do-we-watching-scary-films

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui Mar 30
Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa