home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Pasangan Kehilangan Pekerjaan

5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Pasangan Kehilangan Pekerjaan

Sulit memang menenangkan emosi dan perasaan saat pasangan kehilangan pekerjaan yang dimilikinya. Panik, kecewa, dan segelintir tanda tanya lain pasti akan memenuhi pikiran dan sikap Anda. Sebagai pasangan yang baik, Anda harus bisa mengontrol segala emosi dan suasana agar tidak terjadi pertengkaran di antara Anda berdua. Lalu, adakah cara yang bisa dilakukan di masa-masa pasangan sedang terpuruk?

Yang harus dilakukan ketika pasangan kehilangan pekerjaan

1. Tetap berpikir positif dan temani pasangan Anda

Awalnya, Anda pasti kaget dan khawatir terhadap masalah keuangan yang akan muncul ketika pasangan kehilangan pekerjaan. Baiknya, Anda harus bersikap positif dengan mengesampingkan pikiran kekhawatiran Anda terlebih dahulu.

Lalu, pada saat seperti ini jangan biarkan dia merasa sendiri. Dengan mendampinginya, pasangan akan merasakan kasih sayang Anda. Namun, jangan sampai hal ini membuatnya tidak mempunyai ruang untuk berpikir. Anda harus tahu kapan saat yang tepat menemani dan membiarkan pasangan Anda berpikir.

2. Tanyakan apa yang bisa Anda bantu

Anda mungkin melihat pasangan tampak tak berdaya dan tak bisa berbuat apa-apa. Dalam kondisi itu, tanyakanlah apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi persoalan keuangan dalam hubungan Anda. Dalam keterbatasan keuangan yang Anda miliki, Anda dan pasangan patut menyepakati bersama hal-hal yang patut diprioritaskan terlebih dahulu, dan memangkas pengeluaran yang tidak terlalu penting.

3. Hindari dan kurangi pengeluaran yang tidak perlu

Jika salah satu atau kedua pasangan kehilangan pekerjaan, ini artinya Anda harus menurunkan jumlah pengeluaran yang harus dibelanjakan. Hal ini dapat menjadi sulit jika sebelumnya Anda memang gemar menghabiskan uang bersama. Buatlah daftar akan beberapa kegiatan yang dapat dilakukan tanpa harus menghabiskan uang.

Anda mungkin suka untuk melakukan:

  • Pergi berjalan-jalan di sekitar kota
  • Menonton film bersama di rumah
  • Pergi ke perpustakaan atau museum setempat
  • Jadi relawan pada sebuah acara
  • Memasak bersama di rumah

4. Biarkan pasangan Anda mengeksplor hal baru

Saat pasangan Anda berhenti atau diberhentikan dari pekerjaan, Anda harus membiarkan pasangan Anda mengambil langkah dan hal baru lainnya. Dengan begitu, Anda memberikan pasangan Anda untuk mencoba pilihan yang lain. Mungkin pasangan Anda bisa melanjutkan pendidikan lebih lanjut, memulai bisnis, atau mencoba jalur karir yang baru. Inilah saatnya Anda bisa mendorong ia berkreasi serta mencoba pilihan lain selama ada waktu luang.

5. Bantu pasangan mencari pekerjaan

Sering kali, orang yang pengangguran merasa minder dan ingin bersembunyi dari dunia luar. Cara terbaik untuk menemukan pekerjaan baru adalah melakukan hal yang berbeda, dengan membiarkan teman, keluarga, atau orang lain tahu bahwa pasangan Anda sedang mencari pekerjaan baru.

Pujilah kemampuan dan keterampilan pasangan Anda di situs jejaring sosial, mintalah teman-teman Anda untuk memberi tahu Anda jika ada lowongan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

When Your Man Loses His Job http://www.huffingtonpost.com/nicole-williams/when-your-man-loses-his-j_b_299752.html Diakses pada 20 Juni 2017

When Job Loss Strikes, How to Survive and Thrive https://www.psychologytoday.com/blog/healthy-connections/201008/when-job-loss-strikes-how-survive-and-thrive Diakses pada 20 Juni 2017

10 Things to do When Your Spouse Loses Their Job http://www.rd.com/advice/relationships/10-things-to-do-when-your-spouse-loses-their-job/ Diakses pada 20 Juni 2017

Job Loss and Marriage – 8 Tips for Coping with Unemployment Stress http://www.choosehelp.com/topics/couples-counseling/job-loss-and-marriage Diakses pada 20 Juni 2017

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 17/07/2019
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x