backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Pakai Tespek pada Malam Hari, Apakah Hasilnya Akurat?

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

Pakai Tespek pada Malam Hari, Apakah Hasilnya Akurat?

Selama ini, petunjuk penggunaan tespek (test pack) menyebutkan bahwa alat tersebut lebih baik digunakan pada pagi hari. Namun, bagaimana jika Anda harus menggunakan tespek pada malam hari, apakah hasilnya akan akurat?

Penggunaan test pack yang tidak sesuai petunjuk dikhawatirkan bisa menimbulkan hasil false negative atau sebaliknya.

Apakah bisa tes kehamilan di malam hari?

Anda boleh saja melakukan tes kehamilan dengan tespek pada malam hari. Namun, hasil test pack pada pagi hari cenderung lebih akurat jika dibandingkan dengan penggunaannya di malam hari.

Hal tersebut bisa terjadi karena tespek bekerja dengan cara mendeteksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG) di dalam urine.

Melansir dari laman University of Rochester Medical Center, urine pada pagi hari memiliki kandungan hormon hCG yang paling tinggi dibandingkan siang, sore, atau malam hari.

Konsentrasi hCG pada pagi hari dinilai lebih tinggi karena urine belum tercampur dengan cairan lain yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Sementara itu, urine yang keluar pada malam hari sudah tercampur dengan berbagai cairan yang masuk ke dalam tubuh sepanjang hari.

Dengan begitu, jika Anda penasaran apakah tes kehamilan dengan tes pack boleh dilakukan di malam hari, jawabannya tentu saja boleh.

Namun, akuratkah hasil test pack pada malam hari? Hasilnya mungkin tidak cukup akurat sehingga Anda perlu mengulanginya pada keesokan harinya.

Bahkan walaupun Anda menggunakan test pack pada waktu yang tepat, tingkat akurasi tes bisa menjadi lebih rendah jika Anda melakukan tes kehamilan terlalu dini.

Pasalnya, jumlah hCG di awal kehamilan masih cukup rendah karena plasenta belum terbentuk sempurna. Plasenta adalah tempat dihasilkannya hormon hCG.

Artikel terkait

Bagaimana jika hasil test pack di malam hari negatif?

Hasil test pack negatif pada malam hari belum tentu berarti Anda tidak hamil, sebab kadar hCG di malam hari cenderung lebih rendah sehingga sulit dideteksi oleh tespek.

Jika Anda mendapatkan hasil negatif, cobalah untuk melakukan tes kehamilan dengan tespek pada pagi harinya.

Sementara itu, jika hasil tespek pada malam hari positif, besar kemungkinan bahwa Anda benar-benar hamil. Meski begitu, Anda tetap perlu mengonfirmasinya ke dokter kandungan.

Faktor yang memengaruhi keakuratan test pack di malam hari

merk test pack

Kehamilan adalah salah satu hal yang ditunggu usai pernikahan. Dengan begitu, wajar jika Anda tidak sabar menunggu pagi untuk menggunakan test pack ketika menyadari keterlambatan menstruasi.

Jika Anda ingin melakukan tes kehamilan di malam hari menggunakan tespek, perhatikan beberapa faktor berikut supaya hasilnya lebih akurat.

  • Belilah tespek di toko atau apotek tepercaya.
  • Pastikan bahwa test pack belum kedaluwarsa dan dalam kondisi baik.
  • Gunakan test pack sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan. Pasalnya, setiap merk test pack mungkin memiliki cara pakai yang berbeda.
  • Pastikan bahwa bagian tespek yang harus terkena urine benar-benar basah, jangan hanya terkena cipratan urine.
  • Jangan membaca hasil test pack kehamilan terlalu cepat atau membiarkannya terlalu lama. Ikuti waktu tunggu sesuai petunjuk penggunaan.
  • Hindari minum minuman yang mengandung kafein atau bahan tambahan lain di dalamnya sebelum melakukan pemeriksaan.
  • Gunakan lebih dari satu test pack untuk memastikan keakuratan hasilnya.

Jika Anda mendapatkan hasil negatif setelah melakukan berbagai tips di atas, jangan langsung berkecil hati.

Pasalnya, risiko munculnya hasil tespek yang keliru setelah pemeriksaan di malam hari cenderung lebih tinggi karena hormon hCG sudah larut bersama cairan yang Anda minum sepanjang hari.

Jika Andamendapatkan hasil negatif, cobalah ulangi tes kehamilan pada pagi hari. Apabila hasilnya masih negatif, tak ada salahnya untuk tetap datang ke dokter kandungan.

Dengan begitu, Anda bisa memastikan apakah gejala yang selama ini Anda rasakan adalah tanda kehamilan. Kesempatan ini juga bisa Anda gunakan untuk membicarakan program kehamilan dengan dokter.

Pakai tespek pada malam hari, apakah akurat?

  • Hasil test pack di malam hari cenderung kurang akurat jika dibandingkan pagi hari. Pasalnya, kadar hormon hCG yang akan dideteksi oleh test pack lebih rendah di malam hari.
  • Jika Anda mendapatkan hasil negatif dari tes kehamilan di malam hari, lakukan pemeriksaan ulang pada esok paginya.
  • Apabila Anda masih ragu dengan hasilnya, sebaiknya kunjungi dokter kandungan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan