4 Kiat Menerapkan Pola Makan Sehat untuk Orang yang Banyak Kegiatan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Aktif mengikuti berbagai kegiatan, sering kali membuat Anda lengah dan makan tanpa aturan. Padahal, kunci hidup sehat bagi orang yang aktif mengikuti kegiatan adalah menjaga pola makannya. Pasalnya, makanan diperlukan tubuh sebagai energi sekaligus menjaga fungsi tubuh tetap normal. Supaya pola makan Anda tetap sehat meski banyak aktivitas, ikuti beberapa tipsnya berikut ini.

Tips pola makan sehat orang yang banyak kegiatan

Semakin dewasa, aktivitas yang dilakukan akan semakin bertambah. Mulai dari mengikuti pelajaran di kelas, olahraga, les, bekerja, hingga ikut aktif dalam suatu komunitas.

Agar aktivitas dapat berjalan lancar, kesehatan tubuh harus dijaga. Salah satu caranya dengan memerhatikan pola makan. Berikut ada beberapa tips yang bisa dijadikan panduan agar pola makan Anda tetap sehat meski banyak aktivitas.

1. Selalu sarapan

menu sarapan anak

Untuk mengawali hari, Anda butuh banyak energi. Jika perut Anda kosong, tenaga dan stamina jadi terbatas. Ini membuat Anda tidak bisa menjalankan aktivitas secara maksimal karena perut lapar. Akibatnya, Anda juga adi cepat lelah.

Selain itu, tidak sarapan juga bisa membuat nafsu makan Anda jadi lebih besar saat bertemu waktu makan selanjutnya. Akibatnya, Anda akan makan siang melebihi porsi biasanya dan berisiko kekenyangan.

Agar hal tersebut tidak terjadi, jangan sampai Anda melewatkan sarapan pagi. Meski aktivitas cukup padat, ada banyak menu sarapan yang cepat dan mudah dibuat. Misalnya, sandwich telur atau sereal campur susu.

2. Pilih makanan bernutrisi

bikin menu sarapan sayur

Banyak aktivitas tentu mengharuskan Anda makan makanan sehat bernutrisi. Dikutip dari laman Choose My Plate, makanan sehat dapat mengoptimalkan kinerja tubuh. Kombinasi antara pola makan yang baik serta aktif mengikuti kegiatan dapat membuat hidup jadi sehat.

Berikut beberapa hal yang Anda harus perhatikan agar pola makan tetap sehat, seperti:

  • Selain buah dan sayur, lengkapi nutrisi dan sumber energi dari biji-bijian dan kacang-kacangan, seperti roti gandum utuh, oat, beras merah, kacang almond atau kenari sebagai camilan.
  • Variasikan sumber makanan yang mengandung protein untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak karena aktif bergerak. Tidak hanya protein hewani, seperti daging ayam, sapi, atau ikan, tapi juga protein nabati pada kacang kedelai, tempe, tahu, dan kacang polong.
  • Pertimbangkan minum susu untuk menjaga kesehatan tulang tetap sehat sehingga mendukung aktivitas harian Anda.

3. Porsi makanannya tercukupi

kesalahan saat sarapan

Memiliki aktivitas ini dan itu, tentu membutuhkan banyak energi. Nah, untuk itu porsi makan sehat harus disesuaikan dengan banyak aktivitas yang Anda lakukan.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, mengurangi porsi makanan tertentu, seperti karbohidrat dan lemak, tidak jadi masalah. Asal porsinya tidak terlalu sedikit karena tidak akan menyediakan energi yang cukup.

Banyak kegiatan bukan berarti Anda boleh makan sebanyak-banyaknya. Sebab, kekenyangan akan membuat Anda tidak nyaman melakukan aktivitas. Selain makan, pertimbangkan juga porsi camilan Anda. Jangan samakan porsi camilan dengan porsi makan biasa.

Menentukan banyaknya porsi makan memang tidak mudah. Ini harus disesuaikan dengan usia, kondisi tubuh, dan tentunya aktivitas yang dilakukan. Supaya lebih mudah, jangan ragu untuk konsultasi pada dokter maupun ahli gizi.

4. Jangan lupa minum

gangguan keseimbangan cairan elektrolit

Makan sehat tidak akan sempurna bagi orang yang banyak aktivitas jika tidak diimbangi dengan asupan cairan yang mencukupi. Perlu diketahui, saat beraktivitas, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat untuk menormalkan suhu tubuh. Ini bisa mengurangi kadar cairan dalam tubuh.

Agar tidak dehidrasi, cukupi kebutuhan cairan Anda dengan minum air putih. Lengkapi dengan jus buah, sup, dan susu agar lebih bervariasi.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca