4 Cara Ampuh Kembalikan Konsentrasi Akibat Kewalahan Kerja di Kantor

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 21 Mei 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tumpukan pekerjaan di kantor yang seakan tiada habisnya sangat mungkin membuat Anda merasa kewalahan. Akibatnya, Anda jadi sering mendadak lupa atau hilang fokus di tengah aktivitas yang sedang dijalani sehingga produktivitas kerja turun drastis. Adakah cara mengatasi susah konsentrasi di kantor?

Susah konsentrasi di kantor tanda “lemot”

sedang stres

Susah konsentrasi akibat kewalahan kerja di kantor bisa bikin produktivitas menurun. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa stres membuat kita jadi susah berpikir jernih. Sebab saat stres, otak jadi lebih cenderung memilih untuk memikirkan masalah-masalah yang ada saat ini ketimbang cara mencari solusi ke depannya.

Untuk memikirkan satu masalah saja, otak butuh energi besar demi melangsungkan proses berpikir, mengingat, menyerap dan mencerna informasi, mengambil keputusan, hingga berperilaku. Maka ketika otak malah dipaksa bekerja untuk menyelesaikan beragam masalah tersebut, lama-lama energi otak akan berangsur habis.

Anda pun jadi malas untuk berpikir lebih keras guna memikirkan hal lainnya karena tahu bahwa proses berpikir ini menyita banyak waktu dan tenaga. Anda juga umumnya sering nampak kebingungan dan linglung karena fungsi kognitif otak tidak bekerja baik setelah dihujani deadline yang bertubi-tubi di kantor.

Dalam istilah populer, masalah susah konsentrasi di kantor (atau di mana pun) akibat kewalahan bekerja sering disebut lola alias “loading lama” atau lemot (lemah otak). Sebab, Anda jadi membutuhkan waktu lebih lama untuk menyerap suatu informasi. Dalam beberapa kasus, seseorang yang “lola” juga merasa kesulitan untuk menyampaikan pendapatnya lewat kata-kata.

Cara jitu atasi susah konsentrasi di kantor

Berikut beberapa cara mengatasi susah konsentrasi di kantor supaya Anda bisa lebih fokus di meja kerja.

1. Buat meja kantor senyaman mungkin

Contoh terrarium yang bisa Anda taruh di meja kantor

Coba hias meja kantor dengan hal-hal yang membuat Anda bahagia atau termotivasi. Pasang foto pasangan atau keluarga, menempelkan kata-kata penuh inspiratif, atau menaruh beberapa tanaman segar di meja, misalnya.

Suasana kantor yang nyaman bisa membuat Anda lebih berkonsentrasi dan fokus ketika bekerja. Selain itu, adanya tanaman segar yang ditaruh di dekat meja atau di sekitar ruangan Anda juga bisa membantu mengurangi stres.

2. Pastikan Anda cukup tidur

sering ngantuk sepanjang malam

Kurang tidur merupakan salah satu penyebab utama kenapa Anda sering lemot di kantor. Ingat, selain makan dan minum, Anda juga membutuhkan tidur yang cukup supaya bisa tetap bugar menjalankan aktivitas sehari-hari.

Coba ingat-ingat lagi, sudahkah Anda cukup tidur semalam? Supaya Anda mendapatkan tidur yang berkualitas, kamar tidur Anda harus nyaman. Pastikan bahwa suhu ruang kamar Anda ideal, cat temboknya tidak terlalu mencolok, bebas dari suara bising, hingga kualitas kasur dan sprei yang digunakan baik.

Selain itu, tidurlah dengan lampu gelap dan hindari meletakkan gadget di samping tempat tidur atau di bawah bantal. Sebaliknya, letakkan gadget Anda di tempat yang sulit dijangkau tangan. Minum secangkir teh chamomile satu jam sebelum tidur juga akan menyebabkan Anda lebih rileks ketika tidur.

Ada kesempatan untuk tidur siang? Jangan lewatkan hal tersebut. Tidur siang setidaknya 15 menit sebelum kembali bekerja setelah makan siang bisa membuat badan Anda kembali segar.

3. Rutin melakukan peregangan di kantor

gerakan peregangan untuk nyeri leher

Kerjaan yang menumpuk tak jadi alasan untuk Anda melakukan peregangan barang semenit. Ya, setelah beberapa jam menatap layar komputer, luangkan waktu sebentar untuk melakukan peregangan sederhana supaya mata dan otot-otot Anda rileks. Hal ini juga efektif membantu mengatasi susah konsentrasi di kantor, lho!

Anda bisa menggerak-gerakan kaki, bahu, kepala, dan tangan supaya sirkulasi darah di area tersebut berjalan lebih lancar. Jika memungkinkan, melakukan jalan santai di luar kantor untuk menghirup udara segar juga bisa membantu membuat tubuh dan pikiran Anda lebih rileks.

4. Asah otak Anda setiap hari

beragam cara yang bisa dilakukan untuk olahraga otak

Lemot akibat penurunan fungsi kognitif otak sebetulnya menjadi bagian dari proses penuaan. Namun, menjaga kesehatan otak sejak dini dapat membantu mengatasi masalah susah konsentrasi; baik di kantor atau di mana pun Anda bekerja.

Coba asah kemampuan berpikir Anda dengan hobi baru seperti mengisi teka-teki silang, main catur, menulis, dan lain sebagainya. Intinya, rutin melakukan berbagai hal yang mengharuskan Anda berpikir lebih keras untuk mencari jalan keluar bisa membantu mengasah otak supaya pikiran Anda tetap tajam.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Sumber Stres Utama dalam Pernikahan

Tanpa Anda sadari, pernikahan mungkin menjadi penyebab Anda stres dan tertekan. Ayo cari tahu berbagai sumber stres dalam pernikahan dan cegah dampaknya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 19 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Pro dan Kontra Mengonsumsi Obat Antidepresan

Antidepresan bisa membantu penderita depresi agar pulih, tapi ada efek samping yang perlu diwaspadai. Pahami pro dan kontra antidepresan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 18 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Ancaman Kesehatan Selain COVID-19 Saat Masuk ke Gedung yang Lama Tak Dihuni

Kembali bekerja di gedung perkantoran yang telah lama ditinggal kosong ternyata masyarakat perlu menghadapi ancaman kesehatan baru. Apa itu?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Coronavirus, COVID-19 15 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Cara Membedakan Stres, Depresi, dan Gangguan Kecemasan

Setiap orang pernah mengalami stres. Tapi tidak semua orang mengalami depresi atau gangguan kecemasan. Lalu, apa bedanya stres dan depresi serta kecemasan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Psikologi 9 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Apa yang Terjadi Pada Bayi Jika Ibu Stres Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
bullying di tempat kerja

Begini Dampak yang Ditimbulkan dari Bullying di Tempat Kerja

Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 12 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit
bpdy scan meditation

Body Scan Meditation, Meditasi untuk Bantu Atasi Nyeri Tubuh

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 26 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
mual karena gugup

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit