6 Penyebab Rambut Kemaluan Beruban, Meski Usia Masih Muda

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Rambut uban identik dengan rambut yang ada di kepala. Hal ini pada umumnya terjadi akibat proses penuaan alami. Semakin berumur, produksi melanin yang berfungsi untuk memberi warna pada rambut akan semakin menurun sehingga tumbuhlah uban. Namun tahukah Anda, ternyata rambut kemaluan juga bisa beruban? Menariknya, orang-orang di usia mudalah yang paling sering mengalami rambut kemaluan beruban. Kalau bukan karena proses penuaan, apa sebabnya muncul uban di daerah intim?

Berbagai penyebab rambut kemaluan beruban

1. Kekurangan vitamin B12

Rambut kemaluan beruban di usia muda dapat menandakan salah satu gejala anemia pernisiosa, yang disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B12.

Rambut mendapatkan warna alaminya dari sebuah pigmen yang disebut melanin. Pigmen melanin ini diproduksi oleh sel melanosit di dalam folikel rambut untuk memberikan warna pada rambut yang akan tumbuh.

Defisiensi vitamin B-12 menyebabkan tubuh tidak bisa menghasilkan cukup sel darah merah. Secara tidak langsung, ini akan berdampak pada produksi melanin. Aliran darah segar yang beroksigen dibutuhkan oleh folikel rambut untuk merangsang pertumbuhan rambut yang sehat. 

2. Merokok

Rokok dapat menyebabkan penuaan dini. Penelitian dari Jordan University Hospital tahun 2013 dalam Indian Dermatology Journal Online mengungkapkan bahwa merokok bisa menghambat produksi melanin. Akibatnya, munculnya uban pada rambut kemaluan pada orang-orang berusia muda.

Perokok bahkan berisiko dua hingga empat kali lipat lebih cepat mengalami rambut kemaluan beruban di usia muda daripada mereka yang tidak merokok.

3. Vitiligo

Rambut kemaluan yang memutih bisa menjadi pertanda vitiligo. Kondisi autoimun ini menyebabkan warna kulit seseorang tidak merata karena kehilangan pigmen, bahkan rambut pun ikut beruban — termasuk rambut kemaluan. 

Vitiligo adalah kondisi seumur hidup, tapi biasanya gejala vitiligo memang baru pertama kali muncul saat dewasa. Yaitu sekitar usia 20 atau 30-an.

4. Infeksi jamur White Pidera

Infeksi White Pidera disebabkan oleh spesies jamur Trichosporon asahii yang menyerang rambut. Pertumbuhan jamur ini menghasilkan warna putih atau krem di batang rambut kemaluan. Jamur ini bisa juga berada pada alis, bulu mata, dan kepala.

5. Kutu kemaluan

Kutu kemaluan adalah serangga kecil yang bisa merayap dari rambut kelamin seseorang  ke rambut kelamin lainnya selama kontak seksual.

Seseorang juga bisa terkena kutu kelamin dari pakaian, handuk, dan seprai. Saat kutu tersebut berada pada tubuh seseorang, serangga ini akan hidup dengan mengisap darah dari tubuh yang dihinggapinya.

Kutu rambut tidak benar-benar menyebabkan rambut kemaluan beruban. Namun, telur-telur yang menghinggapi batang rambut dapat menyebabkan rambut tampak memutih.

6. Paparan bahan kimia

Seiring bertambahnya usia, folikel rambut akan lebih rentan rusak akibat paparan radikal bebas dari bahan-bahan kimia — salah satunya adalah hidrogen peroksida. Folikel rambut yang rusak tidak memiliki sel melanosit untuk memproduksi pigmen pewarna rambut. Akibatnya, rambut kemaluan bisa cepat beruban.

7. Genetik

Kondisi berubahnya pigmen rambut dapat dipengaruhi oleh gen. Jika ada orang tua atau kakek dan nenek yang memiliki sifat genetik cepat beruban, keturunannya akan memiliki sifat tubuh yang sama dengan orangtuanya.

8. Stres

Stres merupakan salah satu penyebab rambut kemaluan yang sampai saat ini masih diperdebatkan oleh para ahli. Beberapa ahli percaya rambut beruban di usia dini bisa terjadi akibat stres berat yang menyebabkan gangguan kecemasan, sehingga pasokan vitamin B dalam tubuh berkurang.

Lalu bagaimana perawatan yang tepat?

Perawatan rambut kemaluan yang beruban akan disesuaikan dengan penyebabnya. Oleh karena itu, konsultasikan dulu kondisi Anda pada dokter dan beri tahu setiap gejala lainnya yang mungkin menyertai.

Jika penyebabnya adalah kekurangan vitamin B12, dokter biasanya akan meresepkan suplemen atau suntikan vitamin B-12, serta meminta Anda untuk memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12 (keju, produk susu, daging unggas, daging sapi) untuk mendukung pengobatan yang diberikan. Warna rambut kemaluan dapat kembali menjadi hitam jika asupan vitamin B-12 sudah terpenuhi.

Jika disebabkan oleh vitiligo, perawatannya akan mengikuti rencana pengobatan utama dari vitiligo itu sendiri. Misalnya dengan obat pemakaian luar atau oral, terapi laser, atau bahkan pembedahan. Rambut kemaluan beruban yang disebabkan oleh infeksi jamur atau kutu kemaluan akan diresepkan obat sesuai dengan kondisinya.

Jika rambut kemaluan memutih Anda tidak disebabkan oleh berbagai hal di atas tapi Anda merokok, segera berhenti merokok.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: November 26, 2017 | Terakhir Diedit: November 24, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca