Tidak Hanya Menyenangkan, Menggambar Ternyata Menyehatkan Bagi Anak dan Orang Dewasa, Lho!

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Sejak dini, anak-anak prasekolah sudah diajarkan menggambar dan mengenal berbagai warna. Bahkan, sampai jenjang pendidikan yang yang lebih tinggi, keterampilan ini masih terus dilatih dan digali. Selain itu, banyak pula orang dewasa yang sering meluangkan waktunya untuk menggambar dan menjadikan keterampilan tersebut sebagai mata pencaharian.

Sebenarnya, apa sih manfaat menggambar? Yuk, cari tahu lebih dalam mengenai manfaat menggambar bagi kesehatan tubuh anak dan juga orang dewasa berikut ini.

Manfaat menggambar dan mewarnai bagi tumbuh kembang anak

Bagi si kecil, menggambar sama seperti aktivitas bermain lainnya. Namun, perlu Anda ketahui bahwa menggambar ternyata mendukung tumbuh kembang anak. Berbagai manfaat yang didapatkan anak dari menggambar, antara lain:

  • Menggambar mengembangkan keterampilan motorik halus si kecil, yaitu menggunakan tangan dan jari untuk membuat suatu bentuk serta belajar memegang alat gambar dengan benar. Anda dapat mengenalkan berbagai alat gambar yang berbeda untuk meningkatkan keterampilan menggambar anak seperti pensil, krayon, spidol warna, atau cat air. Bahkan, sekarang ini alat menggambar digital yang lebih modern dan pastinya menyenangkan.
  • Menggambar dan mewarnai meningkatkan kreativitas anak dalam mewujudkan berbagai imajinasi yang ada di otaknya pada sebuah kertas. Selain itu, anak juga belajar untuk membentuk garis, mengenal pola, dan juga memilih warna. Saat ia menggambar dengan teknik meniru, ada koordinasi antara mata, otak, dan tangan yang ia asah.
  • Menggambar juga dapat merangsang perkembangan emosional dan sosial anak. Anak jadi lebih percaya diri menunjukkan hasil gambarnya pada orang lain, belajar mengekspresikan apa yang ia pikirkan dan rasakan, melatih konsentrasi, dan meningkatkan interaksi anak dengan teman sebayanya.

Pentingnya peran orangtua dalam kegiatan ini

Sudah tahu kan, segudang manfaat menggambar bagi si kecil? Agar manfaatnya bisa dirasakan oleh si kecil, maka peran Anda sebagai orangtua sangat diperlukan. Anda bisa mengajak si kecil menggambar bersama atau mengikuti kelas menggambar.

Menggambar dan mewarnai tentu bisa jadi waktu yang menyenangkan bagi Anda untuk dihabiskan bersama si kecil, bukan? Tunggu apa lagi, luangkan waktu Anda di hari libur atau hari apa saja untuk melakukan kegiatan ini bersama buah hati Anda.

Orang dewasa juga dapat merasakan manfaat menggambar

tangan kidal
Sumber: Time

Selain anak, Anda sebagai orangtua yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan menggambar bersama juga dapat merasakan manfaatnya. Kegiatan menggambar bersama anak ini bisa memperkuat ikatan anak dengan Anda, apalagi jika Anda termasuk orang yang sibuk. Anda juga bisa melihat bagaimana seberapa jauh perkembangan dan tumbuh kembang si kecil pada kegiatan ini.

Selain itu, menggambar juga bisa memperbaiki mood yang buruk. Saat Anda menggambar, perhatian dan konsentrasi Anda akan teralihkan sementara pada bentuk yang Anda gambar. Saat itulah, otak Anda akan menyingkirkan perasaan sedih, kesal, atau emosi negatif lainnya. Setelah gambar tersebut selesai, Anda pasti merasakan kepuasaan atas gambar yang Anda buat, bukan? Itulah sebabnya menggambar bisa memperbaiki suasana hati seseorang.

Dilansir dari laman Very Well, menggambar dan mewarnai menjadi salah satu kegiatan untuk art therapy atau terapi seni. Terapi ini digunakan sebagai perawatan untuk mengobati berbagai gangguan jiwa dan tekanan psikologis.

Kegiatan seni, seperti menggambar atau mewarnai digunakan sebagai media untuk mengekspresikan diri dan membantu seseorang dalam berkomunikasi. Proses kreatif yang dibangun saat menggambar dan mewarnai bisa mengurangi stres, mengelola perilaku, dan membantu seseorang mendapatkan solusi dari suatu masalah.

Baca Juga:

Sumber