5 Tips Ampuh Mengatasi Stres dan Cemas Saat Wawancara Kerja

Mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan, bukan hal yang mudah. Anda perlu mengasah kemampuan dan mengikuti tes kelayakan supaya diterima di perusahaan tersebut. Sayangnya, tes wawancara kerja ini kerap kali membuat jantung ‘dag dig dug’ lebih kencang karena cemas dan stres. Lantas, bagaimana mengatasi stres dan cemas saat wawancara kerja? Yuk, intip beberapa tipsnya berikut ini.

Kenapa wawancara kerja sering menimbulkan stres dan cemas?

Stres dan cemas bisa muncul kapan saja, salah satunya saat wawancara kerja. Kenapa? Saat menghadapi hal ini, otak Anda terus membayangkan skenario buruk yang mungkin terjadi, misalnya penolakan. Bisa juga merasa takut dan tak percaya diri saat melihat pewawancara yang terlihat galak.

Jika tidak mampu diatasi, stres dan kecemasan akan menyebabkan Anda gugup, tidak tenang, dan terus berkeringat dingin. Akibatnya, wawancara tidak berjalan sesuai harapan dan penilaian terhadap penampilan Anda akan minus.

Tips mengatasi stres dan cemas saat wawancara kerja

Cemas saat wawancara kerja tidak bisa Anda cegah. Pasalnya, rasa cemas akan tetap muncul memberi peringatan pada Anda untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi. Jangan khawatir, Anda tetap bisa mengatasinya dengan beberapa tips, seperti:

1. Lakukan terapi inhalasi dan visualisasi

Rasa cemas dan tidak tenang menjelang interview, harus bisa Anda atasi sendiri. Caranya, lakukan terapi inhalasi dan visualisasi. Temukan ruangan yang tenang, supaya Anda mudah memusatkan konsentrasi.

Kemudian, posisi tubuh Anda duduk tegak dan tutup mata. Selanjutnya, tarik napas dalam dan buang secara perlahan. Lakukan hal ini secara berulang hingga Anda merasa lebih tenang. Untuk menghilangkan pikiran negatif yang terus muncul sekaligus meningkatkan kepercayaan diri, coba lakukan terapi visualisasi. Bayangkan kesuksesan dan pencapaian terbaik yang pernah Anda dapatkan sebagai motivasi.

2. Perdalam pengetahuan mengenai perusahaan yang Anda lamar

Apa sih yang Anda lakukan ketika wawancara kerja? Anda pasti akan diberi pertanyaan mengenai kemampuan bekerja dan sejauh mana Anda mengetahui perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan.

Untuk menghindari cemas dan stres karena tidak bisa menjawab pertanyaan, Anda perlu mencari tahu dan mempelajari latar belakang perusahaan dengan baik. Kemudian, cobalah untuk berlatih berbicara di depan kaca, supaya Anda terbiasa dan lancar ketika menjawab pertanyaan.

3. Siapkan semua benda yang Anda butuhkan

Persiapan yang matang membantu Anda mengatasi rasa cemas nantinya. Anda juga jadi lebih yakin dan tidak lagi cemas memikirkan hal yang sepele, seperti lupa membawa sertifikasi, alat tulis, portofolio, dan berkas penting lainnya.

Siapkan benda-benda yang menurut Anda penting untuk wawancara sehari sebelumnya dan masukkan ke dalam tas. Jadi, Anda tidak perlu pusing mencari-cari benda tersebut sebelum Anda berangkat untuk wawancara.

4. Pilih pakaian yang nyaman

Memilih pakaian terbaik untuk wawancara kerja bukan hanya dilihat dari modelnya saja. Anda perlu mengutamakan kesopanan dan kenyamanan. Pakaian yang membuat Anda tidak nyaman saat digunakan, tentu saja akan semakin membuat perasaan cemas menjadi-jadi.

5. Terapkan gaya hidup sehat

Mungkin Anda bertanya-tanya apa hubungannya gaya hidup sehat dengan cemas saat wawancara kerja? Tentu saja ada. Gaya hidup sehat mengarahkan seseorang untuk menjaga asupan makanannya, tidur cukup, dan menghindari rokok dan minum alkohol.

Ya, memilih makanan yang sehat membuat tubuh Anda tetap sehat. Anda tentu jauh dari penyakit atau gangguan pencernaan, seperti diare atau sembelit yang membuat Anda tidak nyaman saat wawancara. Kemudian, tidur cukup membantu bangun lebih pagi sehingga menghindari telat datang ke tempat wawancara. Begitu juga dengan rokok dan alkohol. Keduanya bisa merusak penampilan Anda keesokkan harinya.

Perlukah pergi ke dokter untuk mengatasi kondisi ini?

Sebenarnya, rasa cemas adalah respons alami tubuh terhadap stres. Jadi, wajar saja jika hal ini dirasakan oleh semua orang dan umumnya bisa diatasi oleh Anda sendiri dengan baik.

Bila kecemasan yang hadir tidak mampu Anda atasi sendiri, bantuan psikolog atau dokter spesialis kejiwaan sangat diperlukan. Jangan biarkan kecemasan dan stres saat wawancara tersebut, terus menghantui Anda. Bahkan membuat Anda berulang kali gagal melakukan wawancara kerja dengan baik.

Baca Juga:

dr. Chrisendy Hakim Dokter Umum
dr. Chrisendy Hakim adalah seorang Health Promotion Director yang berpraktik di Jakarta Pusat, DKI Jakarta. dr. Chris memiliki passion yang sangat besar dalam promosi kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan dr. Chris yang dikenal aktif bekerja sama dalam memberikan edukasi kepada masyarakat dengan menjadi pembicara, shooting sebagai Host, serta menjadi Event Organizer di berbagai event seminar kesehatan awam di kota-kota besar se-Indonesia. dr. Chris juga sering diundang sebagai moderator di symposium dan workshop untuk kalangan dokter, dan juga aktif berperan serta dalam beberapa organisasi dan komunitas kesehatan. Prinsip yang dipegang dr. Chris yaitu pengobatan dokter akan lebih optimal apabila diiringi dengan kesadaran masyarakat itu sendiri dalam upaya pencegahan terhadap penyakit. Selain itu dr. Chris juga memiliki ketertarikan di bidang kesehatan ibu dan anak karena setiap insan yang terlahir di dunia ini pasti dimulai dari sang ibu. Jadi alangkah baiknya kita memberikan pelayanan kesehatan maupun penyuluhan yang optimal  dan holistik untuk para wanita yang kelak juga akan menjadi ibu bagi sang anak supaya kualitas hidupnya dapat ditingkatkan sehingga dapat optimal dalam mengasuh sang anak. Kemudian, kesehatan sang anak juga penting kita perhatikan secara komprehensif karena seorang anak merupakan generasi penerus bangsa dan negara kita tercinta.
Selengkapnya
Artikel Terbaru