Jangan Asal, Pengobatan Leher Bengkak Itu Berbeda Tergantung Penyebabnya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Mengobati leher bengkak tak bisa pakai sembarang cara. Pasalnya, kondisi ini biasanya disebabkan oleh berbagai hal yang berbeda-beda. Berikut berbagai pilihan pengobatannya sesuai dengan penyebabnya.

Pilihan cara mengobati leher bengkak

Berikut ini adalah berbagai pengobatan leher bengkak sesuai dengan penyebabnya.

Leher bengkak akibat pembengkakan kelenjar getah bening

ciri kanker kelenjar getah bening gejala kanker getah bening

Pembengkakan kelenjar getah bening bisa membuat leher menjadi bengkak. Kondisi ini biasanya muncul akibat beberapa kondisi, seperti infeksi bakteri atau virus, penyakit autoimun, dan kanker

Masalah kesehatan ini biasanya ditandai dengan adanya benjolan lunak, seukuran kacang merah atau anggur. Benjolan umumnya terasa sakit saat dipegang. Hal ini menandakan adanya proses peradangan.

Pembengkakan kelenjar getah bening juga sering diikuti oleh gejala lain, seperti demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan batuk.

Biasanya bengkak ini akan menghilang dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan khusus. Di samping itu, ada berbagai cara mengobati leher bengkak akibat kelenjar getah bening yang dianjurkan, seperti:

  • Antibiotik, jika pembengkakan disebabkan oleh infeksi bakteri
  • Obat antiradang, jika mengalami pembengkakan jaringan
  • Acetaminophen atau ibuprofen untuk menghilangkan rasa sakit
  • Kompres hangat ke area yang bengkak
  • Minum banyak cairan
  • Beristirahat untuk memulihkan kondisi tubuh

Leher bengkak akibat nodul tiroid

benjolan berisi nanah di leher

Nodul tiroid adalah pertumbuhan abnormal sel tiroid yang membentuk benjolan di dalam kelenjar tersebut. Tidak ada yang tahu persis apa penyebab nodul tiroid.

Kondisi ini sangat umum dan biasanya muncul pada orang di usia 60 tahun. Selain itu, untuk beberapa kasus, nodul tiroid akan menghasilkan hormon tiroksin, hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid.

Sebagian besar nodul tiroid umumnya tidak menimbulkan gejala, selain pembengkakan leher. Namun, kondisi ini dapat disertai gejala hipertiroid seperti penurunan berat badan tanpa sebab, tremor, berdebar-debar.

Beberapa cara mengobati leher bengkak akibat nodul tiroid, antara lain:

Yodium radioaktif

Obat ini digunakan jika nodul sampai menghasilkan hormon tiroid yang berakibat produksi berlebihan di tubuh (hipertiroidisme).

Yodium radioaktif biasanya akan diberikan dalam bentuk kapsul atau cair agar nodul menyusut. Ketika menyusut, tanda dan gejala hipertiroidisme pun akan mereda.

Obat anti-tiroid

Obat anti-tiroid biasanya diresepkan untuk mengurangi gejala hipertiroidisme. Adapun obat yang diberikan yaitu methimazole (Tapazole).

Pembedahan

Jika nodul ini memiliki sel kanker atau sangat menganggu aktivitas, maka pengobatan utamanya adalah pengangkatan benjolan melalui operasi.

Namun, jika ukurannya terlalu kecil untuk diangkat, dokter akan melakukan pemeriksaan USG setiap 6 sampai 12 bulan sekali.

Leher bengkak akibat goiter

Bengkak di leher bisa disebabkan oleh penyakit goiter. Penyakit goiter sendiri muncul karena kurangnya yodium dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari (hipotiroidisme).

Meski tidak menimbulkan rasa sakit, goiter biasanya membuat seseorang mengalami kesulitan menelan atau bernapas. Pengobatannya sendiri biasanya bergantung pada ukuran, gejala, dan penyebabnya.

Goiter yang berukuran kecil biasanya akan hilang sendiri tanpa perlu perawatan khusus. Namun, untuk goiter yang berukuran besar sampai membuat leher bengkak, berikut pilihan cara mengobati kondisi ini:

Obat-obatan

Jika Anda memiliki hipotiroidisme, dokter akan memberikan obat seperti levotiroksin (Levoxyl, Synthroid, Tirosint).

Obat-obatan ini membantu mengatasi gejala hipotiroidisme dengan memperlambat hormon perangsang tiroid. Biasanya cara ini dapat membantu mengurangi pembengkakan.

Operasi

Operasi  atau pembedahan kerap menjadi pilihan untuk membantu menghilangkan semua atau sebagian kelenjar tiroid.

Biasanya cara ini dilakukan jika pembengkakan berukuran sangat besar sehingga membuat Anda kesulitan bernapas hingga menelan.

Pasalnya, ketika bengkak di leher terlalu besar sulit untuk mengobati kondisi ini dengan cara lain (obat misalnya). Untuk itu, operasi atau pembedahan menjadi alternatif yang biasanya direkomendasikan.

Mengonsumsi cukup yodium

Goiter paling sering disebabkan saat seseorang kekurangan yodium. Oleh sebab itu, pastikan bahwa Anda makan cukup garam beryodium, udang, kerang, atau rumput lain sebagai sumber yodium terbaik.

Leher bengkak akibat gondongan

obat parotitis atau gondongan, penyakit gondongan, gondongan pada anak, penyebab gondongan

Gondongan termasuk salah satu masalah kesehatan yang juga bisa membuat leher bengkak. Dilansir dari Mayo Clinic, penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang kelenjar penghasil air liur di dekat telinga.

Gondong membuat kelejar ludah membengkak sehingga membuat pipi dan rahang bawah membesar. Akibatnya, bagian leher terlihat seperti membengkak.

Kondisi ini biasanya pulih dalam waktu beberapa minggu dengan beristirahat. Selain itu, pilihan cara lain untuk mengobati leher bengkak akibat gondongan, yaitu:

  • Minum obat penghilang rasa sakit, seperti acetaminophen atau ibuprofen untuk meredakan gejala
  • Mengompres dingin atau hangat untuk meringankan nyeri
  • Makan makanan yang lunak agar tidak sakit saat mengunyah
  • Minum banyak cairan
  • Menghindari makanan asam yang merangsang produksi air liur

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk membatasi kontak dengan orang lain, setidaknya lima hari pasca kemunculan gejala. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah penularan virus.

Leher bengkak akibat kista branchial cleft

sakit leher pada anak

Kista ini adalah jenis cacat lahir yang membuat benjolan muncul di satu atau kedua sisi leher anak atau di bawah tulang selangka.

Cacat lahir ini terjadi di awal perkembangan janin karena lengkungan faring gagal berkembang. Lengkungan faring ini merupakan bagian dari struktur utama leher.

Bagian ini nantinya mengandung jaringan untuk membentuk tulang rawan, tulang, pembuluh darah, dan otot. Selain benjolan, tanda yang terlihat lainnya, yaitu adanya cairan yang mengalir dari leher anak.

Pembengkakan juga akan terasa nyeri saat ditekan yang biasanya terjadi akibat infeksi.

Untuk mengobati leher bengkak akibat kista branchial cleft, dokter biasanya akan mengalirkan cairan kista untuk mengecilkan pembengkakan.

Jika kista mengalami infeksi, doker akan meresepkan antibiotik. Selain itu, untuk mencegah kemungkinan infeksi di masa depan, dokter biasanya merekomendasikan Anda untuk mengangkat kista.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca