3 Langkah Mudah Membuat Teh Sage Sendiri di Rumah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Teh tidak hanya disajikan dari daun teh saja. Anda bisa memanfaatkan tanaman herbal lain sebagai pengganti daun teh, salah satunya daun sage. Teh daun sage cukup dikenal karena khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Namun, bagaimana cara membuat teh sage? Simak ulasannya berikut ini.

Sekilas mengenai manfaat tanaman sage

Sage merupakan tanaman berdaun hijau dengan bunga berwarna ungu. Tanaman ini dikenal sebagai penyedap makanan sekaligus obat tradisional. Dalam pengobatan tradisional, daun sage digunakan untuk menyembuhkan rematik, keringat berlebihan, hingga gangguan pencernaan, seperti diare, kembung, dan mulas.

Berdasarkan studi dari Journal of Traditional Complementary Medicine, tanaman sage mengandung berbagai senyawa aktif yang menyehatkan. Beberapa senyawa aktif tersebut antara lain antioksidan, antiradang, antimikroba, dan hipolipidemik (penurun kolesterol).

Senyawa aktif inilah yang membuat tanaman sage dijadikan sebagai obat tradisional. Selain dalam bentuk ekstrak, manfaat tanaman sage juga bisa didapat dengan meraciknya menjadi teh.

Cara membuat teh sage di rumah

manfaat teh sage

Manfaat sage yang melimpah, tentu membuat Anda tertarik, bukan? Jika Anda tertarik untuk membuat teh sage, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pilih daun sage yang terbaik

Untuk membuat teh sage, bahan utama yang dibutuhkan adalah daun sage. Anda bisa mendapatkan tanaman ini dengan mudah di pasar atau toko, baik dalam kondisi segar maupun sudah dikeringkan.

Jika Anda ingin menggunakan daun sage, pilih yang kondisinya masih segar, yakni tidak layu maupun rusak. Kemudian, cuci lebih dahulu sebelum Anda meraciknya menjadi teh. Sementara jika Anda menggunakan sage yang dikeringkan, selalu perhatikan masa berlakunya  di kemasan.

2. Siapkan bahan yang diperlukan

Cara selanjutnya untuk membuat teh sage adalah menyiapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Anda butuh panci untuk merebus air, saringan, dan wadah untuk teh. Kemudian, siapkan bahan untuk membuat teh, seperti:

  • 1 liter air
  • 141 gram daun sage segar (kira-kira 45 buah daun) atau 4 sendok makan sage kering
  • 2 sendok makan gula
  • 1 1/2 sendok parutan kulit lemon
  • 3 sendok makan perasan lemon

3. Proses pembuatan

      Cara membuat teh sage ini dimulai dengan merebus air. Kemudian, tambahkan semua bahan ke dalam wadah rebusan air dan aduk perlahan. Diamkan air mendidih dalam 20 hingga 30 menit dan aduk sesekali.

      Setelah mendidih, matikan api dan saring daun-daun dari rebusan air supaya lebih mudah untuk diminum. Anda bisa meminumnya selagi panas atau hangat sesuai keinginan.

      Boleh minum teh sage, asal …

      cara memilih dokter internis terbaik

      Cara membuat teh sage cukup mudah seperti halnya membuat teh pada umumnya. Anda bisa menikmati teh ini kapan saja, di pagi hari untuk mengawali aktivitas atau di malam hari menjelang tidur. Akan tetapi, sebelum minum teh sage, Anda harus memperhatikan beberapa hal, seperti:

      • Konsultasi lebih dahulu pada dokter jika Anda sedang dalam perawatan suatu penyakit. Terutama jika Anda menggunakan obat tidur, obat diabetes, dan obat kejang. Pasalnya, senyawa aktif sage bisa berinteraksi dengan obat-obatan tersebut.
      • Pastikan Anda bebas dari alergi sage. Jika Anda memiliki alergi pada peppermint dan oregano, sebaiknya jangan minum teh sage. Oregano dan pappermint berasal dari keluarga (famili) tanaman yang sama dengan sage sehingga kemungkinan juga bisa menimbulkan reaksi alergi.
      • Minum secukupnya saja, yakni sekitar 3 gelas per hari agar tidak berlebihan dan menimbulkan efek samping yang mengganggu.

      Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

      Apakah artikel ini membantu Anda?
      happy unhappy
      Sumber

      Yang juga perlu Anda baca

      Berbagai Manfaat Teh Honeybush, Teh Herbal dengan Rasa Madu Alami

      Teh honeybush adalah minuman herbal asal Afrika yang terbuat dari tanaman honeybush. Selain nikmat, teh honeybush juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

      Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
      Ditulis oleh: Diah Ayu
      Hidup Sehat, Fakta Unik 8 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

      3 Manfaat Mengejutkan Minum Teh Rooibos untuk Tubuh Anda

      Jika bosan dengan teh biasa, Anda bisa mencoba teh rooibos. Sama seperti teh lainnya, teh rooibos juga memberikan manfaat bagi tubuh. Apa saja?

      Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
      Ditulis oleh: Aprinda Puji
      Nutrisi, Hidup Sehat 2 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit

      3 Cara Mudah Membuat Teh Kayu Manis di Rumah

      Kayu manis yang harum dan manis bisa Anda jadikan sebagai teh. Namun, bagaimana cara membuat teh kayu manis? Lihat langkah pembuatannya di sini.

      Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
      Ditulis oleh: Aprinda Puji
      Hidup Sehat, Tips Sehat 16 November 2019 . Waktu baca 4 menit

      Efek Samping Minum Teh Sage dan Tips untuk Menghindarinya

      Tanaman sage dikenal sebagai obat tradisional sehingga sering dibuat teh. Namun, tahukah Anda minum teh sage juga dapat menimbulkan efek samping. Apa saja?

      Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
      Ditulis oleh: Aprinda Puji
      Nutrisi, Hidup Sehat 9 November 2019 . Waktu baca 4 menit

      Direkomendasikan untuk Anda

      manfaat teh chamomile

      6 Khasiat Teh Chamomile yang Baik Bagi Tubuh

      Ditulis oleh: Novita Joseph
      Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 3 menit
      kafein dalam kopi

      Perbandingan Jumlah Kafein dalam Kopi, Teh, dan Cokelat

      Ditulis oleh: Arinda Veratamala
      Dipublikasikan tanggal: 6 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
      teh tanpa kafein

      3 Jenis Teh yang Tidak Mengandung Kafein

      Ditulis oleh: Novita Joseph
      Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
      minum teh herbal saat hamil

      Amankah Teh Herbal untuk Ibu Hamil?

      Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
      Ditulis oleh: Winona Katyusha
      Dipublikasikan tanggal: 10 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit