6 Tips Memperjuangkan Hubungan Jarak Jauh (LDR) Agar Tetap Awet dan Harmonis

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Menjalani hubungan jarak jauh alias long-distance relationship (LDR) tentu penuh dengan tantangan. Ada kalanya Anda dan pasangan saling dilanda rindu, namun ada pula masa-masa hubungan Anda cenderung membosankan. Bagaimana tidak, minimnya sebuah pertemuan membuat hubungan yang Anda jalani hanya sekadar bertukar pesan, menelepon, atau video call saja. Jangan khawatir, jaga keutuhan dan keromantisan hubungan Anda bersama pasangan dengan tips LDR berikut ini.

Tips LDR yang ampuh bikin hubungan jarak jauh tetap romantis dan harmonis

1. Hargai setiap perbedaan yang ada

Anda dan pasangan tentu memiliki sifat dan kebiasaan yang berbeda. Terlebih kini Anda dan pasangan harus hidup berjauhan sehingga menambah daftar perbedaan Anda berdua. Misalnya berbeda dalam zona waktu, kesibukan, dan sebagainya.

Tips LDR yang paling penting adalah Anda dan pasangan wajib menghargai setiap perbedaan yang ada, bahkan Anda berdua bisa saling menguatkan lewat perbedaan tersebut. Ambil contoh, pasangan Anda kini harus menempuh pendidikan di luar negeri dengan perbedaan zona waktu yang cukup jauh.

Jangan cemas dulu, perbedaan tersebut justru bisa melatih tingkat kesabaran dan membuat Anda berdua belajar soal prioritas. Jadikan perbedaan ini sebagai cara pendewasaan untuk memperkuat hubungan Anda.

2. Saling percaya

Hidup saling berjauhan sering kali menimbulkan banyak spekulasi. Ya, tidak membalas pesan hanya dalam beberapa saat saja bisa memicu kecurigaan. Misalnya, takut si pasangan sedang asyik berselingkuh dengan orang lain atau memang sedang malas membalas pesan Anda yang bertubi-tubi.

Nah, tips LDR yang kedua adalah cobalah untuk saling percaya satu sama lain. Terlalu sering menaruh curiga pada pasangan dapat membuatnya tidak nyaman dan selalu merasa tertuduh.

Ketimbang bergelut dengan rasa curiga, sebaiknya buatlah komitmen untuk saling percaya. Ingat, saling percaya juga harus dilandasi dengan keterbukaan dan kejujuran. Ini akan membuat hubungan jarak jauh Anda dan pasangan tetap harmonis dan romantis.

3. Jaga komunikasi

Perbedaan kesibukan dan zona waktu adalah hal yang paling sering jadi penyebab timbulnya masalah pada hubungan jarak jauh. Ya, ini bisa memicu konflik bila komunikasi Anda dan pasangan tidak lancar. Misalnya saja, pasangan Anda sedang sibuk mengerjakan deadline pekerjaan sehingga tidak sempat mengabari Anda.

Nah, tips LDR selanjutnya adalah menjaga komunikasi dengan pasangan. Pasalnya, komunikasi yang tidak lancar bisa memicu masalah kecil dalam hubungan. Jika dibiarkan, masalah ini bisa berlarut-larut dan semakin membesar hingga mengganggu keharmonisan hubungan.

Cobalah untuk meluangkan waktu bersama pasangan untuk mencari tahu bagaimana dan kapan waktu terbaik untuk saling berkomunikasi. Telepon selama tiga menit dinilai lebih baik ketimbang merangkai kata-kata melalui pesan singkat.

Namun, dilansir dari laman Psychology Today, pemilihan kata saat bertukar pesan singkat juga perlu diperhatikan. Pasalnya, berkomunikasi melalui media dapat menimbulkan kesalahpahaman daripada berbicara secara langsung. Akibatnya, ini bisa membuat Anda bertengkar dengan pasangan.

Karena itu, jangan ragu untuk menanyakan pada pasangan bila Anda menemukan kata-kata yang kurang berkenan. Banyak bertanya justru lebih aman ketimbang mengasumsikan sendiri dan berujung pada pertengkaran.

4. Tunjukkan hal-hal baru sesering mungkin

Saling menelepon atau bertukar kabar sudah menjadi rutinitas yang biasa dilakukan oleh pasangan LDR. Kegiatan yang itu-itu saja cenderung membuat Anda dan pasangan dilanda bosan.

Nah, tips LDR untuk mencegah kebosanan dalam hubungan adalah melakukan hal-hal baru yang mungkin belum atau jarang dilakukan oleh Anda dan pasangan. Anda bisa mencoba membaca buku yang sama, menonton film yang sama, mendiskusikan berita terhangat bersama, atau hal-hal baru lainnya yang bisa dilakukan bersama-sama. Dengan demikian, hubungan jarak jauh Anda dan pasangan menjadi tidak flat dan jauh dari kata bosan.

5. Sering memberi kejutan

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Communiation tahun 2013, pasangan yang berada dalam hubungan jarak jauh lebih cenderung berbagi pikiran dan perasaan yang bermakna daripada yang tidak.

Rupanya, seseorang dalam hubungan jarak jauh cenderung memperhatikan perilaku pasangan mereka untuk mendapatkan keintiman yang besar.

Nah, salah satu tips LDR yang bisa Anda lakukan adalah memberi kejutan untuk pasangan. Saling memberikan kejutan dapat memperkuat ikatan dalam hubungan, sebab Anda maupun pasangan akan merasa sangat diperhatikan. Hal ini dapat membuat hubungan asmara kian awet dan harmonis.

Kejutan ini tidak harus yang bersifat mewah, kok. Mendapatkan kejutan sederhana seperti surat cinta di pagi hari atau video romantis saja sudah bisa meningkatkan suasana hati.

6. Buat rencana pertemuan

Obat terbaik dari hubungan jarak jauh atau LDR memanglah sebuah pertemuan. Tidak perlu memastikan berapa lama waktu Anda dan pasangan harus bertemu, tetapi yang penting adalah merencanakan sebuah pertemuan.

Ambillah waktu libur panjang atau libur akhir tahun untuk bisa saling bertemu. Pilihlah lokasi yang terjangkau oleh Anda dan pasangan serta rencanakan kegiatan apa saja yang akan Anda berdua lakukan saat bertemu nanti. Dengan perencanaan yang matang, Anda dan pasangan menjadi terdorong untuk terus berjuang mempertahankan hubungan LDR ini setiap harinya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca