3 Keuntungan dan Kerugian Jika Berpacaran Dengan Pria yang Lebih Muda

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Bagi sebagian besar wanita, pasangan ideal adalah pria yang usianya lebih tua beberapa tahun dari mereka. Namun, tidak sedikit wanita yang justru memiliki pasangan pria yang usianya lebih muda. Jika pria lebih muda bisa membuat nyaman, mengapa tidak?

Pada dasarnya, usia hanyalah sebuah angka yang tidak menentukan tingkat kedewasaan seseorang, tapi tak jarang Anda merasa bimbang apakah perlu melanjutkan hubungan ini atau tidak karena minder dan takut dianggap pasangan tidak ideal. Tenang, pertimbangkan dulu baik-buruknya pacaran dengan pria lebih muda lewat artikel berikut ini.

Kelebihan menjalin hubungan dengan pria lebih muda

Perbedaan usia terkadang membuat Anda bimbang untuk melanjutkan atau mengakhiri hubungan, terlebih bila Anda memiliki pacar yang berusia lebih muda. Anda mungkin berpikir pria lebih muda biasanya memiliki pemikiran yang belum dewasa dan mengharuskan Anda untuk lebih ngemong. Belum lagi hubungan asmara dengan pria lebih muda sering kali dipandang sebelah mata oleh orang lain.

Dibalik itu semua, ternyata ada beberapa kelebihan jika Anda memiliki hubungan asmara dengan pria lebih muda, di antaranya:

1. Pacaran jadi lebih menyenangkan

hubungan asmara

Menjalin hubungan asmara dengan pria lebih muda akan menghadirkan suasana baru dalam hidup Anda. Ya, gaya pacaran dengan pria lebih muda tentu akan berbeda bila Anda berpacaran dengan pria yang usianya lebih tua dari Anda.

Dilansir dari laman Shape, pria usia muda lebih suka berpetualang dan mengeksplor banyak hal, termasuk saat berpacaran. Pria usia muda cenderung memiliki ide-ide kreatif untuk menyenangkan hati Anda saat berpacaran, baik secara fisik dan emosional.

Dengan demikian, menjalin hubungan dengan pria lebih muda justru bisa membuat kisah asmara Anda semakin romantis dan harmonis. Tidak hanya itu, Anda akan merasa sangat diutamakan dan dihargai olehnya.

2. Lebih terbuka

mencari pasangan mirip orangtua

Dengan siapapun Anda menjalin hubungan, tentunya Anda ingin tahu seluk-beluk kehidupan pasangan, termasuk soal mantan pacar dan kehidupan asmaranya di masa lalu.

Menurut Samantha Daniels, seorang ahli jodoh profesional sekaligus pemimpin Samantha’s Table Matchmaking, semakin muda usia pasangan, maka ia akan semakin terbuka dengan Anda, baik itu tentang masa lalunya, mantan pacarnya, dan sebagainya.

Akan tetapi, Anda tetap perlu berkompromi dengan pasangan tentang hal ini untuk mencegah segala konflik. Ambil contoh, saat Anda dan pasangan dilanda konflik, mungkin Anda membutuhkan waktu sendiri untuk menenangkan diri, sementara pasangan mungkin ingin segera menyelesaikannya saat itu juga.

Hal-hal seperti itu yang harus didiskusikan bersama supaya hubungan asmara terus langgeng dan awet.

3. Jadi awet muda

Menghabiskan banyak waktu dengan pasangan yang lebih muda dapat membantu memunculkan aura jiwa muda Anda.Pasalnya, tidak menutup kemungkinan pasangan Anda akan mengajak Anda melakukan aktivitas yang mungkin belum pernah atau jarang Anda lakukan sebelumnya.

Misalnya saja menjelajah tempat-tempat menarik yang belum pernah Anda kunjungi. Ya, berpacaran dengan pria lebih muda dapat membuat Anda tersenyum lebih banyak dan membuat Anda awet muda.

Tetapi, pertimbangkan ini dulu saat ingin berhubungan dengan pria lebih muda

Dilansir dari Psychology Today, wanita sukses cenderung memilih untuk menjalin hubungan dengan pria lebih muda. Pasalnya, wanita sukses menjadi lebih terbuka untuk membantu pasangannya agar lebih semangat dan saling mendukung satu sama lain.

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika berpacaran dengan pria yang usianya lebih muda dari Anda.

1. Perbedaan gaya hidup

memamerkan hubungan asmara

Hal yang bisa jadi hambatan saat menjalin hubungan dengan pria lebih muda adalah perbedaan gaya hidup. Pasalnya, tak jarang pria yang lebih muda cenderung memilih untuk berkumpul dengan teman-temannya ketimbang jalan dengan Anda. Ini mungkin akibat cara berpikirnya masih tak sedewasa Anda.

Sebelum hal ini memicu pertengkaran, baiknya Anda diskusikan dengan pasangan untuk menyesuaikan gaya hidup masing-masing. Buatlah komitmen dengan pasangan tentang pembagian waktu, kapan saatnya untuk hang out dengan teman-teman dan kapan waktunya berkencan dengan Anda.

2. Pria lebih muda cenderung takut berkomitmen

jarak usia pasangan

Saat Anda memilih untuk berpacaran dengan pria lebih muda, itu artinya Anda harus siap dengan cara dia berkomitmen. Pasalnya, pria yang berusia lebih muda cenderung takut untuk berkomitmen. Nah, hal ini akan menyulitkan hubungan asmara Anda berdua bila Anda menginginkan komitmen dalam hubungan.

Menurut Robi Ludwig yang merupakan seorang psikoterapis, pria yang berusia lebih muda cenderung belum siap dengan tekanan dan tanggung jawab pada sebuah komitmen.

Ini karena mereka belum cukup matang secara emosional, dengan kata lain bisa jadi pria tersebut belum siap untuk menuju ke jenjang selanjutnya. Artinya, Anda harus siap untuk menunggunya sampai dia siap untuk berkomitmen.

3. Sulitnya penerimaan dari pihak keluarga atau teman

hubungan tidak bahagia

Ketika ada perbedaan usia yang cukup jauh, biasanya pihak keluarga atau teman cenderung meragukan hubungan asmara Anda. Bahkan, bisa saja mereka tidak merestui hubungan Anda.

Salah satu contohnya, Anda menjadi sulit untuk bersosialisasi dengan teman-teman pasangan Anda, begitu juga sebaliknya. Akibatnya, kehidupan sosial Anda berdua menjadi canggung dan tidak mudah mendapatkan penerimaan dari kedua belah pihak.

Oleh karena itu, Anda berdua perlu berdiskusi satu sama lain untuk menemukan solusi terbaik guna mengatasi jurang perbedaan tersebut. Sebab, bukan hal yang mustahil untuk bisa mendapatkan restu dari pihak keluarga dan teman dari kedua belah pihak bila Anda berdua memang serius menjalani hubungan asmara ini.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca