Cemburu dengan Mantan Pacar Pasangan? Yuk, Atasi dengan 3 Tips Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 01/10/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Cemburu dalam sebuah hubungan adalah perasaan yang sangat normal dirasakan oleh setiap pasangan. Terlebih lagi ketika perasaan cemburu tersebut berhubungan dengan mantan pacar, alias masa lalu, pasangan Anda. 

Walaupun sangat biasa terjadi, jika Anda membiarkan kecemburuan tersebut mengambil alih emosi, tentu akan berdampak buruk terhadap hubungan Anda berdua. Kabar baiknya, kondisi ini biasa diatasi dengan mengurangi perasaan cemburu terhadap mantan pacar pasangan Anda, bagaimana caranya?

Menghilangkan rasa cemburu terhadap mantan pacar pasangan

pacar sahabat cemburu

Seperti yang dilansir dari laman Psych Alive, cemburu timbul akibat kurangnya rasa percaya diri sehingga Anda merasa orang lain lebih baik daripada Anda. 

Misalnya, pasangan Anda mempunyai mantan kekasih yang berprofesi di dunia entertainment. Jika dibandingkan dengan yang mungkin hanya karyawan biasa, akan muncul rasa cemburu atau tidak aman, terlebih ketika pasangan Anda membicarakan mantannya. 

Akibatnya, mulai timbul rasa ragu dan pikiran negatif terhadap pasangan Anda sehingga berpengaruh terhadap hubungan Anda berdua. Padahal, apa yang dibicarakan pasangan Anda sebenarnya hal yang umum, bukan menunjukkan tanda-tanda cinta lama bersemi kembali. 

Supaya hal ini tidak memengaruhi hubungan Anda berdua, cobalah untuk mengurangi perasaan cemburu terhadap mantan pacar (masa lalu) pasangan Anda dengan beberapa cara di bawah ini. 

1.  Mengakui kecemburuan tersebut

tanda pria cemburu

Salah satu cara untuk menghilangkan cemburu terhadap mantan pacar pasangan Anda adalah dengan mengakuinya terlebih dulu. Cemburu adalah perasaan yang sangat normal dan manusiawi, sehingga wajar saja apabila Anda merasa mendapat ‘ancaman’ dari orang yang dulu pernah mengisi hari-hari pasangan Anda. 

Tidak perlu menyangkal karena penyangkalan tersebut hanya akan menambah rasa cemburu dan pikiran negatif pada pasangan Anda. Akibatnya, Anda tidak dapat memercayai pasangan Anda sepenuhnya. 

Dengan mengakui perasaan tersebut, Anda tahu bahwa hal ini harus dibicarakan dengan pasangan. 

2. Mantan pacar pasangan hanyalah masa lalu

balikan sama mantan

Selain mengakui rasa cemburu tersebut, Anda juga harus menyadari bahwa mantan pacar pasangan Anda hanyalah masa lalu. Sebab, masa sekarang, Andalah yang sedang menjalin hubungan dengan pasangan Anda, bahkan mungkin untuk di masa depan. 

Ingat, hubungan mantan pacar pasangan dengan pasangan Anda sudah berakhir, sehingga seharusnya hal tersebut tidak lagi menjadi persoalan bagi Anda berdua. Cobalah untuk membangun kembali rasa kepercayaan terhadap pasangan Anda dengan mengurangi pertanyaan yang menuduh atau menghakimi. 

3. Fokus terhadap masa kini dan masa depan

cerita soal mantan

Alih-alih mengurusi masa lalu, bukankah lebih baik Anda fokus terhadap hubungan dengan pasangan saat ini? 

Walaupun menghilangkan rasa cemburu terhadap mantan pacar pasangan terkadang sulit, Anda bisa memulainya dengan lebih fokus terhadap masa kini. Cobalah untuk saling menghargai dan menyayangi dalam hubungan Anda berdua. 

Misalnya, dengan menjadwalkan dan menyusun rencana kencan Anda berdua akan terdengar lebih menyenangkan dibandingkan memikirkan masa lalu pasangan, bukan? Bangun fondasi hubungan yang kuat di antara Anda dan pasangan dengan komunikasi yang baik. 

Setidaknya, cara ini dapat mengalihkan pikiran negatif Anda terhadap masa lalu pasangan yang mungkin membuat Anda merasa tidak nyaman dan cemburu. 

Cemburu terhadap mantan pacar pasangan adalah hal yang sangat wajar, tetapi ingat jangan sampai perasaan tersebut membutakan Anda dan membuat Anda mengambil keputusan yang tidak bijak.

Jika Anda merasa tidak nyaman, bicarakan baik-baik dengan pasangan Anda sebelum menuduhnya macam-macam. Jangan lupa bahwa ciri dari hubungan yang sehat dan kuat berasal dari komunikasi dan percaya satu sama lain. 

Sumber Foto: NBC News

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Suka Membandingkan Pasangan dengan Mantan? Ini Dampak Negatifnya

Membandingkan pasangan dengan mantan kekasih ternyata berdampak negatif bagi hubungan Anda. Berikut dampak negatif tersebut beserta cara menghindarinya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Seks & Asmara 12/07/2019 . Waktu baca 4 menit

5 Kunci Antigagal Agar Berhenti Memikirkan Si Mantan

Meski si dia itu mantan terindah Anda, tidak mustahil untuk dilupakan kok! Ini rahasia cara paling jitu agar berhenti memikirkan mantan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 01/06/2019 . Waktu baca 3 menit

5 Cara Bijak Menghadapi Pacar yang Cemburuan

Cemburu itu wajar. Namun kalau sampai keterusan dan tidak beralasan, pasti Anda juga jadi jengah. Lantas harus bagaimana meladeni pacar yang cemburuan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Seks & Asmara 30/04/2019 . Waktu baca 4 menit

4 Tips Jitu Memadamkan Kobaran Api Cemburu Tanpa Drama

Cemburu itu bumbu asmara. Namun hati-hati kalau sudah terlanjur cemburu buta. Kalau salah langkah menghadapinya, hubungan Anda bisa kandas di tengah jalan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Seks & Asmara 22/12/2017 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

menolak mantan balikan

Tanda Mantan Mengajak Balikan dan Cara Menolaknya dengan Baik

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 03/10/2019 . Waktu baca 4 menit
cara menghilangkan rasa cemburu

Hilangkan Rasa Cemburu yang Menimbulkan Pertengakaran dengan 4 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 10/09/2019 . Waktu baca 4 menit
jika mantan menghubungi kembali

Mantan Masih Menghubungi Walaupun Sudah Putus, Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 20/07/2019 . Waktu baca 4 menit
hubugan dengan mantan setelah menikah

Berteman dengan Mantan Setelah Menikah Memang Boleh, Tetapi….

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 13/07/2019 . Waktu baca 3 menit