4 Trik Antigagal untuk Bangkitkan Kembali Gairah Seks Pria yang Menurun

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Gairah seks pria wajar untuk naik turun sepanjang hidupnya. Namun, bukan berarti urusan ranjang Anda berdua jadi harus ikut basi. Nah untuk mengobarkan kembali gairah yang sempat memadam, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai cara berikut!

Cara meningkatkan gairah seks pria

1. Jaga berat badan tetap ideal

Perut buncit adalah salah satu pembunuh gairah seks pria yang seringnya tak dipedulikan. Ini karena penumpukan sel lemak dalam tubuh memicu lebih banyak produksi enzim aromatase. Aromatase adalah enzim yang mengubah testosteron menjadi estrogen.

Testosteron bertanggung jawab untuk membangkitkan gairah seks dan merangsang produksi sperma. Ketika kadar testosteron pria menurun, maka hasrat untuk berhubungan seks pun juga akan menurun.

Terlebih, laki-laki yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas juga cenderung rentan mengalami disfungsi ereksi (impotensi) yang bisa memadamkan gairah sebelum mulai bercinta.

2. Usir stres

sifat pria

Jika stres berlangsung lama, kadar hormon testosteron pria akan mulai merosot drastis. Stres dapat menurunkan testosteron karena tergantikan dengan tingginya hormon stres kortisol secara konstan. Hal ini kemudian mengganggu produksi sperma, yang juga akan menyebabkan disfungsi ereksi atau impotensi.

Ada banyak cara untuk menghilangkan stres. Mulai dari teknik pernapasan dalam, meditasi, mendengarkan musik, hingga tidur siang sebentar. Meluangkan waktu di akhir pekan untuk kencan romantis bersama pasangan juga bisa bantu Anda meredakan stres sekaligus mengobarkan lagi api asmara.

3. Olahraga rutin

olahraga ringan

Jika Anda tak ingin kehilangan hasrat bercinta, maka rajinlah berolahraga. Olahraga adalah cara terbaik untuk mengurangi stres yang bisa menurunkan gairah seks.

Selain itu, olahraga juga bisa mengurangi risiko Anda untuk mengalami impotensi. Tanpa pasokan darah yang cukup ke penis, Anda tidak akan bisa ereksi dan mempertahankannya selama mungkin. Nah, olahraga rutin melatih jantung Anda untuk bekerja lebih efektif memompa darah. Semakin kuat jantung Anda, semakin baik pula performa seks Anda di ranjang.

Usahakan untuk olahraga di pagi hari karena sinar mataharinya sangat baik untuk kesehatan Anda. Bahkan menurut Robin Berzin, M.D., dikutip dari Mind Body Green, vitamin D dari sinar matahari pagi dapat meningkatkan kadar testosteron.

4. Makan makanan afrodisiak

meningkatkan gairah seksual pria

Beberapa jenis makanan dapat membantu meningkatkan libido. Misalnya, tiram dan makanan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti kacang, teri, ikan salmon, dan ikan lele. Sementara itu, cabe, seledri, dan cokelat hitam juga dapat meningkatkan gairah bercinta.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Perubahan Gairah Seksual yang Terjadi di Usia Paruh Baya

Faktor usia memang lazim memengaruhi perubahan gairah seksual seseorang sehingga berpotensi mengganggu keintiman bercinta.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Hidup Sehat, Seks & Asmara 28 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

3 Suplemen Penambah Hormon Testosteron untuk Para Pria

Selain mengubah gaya hidup lebih sehat, ternyata ada lain yang disebut-sebut bisa dipakai untuk menambah hormon testosteron, yaitu konsumsi suplemen.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Pria, Hidup Sehat 16 Mei 2020 . Waktu baca 6 menit

Benarkah Minyak Kelapa Memengaruhi Hormon Testosteron Pria?

Hormon testosteron dibutuhkan pria untuk meningkatkan gairah seks. Minyak kelapa disebut dapat memengaruhi dan meningkatkan kadar testosteron. Benarkah?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Perawatan Pria, Hidup Sehat 8 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Hubungan Seks Secara Rutin Bisa Mencegah Pikun, Benarkah?

Penelitian menemukan bahwa ubungan seks secara rutin tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tapi juga membantu mencegah pikun. Mengapa demikian?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Seks & Asmara 15 April 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

membunuh gairah seks

10 Penurun Gairah Seks yang Perlu Anda Hindari

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 7 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
waktu bercinta terbaik

Waktu Bercinta Terbaik Bagi Pasangan Usia 20, 30, dan 40-an

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 19 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit
Masturbasi Saat Hamil

Masturbasi Saat Hamil, Boleh Atau Tidak?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 12 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit
nafsu seks ibu hamil

Kenali Perubahan Gairah Seks Ibu Hamil di Trimester Ketiga, Plus Tips Seks yang Aman

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 15 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit