Ubah Kekurangan Fisik Anda Jadi Kelebihan Dengan Trik Ini!

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 04/03/2018
Bagikan sekarang

Tidak ada manusia di dunia yang diciptakan sempurna. Setiap manusia diciptakan lengkap dengan kelebihan dan kekurangan. Namun, banyak orang yang mungkin termasuk Anda sendiri, merasa segelintir kekurangan yang dimiliki menjadi sebuah masalah besar yang justru menghambat berbagai sisi dalam kehidupan Anda. Kekurangan fisik terutama, biasanya menjadi masalah besar bagi sebagian besar orang karena dianggap sebagai modal utama untuk menentukan tingkat kepercayaan diri.

Penyebab seseorang merasa minder dengan kekurangan fisiknya

“Kenapa, sih, aku lebih pendek dari anak laki-laki lainnya?”

“Pasti enak punya rambut lurus, cantik, dan mudah diatur. Nggak seperti rambutku yang keriting dan menyusahkan.”

“Bagaimana mau percaya diri kalau wajahku penuh bekas luka bakar begini?”

Segelintir keluhan di atas mungkin pernah Anda ucapkan. Memang, melihat kekurangan fisik yang ada dalam diri akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan melihat kelebihan yang Anda punya. Coba saja, jika ada orang bertanya apa kelebihan dan kekurangan diri, sebagian besar akan lancar menjawab sederetan kekurangan yang ada di dirinya ketimbang dengan kelebihan. Mengapa bisa begitu?

Salah satu alasannya karena sebagian besar manusia di dunia berpikir bahwa standar kecantikan dan ketampanan seseorang sudah ditentukan di dunia ini. Kulit putih, hidung mancung, kaki jenjang, badan atletis, dan lain-lain. Tak jarang orang bersusah payah melakukan segala cara untuk mengubah kekurangan fisik yang dimilikinya hanya untuk mendapatkan penilaian sempurna dari orang lain.

Kurangnya sikap penerimaan terhadap diri sendiri akan memicu serangkaian hal negatif lainnya, misalnya stres. Pernahkah Anda berpikir, untuk apa Anda terus mengeluhkan kekurangan fisik yang Anda miliki hingga menghalalkan segala cara untuk menghilangkannya? Jika jawabannya untuk mendapatkan penilaian positif dari orang lain, tandanya Anda sudah terperangkap dalam pola pikir yang keliru.

Ubah pola pikir Anda untuk mengubah kekurangan jadi kelebihan

Mengubah pola pikir Anda menjadi salah satu cara ampuh untuk menjadikan kekurangan Anda menjadi sebuah kelebihan. Tanamkan dalam diri bahwa manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan tertentu. Kekurangan fisik tidak akan menjadi hambatan jika Anda bisa mengelolanya dengan baik.

Bintang TED Talk, Phil Hansen membagikan kisah bagaimana ia mengubah kekurangan fisik yang dimilikinya menjadi sebuah kelebihan, bahkan kekuatannya saat ini. Hansen memiliki tremor di tangannya saat masuk ke sekolah seni. Ini membuatnya kesulitan menggambar garis lurus yang bahkan mungkin bisa dilakukan oleh semua orang. Hansen hanya bisa menghasilkan coretan dan sebagai orang yang memiliki cita-cita besar untuk menjadi seniman, ia menganggap hal ini sebagai tembok yang harus dilewatinya.

Hansen mengatakan, untuk keluar dari zona ini Anda perlu mengurutkan semua kekurangan fisik yang Anda miliki dan berusahalah untuk menerimanya. Rangkul kelemahan serta kekurangan Anda dan cintai hal-hal tersebut. Lakukan usaha untuk menciptakan perubahan nyata ketimbang hanya mengeluhkannya tanpa melakukan langkah perbaikan apa pun. Selain itu, Anda juga perlu menemukan sisi tersembunyi dari kelemahan Anda yang bisa menjadi celah bagi Anda untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang jauh lebih positif.

Mengubah pola pikir untuk menjadikan kelemahan dan kekurangan fisik yang Anda miliki memang tidak mudah. Terkadang, Anda memerlukan bantuan dari luar untuk keluar dari pemikiran negatif Anda. Berkonsultasi dengan orang-orang terdekat dan ahli (misalnya psikolog dan terapis) dapat menjadi pilihan jika Anda merasa kesulitan untuk merangkul kekurangan yang Anda miliki.

Selain itu, bertemanlah dengan orang-orang yang bisa melihat kelebihan Anda, jauh melampaui kekurangan fisik yang bikin Anda minder. Hindari orang-orang yang memandang Anda sebelah mata atau menilai Anda berdasarkan penampilan.

Jangan pernah merasa bahwa kekurangan fisik yang Anda miliki merupakan kelemahan yang tidak bisa diatasi. Terkadang, Anda tidak perlu menutupi semua kekurangan yang Anda miliki. Anda hanya perlu mengubah dan mengoptimalkannya menjadi kelebihan yang akan Anda banggakan. Karena kalau bukan Anda yang mencintai diri sendiri, siapa lagi?

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pentingnya Punya Senyum Indah untuk Tingkatkan Kepercayaan Diri

Senyum yang indah bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Bagaimana hal ini bisa terjadi dan adakah tips khusus untuk menunjukkan senyum ini?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Membicarakan Topik yang Berat Jadi Lebih Efektif dengan 5 Strategi Ini

Membicarakan suatu hal yang rumit memang perlu persiapan agar berjalan lancar. Intip tips membicarakan topik berat agar lebih efektif dan mudah berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

7 Kunci Berdamai Dengan Diri Sendiri Demi Hati yang Tenang

Berdamai dengan diri sendiri memang tidak selalu mudah. Temukan tujuh cara yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkannya di artikel Hello Sehat berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari

Tidak Percaya Diri Saat Harus Berbicara Dengan Orang Lain? Yuk, Coba 4 Tips Ini!

Anda termasuk orang yang takut atau tidak percaya diri saat harus berbicara dengan orang lain? Yuk, latih cara berkomunikasi Anda lewat tips berikut ini!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri

Direkomendasikan untuk Anda

crab mentality adalah

Crab Mentality, Sindrom Psikologis yang Menghambat Orang Lain untuk Sukses

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 13/05/2020
peran orangtua body image

Pentingnya Peran Orangtua untuk Membangun Body Image Positif Anak

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 31/03/2020
demam panggung

Mengenal Istilah ‘Demam Panggung’ dan Cara Menghadapinya

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 10/03/2020

Mulai Mencintai Diri Sendiri dengan Prinsip Body Positivity

Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 09/03/2020