4 Cara Sehat Menggunakan Minyak Kelapa Dalam Makanan dan Minuman

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Siapa yang tidak mengenal dengan minyak kelapa atau coconut oil? Manfaat dari minyak yang satu ini banyak sekali, entah itu sebagai tambahan dalam makanan atau digunakan untuk perawatan kulit dan rambut.  Lantas, bagaimana cara menggunakan minyak kelapa dalam makanan supaya tetap sehat? Berapa banyak minyak kelapa yang boleh dimakan? Simak ulasannya di sini.

Cara menggunakan minyak kelapa dalam makanan

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika menggunakan minyak kelapa dalam makanan.

1. Untuk memasak

Coconut oil adalah jenis minyak yang ideal untuk dimasak. Sebab, 90 persen dari minyak kelapa adalah minyak jenuh, itu artinya minyak jenis ini akan tetap memiliki bentuk atau struktur yang stabil meski dipanaskan.

Tidak seperti minyak tidak jenuh, minyak kelapa tidak menghasilkan radikal bebas yang membahayakan ketika terkena suhu panas saat dimasak. Berikut beberapa cara memasak jika ingin menggunakan minyak kelapa:

  • Menumis. Gunakan 1-2 sendok makan minyak untuk menumis sayuran, menggoreng telur dengan minyak yang sedikit, atau menumis daging dan ikan.
  • Memanggang. Lumuri daging ayam atau sapi sebelum dipanggang dengan minyak beserta bumbu lainnya.

2. Mencampur langsung dalam makanan

Minyak dari kelapa juga bisa digantikan sebagai pengganti mentega atau butter. Jika dalam resep Anda terdapat mentega, Anda bisa memilih pilihan lain dengan minyak kelapa.

Namun, jika Anda ingin menambahkan langsung minyak kelapa dalam makanan, pastikan makanan Anda sudah dingin dalam suhu ruang. Supaya, tidak merusak tekstur dan rasa makanan tersebut.

smoothies keto untuk puasa menu buka puasa dan sahur menu buka puasa sehat

3. Campuran dalam minuman

Minyak dari kelapa juga bisa jadi campuran dalam smoothies, teh, maupun kopi. Anda bisa menambahkan minyak kelapa sekitar 2 sendok teh ke dalam smoothies atau protein shake sedikit demi sedikit. Campuran ini bisa menambahkan tekstur smoothies yang lebih kental dan padat.

Selain itu Anda juga bisa mencampurkan minyak ini ke dalam kopi atau teh hangat Anda. Masukan dalam jumlah kecil saja sebanyak 1-2 sendok teh.

Caranya cukup mudah, tuangkan air mendidih ke atas kantong teh, dan biarkan selama 2 menit. Kemudian keluarkan kantong teh, tambahkan gula lalu minyak, aduk hingga rata.

4. Diminum langsung

Tak hanya jadi tambahan dalam makanan dan minuman, minyak kelapa juga bisa langsung diminum, lho. Pasalnya minyak ini secara alami beraroma dan ada rasanya, lidah Anda cenderung bisa menerima rasa dari minyak kelapa ini.

Ambil 1-2 sendok makan minyak ini lalu langsung telan untuk meningkatkan energi dan menunda rasa lapar Anda sampai jam makan berikutnya.

Berapa banyak minyak dari kelapa yang boleh dikonsumsi?

Meskipun memiliki banyak manfaat, sebaiknya jangan sampai berlebihan mengonsumsi minyak ini. Biar bagaimanapun minyak kelapa adalah sumber lemak yang juga dibatasi jumlahnya di dalam tubuh.

Dilansir dalam laman Healthline, supaya tetap mendapatkan khasiatnya, Anda hanya boleh menggunakan minyak kelapa paling banyak 2 sendok makan atau sekitar 30 ml dalam sehari.

Dua sendok makan minyak kelapa menyediakan 18 gram MCT (medium-chain triglycerides), yang bisa meningkatkan respon metabolik tubuh, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan Anda.

Makan 2 sendok minyak kelapa juga merupakan jumlah yang wajar untuk menyisakan ruang bagi sumber lemak sehat lainnya, misalnya kacang, minyak zaitun, dan alpukat. Pasalnya minyak kelapa dan butter dapat menjadi 40 persen sumber lemak dalam makanan.

Ini bukan berarti sekali menggunakan dua sendok minyak dari kelapa kebutuhan lemak Anda dalam sehari sudah langsung terpenuhi semuanya. Anda masih bisa mengonsumsi sumber lemak sehat lainnya meskipun sudah makan 2 sendok minyak kelapa.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Manfaat Minyak Telon Juga Bisa Dirasakan Orang Dewasa?

Minyak telon dipakai untuk menghangatkan badan bayi dan anak-anak. Ketika minyak telon dipakai untuk orang dewasa, manfaat yang didapat ternyata tidak sama.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Fakta Unik 7 September 2019 . Waktu baca 3 menit

5 Bahan Alami yang Ampuh Menghaluskan Kulit Wajah

Demi kulit halus, banyak orang rela merogoh kocek untuk menjalani perawatan. Padahal, dengan bahan berikut Anda bisa menghaluskan kulit wajah secara alami.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Kecantikan 4 September 2019 . Waktu baca 4 menit

Bolehkah Menggunakan Minyak Kelapa Sebagai Pelumas Seks?

Penggunaan minyak kelapa sebagai pelumas seks memang masih dipertanyakan, tetapi ada beberapa hal yang mungkin bisa Anda perhatikan sebelum menggunakannya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Fakta Unik 30 Juli 2019 . Waktu baca 4 menit

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut yang Lebih Lebat dan Berkilau

Tahukah Anda bahwa manfaat minyak kelapa tidak hanya untuk kesehatan tubuh, melainkan juga untuk rambut yang lebih berkilau dan sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat, Kecantikan 20 Juli 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat virgin coconut oil minyak kelapa dara; virgin coconut oil

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 4 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
bahan alami untuk mengusir kulit kepala gatal

Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 9 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
pengganti mentega

5 Bahan Pengganti Mentega untuk Membuat Kue yang Lebih Sehat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 22 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
minyak kelapa memengaruhi testosteron

Benarkah Minyak Kelapa Memengaruhi Hormon Testosteron Pria?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 8 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit