4 Cara Sehat Menggunakan Minyak Kelapa Dalam Makanan dan Minuman

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Siapa yang tidak mengenal dengan minyak kelapa atau coconut oil? Manfaat dari minyak yang satu ini banyak sekali, entah itu sebagai tambahan dalam makanan atau digunakan untuk perawatan kulit dan rambut.  Lantas, bagaimana cara menggunakan minyak kelapa dalam makanan supaya tetap sehat? Berapa banyak minyak kelapa yang boleh dimakan? Simak ulasannya di sini.

Cara menggunakan minyak kelapa dalam makanan

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika menggunakan minyak kelapa dalam makanan.

1. Untuk memasak

Coconut oil adalah jenis minyak yang ideal untuk dimasak. Sebab, 90 persen dari minyak kelapa adalah minyak jenuh, itu artinya minyak jenis ini akan tetap memiliki bentuk atau struktur yang stabil meski dipanaskan.

Tidak seperti minyak tidak jenuh, minyak kelapa tidak menghasilkan radikal bebas yang membahayakan ketika terkena suhu panas saat dimasak. Berikut beberapa cara memasak jika ingin menggunakan minyak kelapa:

  • Menumis. Gunakan 1-2 sendok makan minyak untuk menumis sayuran, menggoreng telur dengan minyak yang sedikit, atau menumis daging dan ikan.
  • Memanggang. Lumuri daging ayam atau sapi sebelum dipanggang dengan minyak beserta bumbu lainnya.

2. Mencampur langsung dalam makanan

Minyak dari kelapa juga bisa digantikan sebagai pengganti mentega atau butter. Jika dalam resep Anda terdapat mentega, Anda bisa memilih pilihan lain dengan minyak kelapa.

Namun, jika Anda ingin menambahkan langsung minyak kelapa dalam makanan, pastikan makanan Anda sudah dingin dalam suhu ruang. Supaya, tidak merusak tekstur dan rasa makanan tersebut.

smoothies keto untuk puasa menu buka puasa dan sahur menu buka puasa sehat

3. Campuran dalam minuman

Minyak dari kelapa juga bisa jadi campuran dalam smoothies, teh, maupun kopi. Anda bisa menambahkan minyak kelapa sekitar 2 sendok teh ke dalam smoothies atau protein shake sedikit demi sedikit. Campuran ini bisa menambahkan tekstur smoothies yang lebih kental dan padat.

Selain itu Anda juga bisa mencampurkan minyak ini ke dalam kopi atau teh hangat Anda. Masukan dalam jumlah kecil saja sebanyak 1-2 sendok teh.

Caranya cukup mudah, tuangkan air mendidih ke atas kantong teh, dan biarkan selama 2 menit. Kemudian keluarkan kantong teh, tambahkan gula lalu minyak, aduk hingga rata.

4. Diminum langsung

Tak hanya jadi tambahan dalam makanan dan minuman, minyak kelapa juga bisa langsung diminum, lho. Pasalnya minyak ini secara alami beraroma dan ada rasanya, lidah Anda cenderung bisa menerima rasa dari minyak kelapa ini.

Ambil 1-2 sendok makan minyak ini lalu langsung telan untuk meningkatkan energi dan menunda rasa lapar Anda sampai jam makan berikutnya.

Berapa banyak minyak dari kelapa yang boleh dikonsumsi?

Meskipun memiliki banyak manfaat, sebaiknya jangan sampai berlebihan mengonsumsi minyak ini. Biar bagaimanapun minyak kelapa adalah sumber lemak yang juga dibatasi jumlahnya di dalam tubuh.

Dilansir dalam laman Healthline, supaya tetap mendapatkan khasiatnya, Anda hanya boleh menggunakan minyak kelapa paling banyak 2 sendok makan atau sekitar 30 ml dalam sehari.

Dua sendok makan minyak kelapa menyediakan 18 gram MCT (medium-chain triglycerides), yang bisa meningkatkan respon metabolik tubuh, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan Anda.

Makan 2 sendok minyak kelapa juga merupakan jumlah yang wajar untuk menyisakan ruang bagi sumber lemak sehat lainnya, misalnya kacang, minyak zaitun, dan alpukat. Pasalnya minyak kelapa dan butter dapat menjadi 40 persen sumber lemak dalam makanan.

Ini bukan berarti sekali menggunakan dua sendok minyak dari kelapa kebutuhan lemak Anda dalam sehari sudah langsung terpenuhi semuanya. Anda masih bisa mengonsumsi sumber lemak sehat lainnya meskipun sudah makan 2 sendok minyak kelapa.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Oktober 26, 2018 | Terakhir Diedit: Oktober 25, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca