4 Manfaat Tomat Cherry yang Tak Boleh Dilewatkan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/11/2019 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Tomat terdiri atas berbagai ukuran serta bentuk yang beragam, dan tomat cherry merupakan salah satu yang berukuran paling mungil. Meskipun tidak sepopuler tomat pada umumnya, tomat cherry nyatanya menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan.

Kandungan nutrisi tomat cherry

Tomat cherry memiliki bentuk bulat atau sedikit lonjong dengan warna merah cerah. Sebagian besar varietas tomat cherry memiliki rasa asam, tapi ada pula jenis tomat yang memiliki rasa manis karena kandungan gulanya lebih tinggi.

Nutrisi tomat cherry sama baiknya dengan tomat pada umumnya. Sebanyak 100 gram tomat cherry mengandung 26 kalori, 1.6 gram protein, dan 5 gram karbohidrat. Buah ini juga mengandung serat sebanyak 1,6 gram serta berbagai macam vitamin dan mineral.

Vitamin dan mineral tertinggi dalam tomat cherry antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium. Ragam nutrisi inilah yang membuat tomat cherry memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan.

Khasiat tomat cherry bagi kesehatan

Tomat cherry memang berukuran mungil, tapi kandungan nutrisinya tak semungil bentuknya. Berikut adalah beragam khasiat yang akan Anda dapatkan dari mengonsumsi tomat cherry.

1. Menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung

Ada berbagai macam antioksidan di dalam tomat cherry. Di antaranya vitamin A, vitamin C, likopen, dan senyawa antioksidan fenolik. Antioksidan membantu menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh dan memicu pertumbuhan kanker.

Likopen pada tomat cherry juga memiliki manfaat bagi kesehatan jantung dan sistem peredaran darah. Caranya dengan menjaga kadar kolesterol serta meningkatkan produksi senyawa khusus yang melindungi pembuluh darah dari peradangan.

2. Menurunkan tekanan darah

Tomat cherry kaya akan kandungan kalium. Kalium dapat menurunkan tekanan darah dengan cara merangsang pengeluaran natrium dari tubuh, menjaga keseimbangan cairan tubuh, dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

Kalium biasanya identik dengan buah pisang. Nah, kandungan kalium dalam 10 butir tomat cherry setara dengan pisang berukuran sedang. Mengonsumsi tomat cherry akan mencukupi 10 persen kebutuhan kalium dalam sehari.

3. Membantu menurunkan berat badan

Tomat cherry juga memberikan manfaat bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan. Pasalnya, buah ini mengandung sedikit kalori dan kaya akan serat. Serat membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah Anda makan terlalu banyak.

Bagi Anda yang sedang menjaga pola makan, tomat cherry bisa menjadi pilihan camilan yang menyehatkan. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, mencampurnya dengan salad, atau memanggangnya sebentar untuk memberikan rasa gurih yang nikmat.

4. Menjaga kesehatan kulit

Tomat cherry mengandung banyak vitamin C dan beta karoten yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Bahkan, kandungan beta karoten pada tomat cherry lebih tinggi dibandingkan tomat pada umumnya.

Vitamin C bekerja dengan merangsang pembentukan kolagen. Kolagen adalah protein yang menjaga kekuatan, kelenturan, dan kelembapan kulit. Sementara beta karoten bekerja dengan mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Manfaat tomat cherry begitu beragam, bahkan tidak kalah dari jenis tomat yang lebih umum dikonsumsi. Buah ini pun bisa diperoleh dengan mudah serta dapat diolah dalam berbagai jenis hidangan.

Meski demikian, tetaplah mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Hindari konsumsi secara berlebihan untuk mencegah efek samping berupa sakit perut, alergi, serta diare.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tomat Dapat Membantu Mencegah Kanker Payudara

Sebagai buah yang menawarkan khasiat yang baik untuk kesehatan, tomat ternyata dipercaya dapat mencegah kanker payudara. Benarkah demikian?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kanker Payudara, Health Centers 10/02/2020 . 3 menit baca

Manfaat Microneedling dan Tips Melakukannya di Rumah

Microneedling di rumah dapat mendatangkan manfaat untuk kesehatan kulit. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum Anda melakukannya di rumah.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Hidup Sehat, Kecantikan 04/01/2020 . 5 menit baca

Segudang Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan Kulit

Siapa bilang minyak bunga matahari hanya digunakan untuk memasak? Faktanya, minyak biji bunga matahari memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kecantikan 21/12/2019 . 3 menit baca

Alergi Sunscreen? Ini 5 Cara Lain untuk Melindungi Kulit Anda dari Sinar UV

Orang-orang yang alergi sunscreen perlu melakukan cara lain untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV berlebih. Apa saja caranya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Kecantikan 19/09/2019 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
merawat kulit saat karantina

Penyebab Masalah Kulit Saat Karantina dan Cara Merawatnya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020 . 6 menit baca
manfaat mugwort

Manfaat Tanaman Mugwort untuk Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 17/03/2020 . 3 menit baca
tidur siang tekanan darah

Tidur Siang Baik untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 12/02/2020 . 5 menit baca