Cara Alpukat Melawan Kolesterol Jahat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 9 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tak hanya lezat, alpukat juga diyakini bermanfaat untuk mengontrol kolesterol tinggi. Alpukat mudah didapatkan dan dapat dikombinasikan dengan makanan lainnya. Siapa saja bisa menikmati alpukat, sekaligus mendapatkan manfaat sehatnya.

Mengonsumsi alpukat membantu tubuh menyerap nutrisi, termasuk mengontrol peredaran kadar kolesterol dalam darah. Jika Anda salah seorang yang memiliki masalah kolesterol tinggi, makan buah alpukat bisa membantu untuk menstabilkannya.

Manfaat alpukat untuk kolesterol Anda

Anda suka mengonsumsi daging tanpa diimbangi serat? Ada kemungkinan kadar kolesterol Anda berlebih.

Produk daging, terutama yang diproses dalam makanan cepat saji, memiliki banyak lemak jenuh dan lemak trans. Meskipun produk daging terbilang lezat, namun timbunan kolesterol tinggi yang ada dalam darah dapat meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung. 

Meski begitu, tak semua makanan berlemak itu buruk untuk kesehatan. Contohnya, alpukat. Menurut American Heart Association, alpukat membantu tubuh untuk menurunkan LDL (low-density lipoprotein) atau kadar kolesterol jahat.

Alpukat juga merupakan salah satu sumber MUFA (lemak tak jenuh tunggal) yang mampu menekan kadar kolesterol jahat jika dikonsumsi dalam jumlah moderat.

Tak hanya itu, alpukat juga memiliki kandungan vitamin, mineral, serat, phytosterols (komponen yang mampu menghambat penyerapan kolesterol), serta antioksidan. Kandungan-kandungan tersebut bekerjasama dalam mencegah kanker dan gangguan jantung pada tubuh manusia.

Alpukat untuk menurunkan kolesterol pada penderita obesitas

Menyertakan alpukat dalam menut diet Anda merupakan langkah terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol, khususnya untuk penderita obesitas. Menurut studi dari Journal of the American Heart Association, konsumsi alpukat dapat membuat partisipan tidak cepat lapar. 

Studi tersebut melibatkan 45 orang sehat (perempuan dan laki-laki) dengan kondisi kelebihan berat badan. Partisipan yang terlibat berusia 21-70 tahun. Mereka dibagi menjadi tiga grup dan masing-masing menjalankan tiga diet rendah kolesterol selama 5 minggu.

Kelompok pertama diminta untuk menjalani diet rendah lemak tanpa alpukat. Kelompok kedua menjalani diet alpukat. Kelompok ketiga menjalani diet moderasi lemak dengan konsumsi alpukat Hass. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah konsumsi alpukat berperan dalam diet, mempengaruhi kadar kolesterol tubuh.

Setelah diteliti, hasil menunjukkan bahwa partisipan yang mengonsumsi diet rendah lemak tanpa konsumsi alpukat memiliki kadar kolesterol yang paling buruk, dibandingkan partisipan yang menjalani diet dengan alpukat.

Para peneliti menyimpulkan, diet moderasi lemak dengan konsumsi alpukat dapat menurunkan 13,5 mg LDL. Sementara itu, diet moderasi lemak tanpa menyertakan alpukat dapat menurunkan 8,3 poin mg LDL. Partisipan yang menjalani diet rendah lemak dapat menurunkan kadar kolesterol sebesar 7,4 mg LDL.

Melihat penelitian di atas, maka dapat disimpulkan alpukat dapat berkontribusi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

Memulai diet sehat dengan alpukat

diet alpukat

Diet dengan menyertakan alpukat dalam menu harian menjadi ide yang sehat untuk menjaga kolesterol tubuh Anda. 

Selain mengurangi makanan yang diproses, untuk memulai diet ini, Anda bisa menggabungkan potongan-potongan alpukat dengan salad, sayuran, sandwich, atau makanan protein rendah lemak (ayam atau ikan).

Menurut The American Heart Association, salah satu cara yang direkomendasikan adalah dengan menjalankan diet Mediterania dengan menambahkan alpukat ke dalamnya. Biasanya diet mediterania ini disajikan dengan makanan berbasis gandum, lemak ikan, sayuran, buah-buahan, dan makanan lain yang mengandung MUFA.

Dengan demikian, Anda masih bisa menikmati diet sehat dengan cara yang menyenangkan. Berkat manfaat alpukat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tak Hanya Bikin Kenyang, Ini 5 Manfaat Buah Sukun yang Jarang Diketahui

Manfaat buah sukun ternyata tak sekadar membuat perut kenyang. Berbagai kandungan dalam buah ini ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 19 Februari 2019 . Waktu baca 3 menit

5 Pedoman Hidup Sehat untuk Wanita Usia 50 Tahun ke Atas

Jangan sampai penuaan menghambat Anda untuk hidup bahagia. Yuk, simak tips-tips untuk menjaga kesehatan wanita usia 50 tahun ke atas di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kebugaran, Hidup Sehat 20 Agustus 2018 . Waktu baca 4 menit

6 Manfaat Sehat Jamur Tiram yang Sayang Jika Terlewatkan

Bagi Anda pecinta jamur, sudahkah Anda mengetahui apa saja manfaat jamur tiram untuk tubuh? Simak ulasan seputar jamur tiram di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Hidup Sehat, Fakta Unik 10 Maret 2018 . Waktu baca 5 menit

7 Manfaat Menakjubkan Jus Wortel, Selain untuk Kesehatan Mata

Jus wortel tak hanya bagus untuk kesehatan mata. Ada 7 manfaat menakjubkan yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi jus wortel. Simak ulasannya disini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Nutrisi, Hidup Sehat, Tips Sehat 9 Februari 2018 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
menjaga kolesterol normal / cara mencegah kolesterol tinggi

Menjaga Kadar Kolesterol Normal Itu Tidak Sesulit yang Dibayangkan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 10 Juli 2019 . Waktu baca 8 menit
Konten Bersponsor
menurunkan kolesterol orang kantoran

5 Tips Mudah Turunkan Kolesterol Buat Orang Kantoran

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 10 Juli 2019 . Waktu baca 5 menit
penyebab kolesterol tinggi

Hal-hal yang Bisa Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 2 Juli 2019 . Waktu baca 12 menit